STUDI KELAYAKAN HUTAN LINDUNG MONGGAL SEBAGAI TAMAN WISATA ALAM (TWA) GUNA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.407Kata Kunci:
Kesejahteraan Masyarakat, Pendapatan Asli Daerah, Studi Kelayakan, Taman Wisata AlamAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis studi kelayakan hutan lindung monggal sebagai Taman Wisata Alam (TWA) guna meningkatkan daya tarik wisatawan yang diharapkan menjadi salah satu cara dalam mendukung pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat serta penggerak ekonomi lokal. Dari tujuan umum tersebut bisa diuraiakan lebih lanjut tentang tujuan khusus yaitu (1) untuk menganalisis kelayakan aspek non-finansial usaha TWA Monggal meliputi aspek pasar, manajemen, sosial, ekonomi, dan budaya, serta lingkungan. (2) untuk menganalisis kelayakan aspek finansial usaha TWA Monggal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik survey dengan pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: Studi kepustakaan, Observasi, dan Focus Group Discussion dengan berbagai pemangku kepentingan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan TWA Monggal di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara layak untuk dikembangkan karena pertimbangan (1) Kelayakan dari aspek non-finansial (2) Kelayakan dari aspek finansial dilakukan dengan perhitungan nilai NPV selama 10 tahun sebesar Rp 1.214.388.386,85 dengan Tingkat pengembalian terhadap investasi (IRR) sebesar 32%. Kemudian nilai Net B/C sebesar Rp 4.043. dan Payback Period selama 2 tahun 3 bulan.
Unduhan
Referensi
Ardiwidjaja, R. (2003). Membedah Konsep Pariwisata Berkelanjutan. Sinar Harapan, Bandung.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.13/ MenLHK/ Setjen/ Kum.1/ 5/ 2020 tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Wisata Alam di Kawasan Hutan, Pub. L. No. P.13/ MenLHK/ Setjen/ Kum.1/ 5/ 2020 (2020).
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Septiani, E., Sagir, J., Serip, S., & Rahmayanti, P. L. D. (2023). Analisis Persepsi Dan Sikap Wisatawan Atas Dikembangkannya Kawasan the Mandalika. Distribusi - Journal of Management and Business, 11(1), 81–94. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.300
Sulistyowati, K., & Salim, U. (2013). Competitive Strategy : As Mediation the Effect of External Business Environment and Total Quality Management Implementation Toward Company Performance ( Study at ISO 9000 certified manufacture companies in East Java ). 8(2), 7–20.
Suwantoro, G. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta.
Teguh Sulistiyani, A. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdyaan. Yogyakarta: Gava Media.
Undang-undang No.5 Tahun 1990. (1990). Undang-undang No.5 Tahun 1990 (No. 5).
Untoro, J. & P. (2009). Taman tematik terpadu. (Jakarta : Gramedia.
Wantara, P., & Tambrin, M. (2021). Hubungan Struktural Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Dan Niat Ulang Berkunjung Ke Pantai Long Malang Di Sampang. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 207–220. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.168
Yoeti, O. A. (2013). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung: Penerbit Angkasa.
Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Stretegis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing Jl. Mangunegaran Kidul 14 Kraton - Yogyakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abdurrahman, Himawan Sutanto, Zamroni Alpian Muhtarom, Muhammad Mujahid Dakwah, Baiq Handayani Rinuastuti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.