PERBEDAAN PERILAKU BELANJA ANTARA MAHASISWA DAN MAHASISWI DI STAH NEGERI GDE PUDJA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v5i1.30Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan perilaku belanja antara mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Melalui penggunaan jenis penelitian komparatif dan alat analisis yang digunakan berupa uji-t 2 sampel independen untuk mengetahui perilaku belanja diantara mahasiswa dan mahasiswi tersebut. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa ada perbedaan diantara mahasiswa dan mahasiswi dan perbedaan tersebut menunjukan bahwa mahasiswi memiliki perilaku belanja yang lebih besar dari pada mahasiswa
Kata Kunci: Perilaku Belanja, Pengeluaran, Mahasiswa dan Mahasiswi
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdilah, A. 2017. Pengaruh Sifat Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Kompulsif, OPTIMA, Vol. 1, No.2, 32-43
Dwiastuti, R., Shinta, A. dan Isaskar, R 2012. Ilmu Perilaku Konsumen, Universitas Brawijaya Press, Malang
Aprilia, D. dan Hartoyo. 2014. Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Lampung), Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, Vol. 15 No. 1, 72-86.
Chita, RCM., David, L. dan Pali, C, 2015. Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011, Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 3, Nomor 1, 297-302
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama.
Miranti, S. 2012. Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pembelian Produk Ramah Lingkungan di Jakarta, Tesis, Universitas Indonesia, Jakarta.
Putra, INNA. 2007. Analisis Sensitifitas Saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, ORYZA, Vol. 6, No. 2, 252-268
Putra, INNA. 2013. Perbedaan Profitabilitas Dan Tingkat Pengawasan Sebelum Dan Sesudah Merger Pada Bank Perkreditan Rakyat, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.17, No.2, 302-309
Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sari, CA. 2015. Perilaku Berbelanja On-line di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga, AntroUnairDotNet, Vol. IV, No.2, 205-216.
Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia: Jakarta
Yamin, S. dan Kurniawan, H. 2009. SPSS Complete. Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.
Zaltman, G and Wallendorf, M 1971. Consumer Behavior : Basic Findings and Management Implications. The United States of America : By John Willey and Sons Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.