artikel Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor Dalam Meningkatkan Daya Saing Penjualan Kain Tenun Di Wilayah Praya Barat Lombok Tengah.
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.410Kata Kunci:
Galeri Tenun, Strategi Pemasaran, Desa Setanggor.Abstrak
Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor Dalam Meningkatkan Daya Saing Penjualan Kain Tenun Di Wilayah Praya Barat Lombok Tengah”, yang bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Galeri Tenun Desa Setanggor dalam meningkatkan daya saing penjualan kain Tenun di wilayah Praya Barat Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dengan menggunakan Analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran yang dilakukan Galeri Tenun Desa Setanggor dalam meningkatkan daya saing penjualan kain tenun di wilayah Praya Barat Lombok Tengah berdasarkan posisinya pada Kuadran I dalam Analisis SWOT adalah strategi Agresif dengan menggunakan strategi promosi yang lebih gencar lagi dalam mempromosikan kain Tenun Songket Desa Setanggor, agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat hingga ke mancanegara yang dapat dilakukan melalui media sosial, website, serta variasi motif kain Tenun Songket Desa Setanggor yang dapat menyesuaikan dengan fashion saat ini.
Kata Kunci: Galeri Tenun, Strategi Pemasaran, Desa Setanggor.
Unduhan
Referensi
Alimin, Erina, dkk. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). NTB: Seval Literindo Kreasi.
Bismala, Lila, Susi Handayani dan Dewi Andriany. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
David, Fred R. (2013). Strategic Management. Buku 1. Edisi 2. Jakarta: Gramedia.
Fawzi, Marissa Grace Haque, dkk. (2022). Strategi Pemasaran (Konsep, Teori dan Implementasi). Jakarta: Pascal Books.
Kotler,P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Delhi: Pearson.
Kotler,P.,Keller,K.L. (2009). Marketing Management. Singapore: Pearson Education.
Putri, Budi Rahayu Tanama. (2017). Manajemen Pemasaran. Universitas Udayana.
Rangkuti, Fredy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cetakan keempat belas). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Sastradipoera, Komarudin. (2003). Manajemen Marketing Suatu Pendekatan Ramuan Marketing. Bandung: Kappa - Sigma.
Sedarmayanti. (2014). Bahan Ajar Manajemen Strategi Sektor Bisnis. Bandung: SuksesBandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Surianingsih Surianingsih, Dewi Rispawati, Siti Yulianah M. Yusuf
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.