THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING, DESTINATION IMAGE ON VISITING DECISIONS WITH VISITING INTEREST AS AN INTERVENING VARIABLE

Penulis

  • Kavatina Munamahsa Islami Universitas Bumigora
  • Rini Anggriani Universitas Bumigora
  • Lady Faerrosa Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.403

Kata Kunci:

Social Media Marketing; Destination Image; Minat Berkunjung; Keputusan Berkunjung

Abstrak

Kemajuan internet berdampak pada meningkatnya pengguna media sosial dan hal ini sejalan dengan perkembangan pariwisata memicu munculnya akun-akun Instagram bertemakan destinasi wisata secara tidak langsung dapat menciptakan suatu citra terhadap destinasi yang dipostingnya, mengakibatkan munculnya minat seseorang untuk berkunjung. Sehingga memicu pengambilan keputusan berkunjung wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan destination image terhadap keputusan berkunjung dengan minat berkunjung sebagai variabel intervening wisatawan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausal. Jumlah sampel sebesar 135 responden. Alat analisis data menggunakan AMOS 24.0. Hasil penelitian menemukan bahwa social media marketing berpengaruh terhadap minat berkunjung. Destination image berpengaruh terhadap minat berkunjung. Social media marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Destination image tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Social media marketing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung. Destination image berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa minat berkunjung akan meningkat jika social media marketing dimanfaatkan dengan baik serta meningkatkan destination image, sehingga dapat memicu pembentukan keputusan berkunjung. Saran untuk pemerintah dan para pelaku usaha yaitu terus mengembangkan objek wisata yang ada di KEK Mandalika dengan menambah fasilitas dan menjaga lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusti, M., Utari, W., & Mardi W, N. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Perantara (Studi pada Wisatawan Desa Wisata Energi Migas Teksas Wonocolo di Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 804–818. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.397

Amanda Putri, S. (2017). Pengaruh konten post Instagram terhadap online Engagement "Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita”. nstitusi Teknologi Sepuluh November.

Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Dampak Kesadaran Merek dan Pemasaran Konten Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Nilai Publik Dan Wawasan Administrasi (JPVAI), 2(2), 5–10.

Antaranews.com. (2022). Pariwisata di Lombok diprediksi terus meningkat usai gelaran MotoGP. Antara News. https://makassar.antaranews.com/berita/369253/pariwisata-lombok-diprediksi-terus-meningkat-usai-gelaran-motogp-mandalika

Arief, G. M., & Millianyani, H. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. 20(2), 2581–2587.

Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.

Artuger, S., Cetinsoz, B. C., & Kilic, I. (2013). The Effect of Destination Image on Destination Loyalty: An Application InAlanya. European Journal of Business and Management., 5(13).

Ati, M., & Sri, W. (2016). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kota Bandung. Junal Manajemen Indonesia, Vol.16(No.2), 95–103.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Chen, C. F., & Phou, S. (2013). A closer look at destination: Image, personality, relationship and loyalty. Tourism Management, 36, 269–278. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2012.11.015

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (2021). Jumlah Kunjungan Wisatawan Asing dan Domestik 5 Tahun Terakhir Ke Objek Wisata di Kabupaten Lombok Tengah 2021. https://sektoral.lomboktengahkab.go.id/dataset-indeks/pariwisata

Fan et al. (2012). Establishing the Adoption of Electronic Word-of-Mouth through Consumers’ Perceived Credibility. International Business Research, Vol. 6(No 3).

Hair, J. . et al. (2010). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed). Pearson Prentice Hall.

Hapsara, O. dan A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung : Citra Destinasi dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu) Vol. 11 No. 01, Maret 2022 P-ISSN: 2252-8636, E-ISSN: 2685-9424, 11(01), 64–76.

Hutri, E. D., & Yuliviona, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Dengan Minat beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: Pada Pengguna Sepeda Motor di Kota Padang). Jurnal Manajemen.

Iblasi, W. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on Samsung for Electrical Home Appliances). International Journal of Managerial Studies and Research, 4(1), 14–28.

Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447

Jorgensen, L. . (2004). “An analysis of a destination’s image and the language of tourism.”

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.005

Konjongian, R., Joyce, L., & Tawas, H. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol 7(4), 551–566.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.CO Donuts & Coffee Semarang. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.

