THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND PRICE ON LOYALTY OF TELKOMSEL PREPAID CARD USERS WITH CUSTOMER SATISFACTION AS A MEDIATING VARIABLE
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v12i2.563Kata Kunci:
Kualitas Produk, Harga, Loyalitas, Kepuasan PelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga TerhadapLoyalitas Pengguna Kartu Prabayar Telkomsel Dengan Kepuasaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 101 responden pengguna kartu telkomsel di kota sungai penuh, Dihitung berdasarkan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form dan di analisis menggunakan partial least square structural equation modeling (PLS-SEM).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Harga tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen.Kepuasan pelangan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kepuasan pelanggan tidak mampu memediasi Harga terhadap loyalitas konsumen, dan kepuasan pelanggan mampu memediasi kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Loyalitas, dan Kepuasan Pelanggan
Unduhan
Referensi
Abdurrahim, A., Tannady, H., Ekowati, D., Nawarcono, W., & Pratomo, A. B. (2023). Analisis Peran Harga, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Customer Satisfaction Produk Konveksi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 6(2), 1302–1307. https://doi.org/10.31539/costing.v6i2.5274
Andayani, M. (2020). Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Fasilitas Fisik Dan Kepercayaan Pelanggan. Journal Of Management And Bussines (Jomb), 2(2), 184–195.
Arrasyid, A. M. A., & Nurbaiti, N. (2022). Analisis Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Amaro Coffee Shop. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 139–146.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Udayana University.
Dewantoro. (2021). pengenalan sistem komputer. Ilmiah, 4(5), 17–24.
Gerung, chiristy jacklin. (2017). pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil nissan x-trail pada pt. wahana wirawan manado. Komunikasi, 5(2), 2221–2229.
Gulom, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap Mutu Pelayanan pada Bank Pembangunan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Ekonomi Trend, 7(2), 42–47.
Gunawan, J. T. (2015). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KARTU PRABAYAR TELKOMSEL SIMPATI DENGAN MEDIASI SWITCHING COST. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:142152551
Haris, D. (2019). Kualitas dan desain produk dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen (studi kasus baju dagadu yogyakarta). At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 21–41.
Hidayah, S. N. (2023). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BRAND MINISO. Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Jawa Timur.
Huda, F. A., Thoharuddin, M., & Sore, A. D. (2019). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SE-KOTA SINTANG. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:181630386
Ibrahim, D. (2023). Efek Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Customer Toyota Avanza ). Jurnal Ilmiah Multidisplin Amsir, 1(2), 209–219.
Istiqamah, M., Tirtayasa, S., & Pasaribu, H. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(1), 68–78.
Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pegaruh harga dan periklanan melalui internet terhadap keputusan pembelian produk sabun merek lux pada mahasiswa Stie “Kbp” Padang.
Kristianto, A. D., & Wahyudi, T. A. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(August), 117–126.
Mahira. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan indihome. Jurnal Proseding Konfrensi Riset Nasional Ekonomi,Manajemen,Dan Akutansi, 2(1), 1267–1283.
Maskur, M., Qomariah, N., & Nursaidah, N. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang). Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(2).
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh service excellent terhadap citra perusahaan dan loyalitas pelanggan: theoretical review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8–17.
Mediti, oktavianus chrisnamurni sabda putra. (2020). Analisis pengaruh harga dan kualitas layanan elektronik terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290–1300.
Murti, C. L. R., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen kosmetik wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 342–357.
Muttaqien, P. F. (2023). Kajian Literatur Sistematis Teori Pertukaran Sosial Dalam Hubungan Dua Arah. Communicative: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–23. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/communicative
Novianti, L., & Sulivyo, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Made In China Di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Cafetaria, 2(2), 15–27.
Pramesti, M. A., & Chasanah, U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 281–287.
Putra, I. P. G. D., & Santika, I. W. (2023). Peranan Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5681–5703.
Putri, K., & Rastini, N. M. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Teh Gelas di Kota Denpasar). E. Jurnal Manajemen, 11(10), 1771–1791.
Rafli, M. U. H. (2021). pasar dan pemasaran.
Riadi, M., Kamase, J., & Mapparenta, M. (2021). Pengaruh harga, promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen mobil toyota (studi kasus pada pt. hadji kalla cabang alauddin). Journal of Management Science (JMS), 2(1), 41–60.
Rohmah, H. M. (n.d.). Sunaryo, & Suryadi, N.(2023). The Effect of Product Quality and Distinctiveness on Consumer Loyalty Mediated by Consumer Satisfaction. International Journal of Science and Society, 5(2), 449–465.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 127–146.
Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan mie gacoan di bekasi timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708.
Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20–32.
Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 13–30.
Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dela Puspita, Elex Sarmigi, Azhar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.