NILAI PO SAPO ESEMPAY (KESETIAKAWANAN) DAN SOKKLA (KEAGAMAAN) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL ROTI DAN KUE DI MADURA: SEBUAH STUDI FENOMADUROLOGI

Penulis

  • Rusmiati Ningsih
  • Robiatul Robiatul Auliyah
  • Achdiar Redy Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i1.34

Kata Kunci:

Harga Jual, Fenomadurologi, Sapo Esempay (Kesetiakawanan), Sokkla (Keagamaan)

Abstrak

Penelitian ini berupaya untuk mengungkap praktik penentuan harga jual roti dan kue di Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam proses penemuan jawaban, dan pendekatan fenomadurologi dalam proses analisis yaitu dengan mengkaitkan kesadaran mengenai “Aku” dengan kebudayaan Madura. Pendekatan tersebut dipilih karena peneliti membutuhkan kedalaman untuk mengungkap realita di balik fenomena tersebut. Informan dalam penelitian ini adadua yaitu informan utama yaitu pemilik usaha rumahan berjumlah 2 orang, serta informan pendukung yaitu pelanggan yang berjumlah 4 orang. Situs penelitian ini dilakukan di tempat usaha yaitu Jl. K Lemah Duwur Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik penentuan harga roti dan kue yang terjadi berdasarkan perhitungan biaya bahan baku dan biaya overhead pabrik. Selain itu,juga terdapat biaya-biaya dalam mark up yang tak kasat mata. Setelah mengeksplorasi secara mendalam dari kedua hal tersebut yaitu biaya dan mark up, maka juga terdapat nilai yang terkandung dalam penentuan harga jual.Nilai-nilai yang terkandung yaitu Po Sapo Esempay (Kesetiakawanan) yang terwujud dengan adanya rasa untuk saling membantu, saudara sebagai suatu keuntungan melebihi materi, ungkapan perhatian, berbagi terhadap sesama, kebahagiaan, kepercayaan, serta melihat keadaan orang sekitar. Nilai lain yang terkandung yaitu Sokkla (Keagamaan) yang terwujud dengan adanya kepentingan untuk beramal, keyakinan akan keadilan Allah, sedekah sebagai tabungan di Akhirat, serta kepasrahan kepada Tuhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rusmiati Ningsih

Universitas Trunojoyo Madura

Robiatul Robiatul Auliyah

Universitas Trunojoyo Madura

Achdiar Redy Setiawan

Universitas Trunojoyo Madura

Referensi

Ahmad, Kamaruddin. 2013. Akuntansi Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Alimuddin. 2011. Konsep Harga Jual Islami. Jurnal Penelitian Universitas Hasanuddin

Amaliah, Tri Handayani. 2016. Nilai Nilai Budaya Tri Hita Karana dalam Penetapan Harga Jual. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Gorontalo

Amaliah, Tri Handayani. 2014. Konsep Harga Jual Berbasis Nilai- Nilai Budaya Komunitas Papalele Masyarakat Maluku. Disertasi Universitas Negeri Gorontalo

Daljono. 2011. Akuntansi Biaya. Edisi ketiga. Cetakan satu. Semarang: Bp Undip

Efferin, Sujoko. 2016. Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Spritualitas. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh

E Paper Koran Madura. Membaca Peluang Bisnis Roti. https://issuu.com/koranmadura/docs/full_version_mad¬_270114/31. Diunduh pada tanggal 9 Maret 2017

Halim, Abdul, Bambang Supomo, Muhammad Syam Kusufi. 2014. Akuntansi Manajemen. Edisi kedua. Cetakan keempat. Yogyakarta: BPFE

Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 2001. Manajemen Biaya. Buku 2. Jakarta: Penerbit Selemba Empat

Kamayanti, Ari. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh

Kamus Besar. https://www.kamusbesar.com/dadar-gulung. Diunduh pada tanggal 18 April 2017

Lestari, Arum Budi. 2014. Evaluasi Penetapan Harga Pokok Produk Roti pada UKM Roti Saudara di Banyumik. Jurnal Penelitian Universitas Dian Nuswanto Semarang

Maleong, Lexy, J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moray, Jessica Claudia. 2014. Penetapan Harga Jual dengan Cost Plus Pricing menggunakan Pendekatan Full Costing pada UD. Gladys Bakery. Jurnal Penlitian Universita Sam Ratulangi Manado

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Cetakan sebelas. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Nurpeni. 2010. Analisis Tentang Kendala Ibu Rumah Tangga Enggan Berwirausaha di Kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Universitas Lancang Kuning Pekanbaru

Peluangusaharumahan.info (2017). Usaha Produksi Kue Rumahan Sangat Menjanjikan. www.peluangusaharumahan.info/usaha-produksi-kue-rumahan-sangat-menjanjikan. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

Rifai, Mien Ahmad. 2007. Manusia Madura. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pilar Media

Royani, Syarifah. (2016, 10 Oktober). SDM Kreatif dan Berkualitas untuk Mengurangi Pengangguran. www.kompasania.com/indanaeka/sdm-kreatif-dan-berkualitas-untuk-mengurangi-pengangguran. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

Sodikin, Slamet Sugiri. 2015. Akuntansi Manajemen. Edisi kelima. Yogyakarta; UPP STIM YKPN

Soei, Christanti Natalia. 2014. Penentuan Harga Jual dengan menggunakan Metode Cost Plus Pricing pada UD. Sinar Sakti. Jurnal Penelitian Universitas Sam Ratulangi Manado

Sulpa, Nadylah. 2014. Proses Penentuan Harga Jual pada Rumah Makan Citra Minang di Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar

www.jurnalasia.id. (2016, 6 Juni). Membaca Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil. www.jurnalasia.com/ragam/membaca-peluang-usaha-rumahan-bermodal-kecil. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

Zalshabila, Shavira. 2012. Javanese Price Setting: Refleksi Fenomenologis Harga Pokok Produksi Pedagang Bakso di Kota Malang. Jurnal Penelitian Universitas Brawijaya Malang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-04-11

Cara Mengutip

Ningsih, R., Robiatul Auliyah, R., & Redy Setiawan, A. (2018). NILAI PO SAPO ESEMPAY (KESETIAKAWANAN) DAN SOKKLA (KEAGAMAAN) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL ROTI DAN KUE DI MADURA: SEBUAH STUDI FENOMADUROLOGI. Jurnal Distribusi, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i1.34