Li, C. I., & Kusuma, R. K. (2020). Deskripsi Citra Destinasi Di Sosial Media Menggunakan Analisa Konten #LabuanBajo. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 12–26.

Lien, C.-H., Wen, M.-J., Huang, L.-C., & Wu, K.-L. (2015). Online hotel booking: The effects of brand image, price, trust and value on purchase intentions. Asia Pacific Management Review, 20(4), 210–218.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598

Maoyan, Zhuunxuan, & Sangyang. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science, 5(10), 92–97. www.ijbssnet.com

Mariyanti, E., Sari, P. E., & Putri, S. L. (2018). Persepsi Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Pada Hotel Syariah Di Kota Padang. Menara Ekonomi, IV(1), 9–17.

Mileva, L. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek. In Jurnal Studi Komunikasi dan Media (Vol. 22, Issue 1). https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220102

Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Nafis, R. (2020). Pengaruh Citra Destinasi dan Kepercayaan Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 40–45.

Nasar, A. (2021). Influence of Electronic Word of Mouth on Destination Image and Their Impact on Visiting Interests and Decisions. International Conference on Applied Science and Technology on Social Science 2021 (ICAST-SS 2021) Influence, 647, 148–153.

Nasution, O. B., & Rohman, I. Z. (2022). Peran Akun Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata. 8, 774–789.

Nurrokhim, A., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.134

Perkasa, M., Hafiz, A., & Atep, M. (2017). Branding Kota New York Paling Populer di Instagram. Marketing.Co.Id. 1–9. https://marketeers.com/city-branding- sukses-kota-new-york-paling-populer-di- instagram/

Peter, & Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (D. T. Dwiandani (ed.); Edisi Kese). Salemba Empat.

Pitana, I. G., & Surya, D. I. K. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi.

Prasetyo, C. A. (2019). Pengaru Citra Destinasi Dan E-WOM Terhadap Keputusan Berkunjung yang dimediasi ole Respon Emosional Pada Mulau Pahawang. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Prodjo, W. A. (2015, July 4). Instagram Efektif Menyebarkan Informasi Pariwisata. Kompas. https://travel.kompas.com/read/2015/07/04/0916000/Instagram.Efektif.Menyebarkan.Informasi.Pariwisata

Putra, G. B. S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung ( Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT . Selecta , Kota Batu , Jawa Timur ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(2), 1–8.

Putri, C. S. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Murtadlo, K. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi Pada Konsumen Kafe Bernuansa Outdoor Di Kota Malang 2019). Jurnal Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.

Santoso, H. N., Widyawati, C., & Adityaji, R. (2021). the Role of the Promotional Video “Wonderful Indonesia: a Visual Journey” on Brand Image and Tourist Visiting Interest To Wakatobi. Journal of Tourism, Culinary and Entrepreneurship (Jtce), 1(1), 48–60. https://doi.org/10.37715/jtce.v1i1.1799

Satria Nugraha, A., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381

Semuel, H., & Lianto, A. S. (2014). Analisis EWOM, Brand Image, Brand Trust, dan Minat Beli. 8(2), 47–54. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.47-54

Setyawan, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung (Studi pada Objek Wisata Dusun Semilir Bawen) [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Jurnal Ekobistek. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.75

Sholika, E. A. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @Batuflowergarden.cobanrais). Universitas Brawijaya.

Social, W. A., & Hootsuite. (2022). Digital 2022: Another Year Of Bumper Growht. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Sun, X., Chi, C. G., & Xu, H. (2013). Developing Destination Loyalty: The Case of Hainan Island. Journal Tourism Research, 43, 547–577.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2), 1–10.

Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospital Dan Manajemen Jasa, 8(2), 77–87.

Warpindyastuti, L. D., & Sulistyawati, M. E. S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta, 2(1), 91–95.

Zanjabila, R., & Hidayat, R. (2017). Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017). E-Proceedings of Applied Science, 3(2), 368–375. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3783

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Islami, K. M., Anggriani, R., & Faerrosa, L. (2023). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING, DESTINATION IMAGE ON VISITING DECISIONS WITH VISITING INTEREST AS AN INTERVENING VARIABLE. Jurnal Distribusi, 11(2), 147–164. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.403