PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA BMA PUTRA CARWASH
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v13i2.652Kata Kunci:
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Pemasaran, Keputusan PembelianAbstrak
Persaingan bisnis yang agresif di sektor jasa cuci mobil menuntut pelaku bisnis untuk memahami berbagai aspek berperan dalam keputusan pembelian konsumen guna menjaga keberlanjutan usaha. Bertujuan untuk mengkaji bagaimana kualitas pelayanan, harga, dan pemasaran memengaruhi keputusan pembelian di BMA Putra Carwash. Digunakan metode kuantitatif pada penelitian ini. Seluruh pengguna jasa cuci mobil di BMA Putra Carwash yang pernah memakai layanan ini termasuk dalam populasi penelitian, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui. Untuk itu, teknik purposive sampling digunakan dalam proses pemilihan sampel, dengan perhitungan jumlah sampel berdasarkan rumus Lemeshow dan batas kesalahan sebesar 10%, menghasilkan 100 responden sebagai sampel. Penyebaran kuesioner online dengan Google Form digunakan dalam pengumpulan data. Untuk menganalisis data, digunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini juga menerapkan beberapa uji statistik, seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji Analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R²). Temuan penelitian ini yaitu keputusan pembelian di BMA Putra Carwash dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu kualitas pelayanan, harga, dan pemasaran, baik secara parsial maupun simultan. Oleh karena itu, BMA Putra Carwash disarankan menjaga dan meningkatkan standar kualitas layanan secara konsisten dengan perhatian khusus pada kecepatan, keramahan, dan kepuasan pelanggan. Penetapan harga yang kompetitif juga penting untuk menjaga daya saing, dan strategi pemasaran perlu dioptimalkan. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen secara berkelanjutan dan mendukung pertumbuhan bisnis ke depannya.
Unduhan
Referensi
Afriyani, F., & Batu, R. L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian AC Panasonic. Widya Manajemen, 4(2), 111-119.
Alam, I. A., and Zahra, B. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen DM Parcel. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 7(3), 192–202. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i3.295
Arbiansyah, I. (2022). Service Quality and Price on Customer Satisfaction Car Wash WS Sampit. Keizai, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.56589/keizai.v3i1.284
Arianto, N., and Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis: Vol. 3, No.2, Juli 2020 JURNAL, 3(2), 108–119. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459
Arifuddin, Alimudin, F., and Darmawansah. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 41–52. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.6451
Creswell, John. W. (2023). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Edisi Ke-3. Edisi Indonesia, Cetakan II. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Dalimunthe, M. H., and Aslami, N. (2021). Perencanaan dan Strategi Pemasaran Asuransi. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(1), 54–67. https://doi.org/10.47467/visa.v1i1.760
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., and Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., and Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Di Kota Gresik. Performa, 6(4), 360–369. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558
Hidayat Ma’ruf, Mitariani, N. W. E., and Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Alfamart Di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung. Values, 1(4), 140–151. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1443
Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan pemasaran terhadap keputusan pembelian di kedai kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 51-60.
Kadi, D. C. A., Purwanto, H., & Ramadani, L. D. (2021). Pengaruh E-Promotion, E-WOM dan lokasi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. MBR (Management and Business Review), 5(2), 224-238.
Khaira, N., Saputra, F., & Syarief, F. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Sudut Halaman. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 24-30.
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109
Kurniawan, S. F., and Patmarina, H. (2024). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sembako Pada PT Sinar Setia di Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA, 8(2), 715–720. https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2374
Larika, W., and Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–136.
Lestari, N. D. A., and Ali, M. M. (2024). Pengaruh Pemasaran, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chemical Di Pt. Kimia Jaya Utama. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 643–653. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2055
Majid, A., & Faizah, E. N. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 52-63.
Manoy, T. I., Mananeke, L., and Jorie, R. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Ake Maumbi. J.J. Rotinsulu 314 Jurnal EMBA, 9(4), 314–323. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36231
Muhamad Irvan Noor Maulana. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6). https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i3.868
Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk Keperluan Usaha Waralaba. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511–518. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1539
Mulyadi, M., & Pasaribu, V. L. D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Lautan Berlian Utama Motor Jakarta Barat. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 147-154.
Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43-54.
Nuraini, F., and Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i2.740
Patmarina, H., Sanida, N., Oktaviannur, M., and Patrick, P. (2023). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pemasaran Digital Pada Showroom Tunas Jaya Mobilindo. Jurnal Bisnis Darmajaya, 9(2), 80–93. https://doi.org/10.30873/jbd.v9i2.3642
Pratiwi, L. E. (2021). Analisi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Nusantara Mart Pacitan) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Purnama, I. B. O. V., and Nainggolan, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop “Gula Kopi.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(3), 281–293. https://doi.org/10.37715/jp.v8i3.3964
Putra, A. (2021). Hubungan ServicescpeDengan Kepuasan Pelanggan Pada Dailydose Coffee And Eatery Bogor (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Rendelangi, A. B., Sahyunu, S., and Manan, L. O. A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Alvian Resa Prianto Desa Ambaipua Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Sultra Journal of Economic and Business, 4(1), 60–71. https://doi.org/10.54297/sjeb.v4i1.454
Septiani, S., and Prambudi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Anggaran : Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 14(2), 153–168. https://doi.org/10.61132/anggaran.v2i2.559
Sitompul, P. N., & Mandiri, P. U. C. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan Di Apotik Nasional Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(2), 75-84.
Suci Ramdhani, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Layanan Aplikasi Grab Di Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung
Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 6(1), 134-140.
Syahwi, M., and Pantawis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Indihome (Studi Kasus pada PT. Telkom Kota Semarang). ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150–163. https://doi.org/10.35829/econbank.v3i2.202
Syifauddin, M. R., Hatta, I. H., & Sarnianto, P. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Di Kecamatan Serang. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 6(2), 243-258.
Wijayanti, D. (2020). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SULAM ALIS RAINBROW (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Taufik Akbar, Nuris Sanida

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.