PENGEMBANGAN JEJARING WIRAUSAHA DALAM MENINGKATKAN KINERJA UNIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.93Kata Kunci:
Pembelajaran Eksplorasi. Jejaring Wirausaha, Kinerja UMKMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Apakah Jejaring Wirausaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kota Bima, Apakah Pembelajaran Eksploratif berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kota Bima, dan manakah di antara variable
jejaring wirausaha dan Pembelajaran Eksploratif yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja UMKM di Kota Bima. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota Bima Selama 7 (tujuh) bulan. Penelitian ini terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu 1) Persiapan (2) Pelaksanaan, (3) Pelaporan, (4) Monitoring, evaluasi, dan diseminasi. Metode penelitian dipakai adalah penelitian explanotory research dengan menggunakan pendekatan survey sampel. Secara konfensional, explanatory research digunakan untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel dengan melalui pengujian hipotesis. disebarkan Quesioner ke 104 UMKM di Kota Bima, dimana quesioner ini diuji validitas dan reliabilitasnya kemudian diolah menggunakan SPSS sehingga ketepatan alat analisanya bisa reliable. Hasil penelitian menunjukan bahwa Jejaring Wirausaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kota Bima sedangkan Pembelajaran Eksplorasi tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kota Bima
Unduhan
Referensi
Aldrich, R., and Baker, T. 2000. Blinded by Cities Has There Been Progress in the Entrepreneurship Field in D. Sexton and R. Smilor (Eds), Entrpreneurship 2000. (pp.23-145. Chicago. Upstart Publishing Company.
Atmaja, L.S. 2009, Statistik untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta : Andi
Batjargal, Bat. 2000. Effect of Networks on Entrepreneurial performance in A Transition Economy : The Case of Russia.,Havard University, Babson College.
Emory, C. W.,and Cooper, D. R . 2000. Business Research Methods, Homewood : Irwin. Ensley,M.D., Carland, L.C, Carland, J.W., and Bank, M (1999). Exploring the Existence of Entrepreneural Teams. International Journal of Management, 16,276-286
Kirzner, I. 2003. Competition and Entrepreneurship. Chicago: University of Chicago Press.
Ireland, R. D., Hitt, M. A., and Sirmon, D. G. (2003). A Model of Strategic Entrepreneurship: The Construct and Its Dimensions. Journal of Management, 29 (6), 963-989. J386
Groen, A.J.2005 Davis. Knowledge Intensive Entrepreneurship in Networks : Towards A Multi-Level/Multi Dimensional Approach. Journal of Enterprising Culture, Vol.13, No 1, p 69-88
George, G., Wood, D. R. Jr, Khan, R .2001. Networking Strategy of Boards : Implicationn for Small and Medium-Sized Enterprises. Entrepreneurship-andRegional-Development,13(3),269-285
Marjono Susilawati Eni et Hariadin Taufan Guruh. 2015 Model Jejaringa Wirausaha, sebagai pendukung perekonomian perspektif keuangan dan non keuangan unit usaha kecil dan menengah Di semarang. jurnal Ilmiah MDP Vol 4 No 2.
Sugiyono . 2011, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Terziovski, M 2003. The Relationship between networking practices and business excellence :a study o small to medium interprises (SMES). Measuring Business Excellence, vol 7. No.2 pg 78
Wiklund, J., and Shepherd, D. 2007, KnowledgeBased Resource, Entrepreneurial Orientation, and Performance of Small and Medium Sized Business. Strategic Management Journal, 24, 1307-1314
Zellmer-Bruhn, M. And Gibson, C. 2006, Multinational Organization Context: Implications for Team Learning and Performance, Academy of Management Journal, Vol.49 No.3,pp.501-1
Sakdiyah. 2017. Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Makro dan Jejaring Usaha terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan di Kecamatan Kalinyaman Kabupaten Jepara, Vol.2, No.3.
Shinta Wahyu. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Batam. Jurnal Ekonomi. Vol 1. No. 2.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Nurul Huda, Sri Syamsinirwani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.