NILAI PO SAPO ESEMPAY (KESETIAKAWANAN) DAN SOKKLA (KEAGAMAAN) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL ROTI DAN KUE DI MADURA: SEBUAH STUDI FENOMADUROLOGI
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i1.34Kata Kunci:
Harga Jual, Fenomadurologi, Sapo Esempay (Kesetiakawanan), Sokkla (Keagamaan)Abstrak
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap praktik penentuan harga jual roti dan kue di Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam proses penemuan jawaban, dan pendekatan fenomadurologi dalam proses analisis yaitu dengan mengkaitkan kesadaran mengenai “Aku” dengan kebudayaan Madura. Pendekatan tersebut dipilih karena peneliti membutuhkan kedalaman untuk mengungkap realita di balik fenomena tersebut. Informan dalam penelitian ini adadua yaitu informan utama yaitu pemilik usaha rumahan berjumlah 2 orang, serta informan pendukung yaitu pelanggan yang berjumlah 4 orang. Situs penelitian ini dilakukan di tempat usaha yaitu Jl. K Lemah Duwur Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik penentuan harga roti dan kue yang terjadi berdasarkan perhitungan biaya bahan baku dan biaya overhead pabrik. Selain itu,juga terdapat biaya-biaya dalam mark up yang tak kasat mata. Setelah mengeksplorasi secara mendalam dari kedua hal tersebut yaitu biaya dan mark up, maka juga terdapat nilai yang terkandung dalam penentuan harga jual.Nilai-nilai yang terkandung yaitu Po Sapo Esempay (Kesetiakawanan) yang terwujud dengan adanya rasa untuk saling membantu, saudara sebagai suatu keuntungan melebihi materi, ungkapan perhatian, berbagi terhadap sesama, kebahagiaan, kepercayaan, serta melihat keadaan orang sekitar. Nilai lain yang terkandung yaitu Sokkla (Keagamaan) yang terwujud dengan adanya kepentingan untuk beramal, keyakinan akan keadilan Allah, sedekah sebagai tabungan di Akhirat, serta kepasrahan kepada Tuhan.
Unduhan
Referensi
Ahmad, Kamaruddin. 2013. Akuntansi Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Alimuddin. 2011. Konsep Harga Jual Islami. Jurnal Penelitian Universitas Hasanuddin
Amaliah, Tri Handayani. 2016. Nilai Nilai Budaya Tri Hita Karana dalam Penetapan Harga Jual. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Gorontalo
Amaliah, Tri Handayani. 2014. Konsep Harga Jual Berbasis Nilai- Nilai Budaya Komunitas Papalele Masyarakat Maluku. Disertasi Universitas Negeri Gorontalo
Daljono. 2011. Akuntansi Biaya. Edisi ketiga. Cetakan satu. Semarang: Bp Undip
Efferin, Sujoko. 2016. Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Spritualitas. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh
E Paper Koran Madura. Membaca Peluang Bisnis Roti. https://issuu.com/koranmadura/docs/full_version_mad¬_270114/31. Diunduh pada tanggal 9 Maret 2017
Halim, Abdul, Bambang Supomo, Muhammad Syam Kusufi. 2014. Akuntansi Manajemen. Edisi kedua. Cetakan keempat. Yogyakarta: BPFE
Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 2001. Manajemen Biaya. Buku 2. Jakarta: Penerbit Selemba Empat
Kamayanti, Ari. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh
Kamus Besar. https://www.kamusbesar.com/dadar-gulung. Diunduh pada tanggal 18 April 2017
Lestari, Arum Budi. 2014. Evaluasi Penetapan Harga Pokok Produk Roti pada UKM Roti Saudara di Banyumik. Jurnal Penelitian Universitas Dian Nuswanto Semarang
Maleong, Lexy, J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moray, Jessica Claudia. 2014. Penetapan Harga Jual dengan Cost Plus Pricing menggunakan Pendekatan Full Costing pada UD. Gladys Bakery. Jurnal Penlitian Universita Sam Ratulangi Manado
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Cetakan sebelas. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Nurpeni. 2010. Analisis Tentang Kendala Ibu Rumah Tangga Enggan Berwirausaha di Kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Universitas Lancang Kuning Pekanbaru
Peluangusaharumahan.info (2017). Usaha Produksi Kue Rumahan Sangat Menjanjikan. www.peluangusaharumahan.info/usaha-produksi-kue-rumahan-sangat-menjanjikan. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017
Rifai, Mien Ahmad. 2007. Manusia Madura. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pilar Media
Royani, Syarifah. (2016, 10 Oktober). SDM Kreatif dan Berkualitas untuk Mengurangi Pengangguran. www.kompasania.com/indanaeka/sdm-kreatif-dan-berkualitas-untuk-mengurangi-pengangguran. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017
Sodikin, Slamet Sugiri. 2015. Akuntansi Manajemen. Edisi kelima. Yogyakarta; UPP STIM YKPN
Soei, Christanti Natalia. 2014. Penentuan Harga Jual dengan menggunakan Metode Cost Plus Pricing pada UD. Sinar Sakti. Jurnal Penelitian Universitas Sam Ratulangi Manado
Sulpa, Nadylah. 2014. Proses Penentuan Harga Jual pada Rumah Makan Citra Minang di Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar
www.jurnalasia.id. (2016, 6 Juni). Membaca Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil. www.jurnalasia.com/ragam/membaca-peluang-usaha-rumahan-bermodal-kecil. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017
Zalshabila, Shavira. 2012. Javanese Price Setting: Refleksi Fenomenologis Harga Pokok Produksi Pedagang Bakso di Kota Malang. Jurnal Penelitian Universitas Brawijaya Malang
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Rusmiati Ningsih, Robiatul Robiatul Auliyah, Achdiar Redy Setiawan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.