ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEREMPUAN BERWIRAUSAHA MELALUI BISNIS ONLINE (Studi Kasus Pada Ibu Muda di Kecamatan Bangkalan)
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.35Kata Kunci:
Analisis Faktor, Motivasi, Wirausaha Wanita, Bisnis OnlineAbstrak
Peran perempuan dalam dunia bisnis itu perlu dipertimbangkan, khususnya di bidang kewirausahaan. Perkembangan teknologi dalam kasus teknologi informasi dapat membantu menyederhanakan melakukan kegiatan usaha yang dikenal sebagai bisnis online. Kegiatan usaha online membantu menciptakan lapangan kerja baru dan kesempatan kerja serta membantu ekonomi keluarga. Hampir semua perempuan dalam hal ini ibu-ibu muda yang menggunakan internet memiliki kesempatan untuk membuka lapangan kerja dan mengisi waktu luang mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang memotivasi wirausaha perempuan melalui bisnis online. Populasi pada penelitian ini adalah ibu-ibu muda dari kecamatan bangkalan menjalani bisnis online. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner , menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive yaitu sebanyak 75 ibu ibu muda yang melakukan bisnis online . Dalam upaya mencari tahu faktor faktor apa saja yang menjadi semangat dan motivasi bagi bisnis online melalui wirausahawan perempuan, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa ada enam faktor yang terbentuk dalam memotivasi wirausahaan perempuan melalui bisnis online terutama pada ibu-ibu muda yaitu faktor keluarga, kepentingan pribadi, kesempatan kerja, pengetahuan teknis, pengalaman wirausaha, latar belakang keluarga, dan pasar potensial.
Unduhan
Referensi
Antaranews. (2013). Iwapi Targetkan 1 Juta Wanita Pengusaha.
http://www.antaranews.com/berita/372922/iwapi-targetkan-1-juta-wanita-pengusaha
Chattopadhyay,R., & Ghosh,A. (2002). Predicting Entrepreneurial Success: A Socio-psychological Study. Journal of Entrepreneurship. 11; 21. DOI: 10.1177/097135570201100102.
Kader, R. A., Mohamad, R. M., and Ibrahim, C. A. (2009). Success Factos for Small Rural Entrepreneurs under the One-District-One –Industry Programme in Malaysia. Contemporary Management Research. 5.2.147-162.
Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat. (2011). Pengusaha wanita masih minim.
Article. http://www.menkokesra.go.id/content/wanita-pengusaha-masih-minim
Panda.N.M, (2000). What brings entrepreneurial success in a developing region?. Journal of Entrepreneur¬ship. 9.199-212.
Parker, B.J. (2010). A Conceptual Framework for Developing the Female Entrepreneurship Literature. Journal of Research on Women and Gender. March. 1. 169 -190.
Reijonen,H., & Kompulla,R. (2007). Perception of Success and Its Effect on Small Firm Performance. Journal of Small Business and Enterprise Development. 14. 4. 689-701. DOI 10.1108/14626000710832776
Rmol. (2013). DPP Iwapi Motivasi Pengusaha Perempuan Untuk Jadi Pengusaha Tangguh
http://www.rmol.co/read/2013/10/22/130347/DPP-Iwapi-Motivasi-Pengusaha-Perempuan-Untuk- Jadi-Pengusaha-Tangguh-
Sorokhaibam, R., & Laishram, N. (2011). Women Entrepreneurship in Manipur,North-East India. Interdis¬ciplinary Journal of Research in Business. 1.6.46-53.
Tambunan, T, (2009). Women Entrepreneurship in Asian Developing Countries: Their Development and Main Constraints. Journal of Development and Agricultural Economics. 1(2).27-40.
Tambunan,T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Isu-isu Penting. Jakarta : Penerbit LP3ES.
Warta Ekonomi. (2013). Hipmi Berharap Porsi Jumlah Wanita Pengusaha Meningkat. Diakses dari http:// wartaekonomi.co.id/berita9636/hipmi-berharap-porsi-jumlah-wanita-pengusaha-meningkat.html.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 S Anugrahini Irawati, Bambang Sudarsono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.