PENGARUH ETNOSENTRISME DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK TEMBE MEE DONGGO
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.92Kata Kunci:
Etnosentrisme, Product Knowledge dan Minat beliAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan Etnosentrisme terhadap minat beli Produk Tembe Mee Donggo. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan Product Knowledge terhadap minat beli Produk Tembe Mee Donggo (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan Etnosentrisme dan Product Knowledge terhadap minat beli Produk Tembe Mee Donggo. Tujuan khusus penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pemikiran kepada penenun Tembe Mee untuk terus melestarikan produk lokal dan untuk Pemerintah Kabupaten Bima untuk mendukung secara moril maupun material untuk pengembangan produk Tembe Mee Donggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Penelitian ini di lakukan di DI Kacematan Donggo Kabupaten Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Donggo Kabupaten Bima yang pernah membeli dan menggunakan Tembe Mee Donggo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Etnosentrisme mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli Produk Tembe Mee Donggo, (2) Product Knowledge mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli Produk Tembe Mee Donggo, (3) Etnosentrisme dan Product Knowledge secara bersama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli Produk Tembe Mee DonggoUnduhan
Referensi
Amirullah.2013. Metodelogi Penelitian Manajemen, Malang:Bayu Media
Basu Swastha dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty
Dewi.I.A.M.Lakmini dan Sulistywati eka. Pengaruh gaya hidup dan sikap Ethnosentrisme terhadap niat beli konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 5.No 8 2016:5128-5154. ISSN 2302-8912.
Fadila, Dewi dan Rasyid Nirwan. 2012. Pengaruh Ethnosentrisme Konsumen Terhadap Keterlibatan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VII, Mei 2012.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hair, J. F., et al. 2007. Multivariate Data Analysis. 6th Edition. New Jersey : Pearson Education Inc.
Kemendag. 2014, 8 September. Gebyar Kampanye ACI 100 Persen Aku Cinta Indonesia. Diunduh dari ttp://ditjenpdn.kemendag.go.id/id/news/2014/08/09/gebyar-kampanye-aci100-persen-aku-cinta-indonesia
Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Nugroho J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen :Konsep dan Impilikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana
Lin. N.H and Lin. B.S. 2007. The effect Of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of international management studies.
Listiana, Erna. 2012. Pengaruh Country Of Origin terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (2012), Vol.8, No.1: hal. 21–47.
McCarthy, E Jerome dan William D. Pereault Jr. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Ping Qing, Antonio Lobo, and Li Chongguang. 2012. The impact of lifestyle and ethnocentrism on consumers’ purchase intentions of fresh fruit in China. Journal of Consumer Marketing, Emerald Group Publishing Limited Vol. 29 No 1. h. 43–51
Pradesta. B. Rima. “Pengaruh Etnosentrisme, Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Jadi Impor”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.8, 2016:5128-5154 ISSN : 2302-8912
Satria. B. Ariz dan Oetomo W. Hening “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Product Knowledge dan Wom Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume. 5, Nomor. 5, Mei 2016 ISSN : 2461-0593
Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L. 2000. Consumer Behavior. Pearson Education
Shankarmahesh, N. 2006. Consumer Ethnocentrism : An Integrative Review Of Its Antecedents And Consequences. International Marketing Review, Vol 23, No 2, pp 146-172
Sharma, S., Shimp, T.A. and Shin, J. 1995, Consumer ethnocentrism: a test of antecedents and moderators, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 23, No. 1, pp. 26-37.
Shimp. T. A., Sharma. S. 1987. Consumer ethnocentrism:construction and validation of the CETSCALE. Journal of marketing research. 24, (3), pp 280 – 289
Sugiyono. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tifany dan Moningka Clara “Hubungan Konsumen Etnosentrisme Dengan Perceived Quality Terhadap Produk Lokal Pada Usia Dewasa Muda Di Jakarta”. PSIBERNETIKA Vol. 8 No. 2 Oktober 2015
Tjiptono. F., Chandra. Y., Diana. A. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Andi
Umar, Husein. 2002. Metode riset bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wang CL, Chen ZX. 2004. Consumer Ethnocentrism and Willingness to Buy Domestic Products in Developing Country Setting Testing Moderating Effects. Journal of Consumer Marketing.Volume 21 No. 6. Page 391-400
Wang, Yai, H., Tsai, Cing, F. 2014. The Relationship between brand image and purchase intention: evidence from award winning mutual funds. The International. Journal of Business and Finance Research, 8 (2), 27-40.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Sri Ernawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.