Pengaruh CSR terhadap Kinerja Lingkungan dengan Strategi Lingkungan sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v12i1.427Kata Kunci:
Corporate Social Responsibility, Kinerja Lingkungan, Strategi LingkunganAbstrak
Isu-isu seputar lingkungan memiliki dampak signifikan pada dinamika bisnis saat ini. Perubahan cepat dalam tren bisnis terjadi karena persaingan yang ketat di lingkungan bisnis. Evaluasi kinerja perusahaan kini tidak hanya berfokus pada aspek keuangan, melainkan juga pada aspek lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara empiris menguji dan menganalisis pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) terhadap Kinerja Lingkungan, dengan mempertimbangkan Strategi Lingkungan sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan populasi penelitian terdiri dari perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 169. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang dikirimkan melalui email dengan bantuan pihak ketiga. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square, menggunakan perangkat lunak SmarPLS4 versi 4.0.9.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh terhadap Kinerja Lingkungan dan Strategi Lingkungan. Selanjutnya, Strategi Lingkungan juga berpengaruh terhadap Kinerja Lingkungan. Lebih lanjut, Strategi Lingkungan terbukti menjadi mediator dalam hubungan antara CSR dan Kinerja Lingkungan.
Unduhan
Referensi
Allegretti, T. (2022). Laporan Kualitas Udara Dunia IQAir 2021. https://www.iqair.com/id/blog/press-releases/WAQR_2021_PR
Bacinello, E., Tontini, G., & Alberton, A. (2020). Influence of Maturity on Corporate Social Responsibility and Sustainable Innovation in Business Performance. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(2), 1–11. https://doi.org/10.1002/csr.1841
Chuang, S. P., & Huang, S. J. (2018). The Effect of Environmental Corporate Social Responsibility on Environmental Performance and Business Competitiveness: The Mediation of Green Information Technology Capital. Journal of Business Ethics, 150(4), 991–1009. https://doi.org/10.1007/s10551-016-3167-x
Direktorat Statistik Industri. (2022). Direktori Industri Manufaktur Indonesia 2022. In Direktorat Statistik Industri (Ed.), Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id
Galbreath, J., & Shum, P. (2012). Do Customer Satisfaction and Reputation Mediate the CSR-FP Link? Evidence from Australia. Australian Journal of Management, 37(2), 211–229. https://doi.org/10.1177/0312896211432941
Hart, S. L. (1995). A Natural-Resource-Based View of the Firm. The Academy of Management Review, 20(4), 986–1014. http://www.jstor.org/stable/258963 .
Hernández Juan Pablo, S.-I., Benito, Y.-A., & Juan, M.-G. (2020). Moderating Effect of Firm Size on the Influence of corporate Social Responsibility in The Economic Performance of Micro-, Small- and Medium-Sized Enterprises. Technological Forecasting and Social Change, 151(October), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.119774
Judge, W. Q., & Douglas, T. J. (1998). Performance Implications of Incorporating Natural Environmental Issues into the Strategic Planning Process: An Empirical Assessment. Journal of Management Studies, 35(2), 241–262. https://doi.org/10.1111/1467-6486.00092
Kraus, S., Rehman, S. U., & García, F. J. S. (2020). Corporate Cocial Responsibility and Environmental Performance: The Mediating Role of nvironmental Strategy and Green Innovation. Technological Forecasting and Social Change, 160(July), 120262. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120262
Orazalin, N. (2020). Do Board Sustainability Committees Contribute to corporate Environmental and Social Performance? The Mediating Role of Corporate Social Responsibility Strategy. Business Strategy and the Environment, 29(1), 1–14. https://doi.org/10.1002/bse.2354
Ramadhan, R. P., & Sulistyowati, E. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan dengan Nilai Perusahaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11033–11040. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2842661
Rehman, S. U., Bresciani, S., Yahiaoui, D., & Giacosa, E. (2022). Environmental Sustainability Orientation and Corporate Social Responsibility Influence on Environmental Performance of Small and Medium Enterprises: The Mediating Effect of Green Capability. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 29(6), 1–14. https://doi.org/10.1002/csr.2293
Solovida, G. T., & Latan, H. (2017). Linking Environmental Strategy to Environmental Performance : Mediation Role of Environmental Management Accounting Sustainability Accounting , Management and Policy Journal Article information : Sustainability Accounting, Management and Policy Journal, 8, 595–619. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-08-2016-0046
Surrcora, J., Tribo, J. A., & Waddock, S. (2010). Corporate Responsibility and Financial Performance: The Role of Intangible Resources. Strategic Management Journal, 31, 463–490. https://doi.org/10.1002/smj
Zailani, S., Jeyaraman, K., Vengadasan, G., & Premkumar, R. (2012). Sustainable Supply Chain Management (SSCM) in Malaysia: A Survey. International Journal of Production Economics, 140(1), 330–340. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2012.02.008
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aprillia Rahmawati, Diah Hari Suryaningrum
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.