PERBEDAAN PERILAKU BELANJA ANTARA MAHASISWA DAN MAHASISWI DI STAH NEGERI GDE PUDJA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v5i1.30Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan perilaku belanja antara mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Melalui penggunaan jenis penelitian komparatif dan alat analisis yang digunakan berupa uji-t 2 sampel independen untuk mengetahui perilaku belanja diantara mahasiswa dan mahasiswi tersebut. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa ada perbedaan diantara mahasiswa dan mahasiswi dan perbedaan tersebut menunjukan bahwa mahasiswi memiliki perilaku belanja yang lebih besar dari pada mahasiswa
Kata Kunci: Perilaku Belanja, Pengeluaran, Mahasiswa dan Mahasiswi
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdilah, A. 2017. Pengaruh Sifat Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Kompulsif, OPTIMA, Vol. 1, No.2, 32-43
Dwiastuti, R., Shinta, A. dan Isaskar, R 2012. Ilmu Perilaku Konsumen, Universitas Brawijaya Press, Malang
Aprilia, D. dan Hartoyo. 2014. Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung), Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, Vol. 15 No. 1, 72-86.
Chita, RCM., David, L. dan Pali, C, 2015. Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011, Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 3, Nomor 1, 297-302
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama.
Miranti, S. 2012. Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pembelian Produk Ramah Lingkungan di Jakarta, Tesis, Universitas Indonesia, Jakarta.
Putra, INNA. 2007. Analisis Sensitifitas Saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, ORYZA, Vol. 6, No. 2, 252-268
Putra, INNA. 2013. Perbedaan Profitabilitas Dan Tingkat Pengawasan Sebelum Dan Sesudah Merger Pada Bank Perkreditan Rakyat, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.17, No.2, 302-309
Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sari, CA. 2015. Perilaku Berbelanja On-line di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga, AntroUnairDotNet, Vol. IV, No.2, 205-216.
Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia: Jakarta
Yamin, S. dan Kurniawan, H. 2009. SPSS Complete. Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.
Zaltman, G and Wallendorf, M 1971. Consumer Behavior : Basic Findings and Management Implications. The United States of America : By John Willey and Sons Inc.