PENGARUH CAPITAL INTENSITY DAN ADVERTISING IN-TENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.393Kata Kunci:
Capital Intensity, Advertising intensity, Firm size, Agresivitas pajakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh capital intensity dan advertising intensity terhadap agresivitas pajak dengan firm size sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2021sebanyak 113 perusahaan yang didapat melalui pencarian pada situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan website resmi perusahaan yang menjadi objek penelitian. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak sebanyak 75. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software E-Views versi 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa capital intensity secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. advertising intensity secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak. Capital intensity dan advertising intensity secara simultan berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Firm size secara parsial tidak memoderasi atau memperlemah capital intensity terhadap agresivitas pajak. Firm size secara parsial tidak memoderasi atau memperlemah advertising intensity terhadap agresivitas pajak.
Unduhan
Referensi
Andrianto, M. R., & Fadjar, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak. Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice Universitas Widyatama.
Ayem, S., & Setyadi, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Komite Audit Dan Capital IntensityTerhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2013-2017). JURNAL AKUNTANSI PAJAK DEWANTARA VOL. 1 NO. 2.
Diandra, S. M., & Hidayat, A. (202O). Pengaruh beban iklan dan intensitas persediaan terhadap agresivitas pajak dengan corporate social responbility sebagai variabel moderasi. FINANCIAL: Jurnal Akuntansi Volume 6 Nomor 2, 188-202.
Endaryati, E., & et all. (2021). Likuiditas, Return On Assets, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, Vol. 14, No. 2.
Jananti , N. R., & Setiawan, P. E. (2018). Pengaruh Agresivitas Pajak pada Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana .
Mustika, & at al. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JOM Fekon, Vol. 4 No. 1, 1887.
Nguyen, A. (2015). Product Market Advertising And Corporate Tax Aggressiveness. Department of Banking and Finance Monash University.
Novitasari, S. (2017). Pengaruh Manajemen Laba, Corporate Governance, dan Intensitas Modal Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2010-2014). JOM Fekon, Vol. 4 No.1, 1904.
Prameswari, F. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Corporate Social Responsibility (Csr) Sebagai Varaibel Moderasi. Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol. 3 Universitas Negeri Surabaya2017.
Prayogi, R., & Yudawirawan , M. Y. (2021). Pengaruh capital intensity, inventory intensity dan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Webinar Nasional & Call For Paper : “How To Start Your Business As Beginner “ universitas pamulang.
Ramadhania, D. Z., & Kinasih, H. W. (2021). Pengaruh likuiditas, leverage, dan intensitas modal terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol.10, No. .2, 93-106.
Reminda, A. D. (2017). Pengaruh Corporate Social Reponsibility, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2013-2015). JOM Fekon, Vol. 4 No. 2, 4281.
Romadhina, A. P. (2019). Pengaruh beban iklan dan intensitas persediaan terhadap agresivitas pajak. Journal of Economic and Management Scienties, Vol.2 No.1 universitas pamulang, 1-13.
Romadhina, A. P. (2019). Pengaruh Beban Iklan dan Intensitas Persediaan Terhadap Agresivitas Pajak. Journal of Economic and Management Scienties, Vol.2 No.1, 12.
Susanti, D., & Satyawan, M. D. (2020). Pengaruh Advertising Intensity, Inventory Intensity, dan Sales Growth Terhadap Agresivitas Pajak. JurnalAkuntansi Unesa.
Utomo, A. B., & Fitria, G. N. (2020). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Capital Intensity dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 (2),, 241.
Utomo, A. B., & Fitria, G. N. (2020). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Capital Intensity dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 (2), 231-246.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jaenal Abidin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.