FAKTOR PEMBENTUK MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN PERBEDAANNYA BERDASARKAN GENDER

Penulis

  • Nengah Sukendri STAHN Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.76

Kata Kunci:

Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Gender

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pembentuk motivasi belajar mahasiswa dan perbedaannya berdasarkan gender di STAHN Gde Pudja Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan alat analisis berupa confirmatory factor untuk mencari faktor yang membentuk motivasi belajar mahasiswa dan uji t tes independent untuk mengetahui perbedaan motivasi mahasiswa berdasarkan gender. Hasil Penelitian menunjukan bahwa faktor yang membentuk motivasi mahasiswa untuk kuliah di STAHN Gde Pudja Mataram adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik, dan secara keseluruhan telah terjadi kesetaraan gender baik laki-laki dan perempuan terutama ditinjau dari sudut pandang motivasi baik secara internal maupun eksternal.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anoraga, P., dan Suyati, S. 1995. Perilaku Keorganisasian. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Dumitru, D., Chraif, M. dan Anitei, M. 2014. Motivation and Cognitive Tasks. Correlative Study Between Genders, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 127, 828 – 833.

Gibson, I. & Donelly. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses, Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Hamalik, Oemar 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hakan, K., dan Munire, E. 2014. Academic Motivation: Gender, Domain and Grade Differences, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 143, 708 – 715.

Kubaisy, W.A., Mohamad, M., Ismail, Z. dan Abdullah, N.N. 2015. Gender Differences: Motivations for Performing Physical Exercise Among Adults In Shah Alam, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 202, 522 – 530.

Mahdavy, B. 2013. Gender And Motivational Orientations of English Language Learners: The Case of High School Students In Iran, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 70, 1056 – 1061.

Ozturk, G. dan Gurbuz, N. 2013. The impact of gender on foreign language speaking anxiety and motivation, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol.70, 654 – 665.

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sukendri, Nengah. 2017. Perbedaan Perilaku Belanja Antara Mahasiswa dan Mahasiswi di STAHN Gde Pudja Mataram. Distribusi, Vol. 5, No. 1,73-84.

Thoha, m. 1999. perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Timotius. 2003. Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru. www.geocities.com.

Yamin, S & Heri K. 2009. SPSS Complete. Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-05

Cara Mengutip

Sukendri, N. (2019). FAKTOR PEMBENTUK MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN PERBEDAANNYA BERDASARKAN GENDER. Jurnal Distribusi, 7(2), 155–168. https://doi.org/10.29303/distribusi.v7i2.76