ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KARYAWAN DI PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) (PERSERO) WILAYAH NUSA TENGGARA BARAT (STUDI KASUS PADA RAYON AMPENAN DAN RAYON CAKRANEGARA)
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.87Kata Kunci:
Kinerja, Karyawan Rayon Ampenan , Rayon CakranegaraAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kinerja karyawan Rayon Ampenan dan Rayon Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang ada di Rayon Ampenan dan Rayon Cakranegara berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 20 orang di Rayon Ampenan dan 20 Orang di Rayon Cakranegara. Karena jumlah populasi tersebut kurang dari 100 maka seluruh karyawan tersebut dijadikan sampel total atau sensus. Dan analisis data dilakukan dengan uji beda (uji t) yaitu independent sample t-test. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaaan yang signifikan antara kinerja karyawan Rayon Ampenan dan Rayon Cakranegara dimana nilai probabilita/sig. = 0,544 atau p > 0,05. Nilai rata-rata pada Rayon Ampenan mencapai angka sebesar 109,7, dan Rayon Cakranegara mencapai angka yaitu sebesar 108,9. Kinerja karyawan sama-sama memiliki kemampuan yang melampaui harapan dan pencapaian luar biasa, dan menguasai bidang tugasnya sesuai posisi jabatan masing-masing. Sehingga prestasi kerja yang telah diperoleh harus di pertahankan dan terus meningkatkan kinerja karyawannya. Untuk dapat meningkatkan kinerja perlu juga dilakukan pengembangan karyawan secara terus menerus dengan cara pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM dan kemampuan teknis.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Budi, Triton P. 2006. SPSS 13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Damayanti, Vinny dan Marliana. 2007. Analisa Perbandingan Kinerja Karyawan Di Restoran yang Menerapkan Iso 9001:2000 Dan Restoran - Restoran yang Tidak Menerapkan Iso 9001:2000 Di Surabaya. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.
Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia DM Buku1. Jakarta : PT. Indeks.
. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia DM Buku1. Jakarta : PT. Indeks.
Fauziah. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Kabupaten Rokan Hulu (Studi Kasus Di Kantor Camat Tambusai Dan Kantor Camat Rambah). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian.
Mangkunegara, A.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Moheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mudiartha, Utama dan I Wayan. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar UPT : Universitas Udayana.
Rahayu, Sri. 2005. SPSS Versi 12.0 Dalam Riset Pemasaran. Bandung : CV. Alfabeta
Rivai, Veithzal, et al. 2008. Evaluasi Kinerja. Bandung : Refika Utama.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.
. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo S. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Kementrian BUMN Surat keputusan Nomor S-08/S.MBU/2013 Pedoman Penentuan Key Performance Indicators (KPI)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Marlina Fujiana Lestari, Zainal Abidin, Rusminah Rusminah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.