ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN ATAS DIKEMBANGKANNYA KAWASAN THE MANDALIKA

Penulis

  • Emilia Septiani Universitas Mataram
  • Junaidi Sagir Universitas Mataram
  • Sarifudin Serip Sarifudin
  • Putu Laksmita Dewi Rahmayanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.300

Kata Kunci:

Persepsi

Abstrak

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menanalisi persepsi dan sikap wisatawan atas pengembangan kawasan The Mandalika Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sample survey dengan teknik sampling menggunakan accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Alat analisis dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan mennggunakan indeks persepsi dan sikap wistawan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wisatawan domestik memiliki persepsi baik atas dikembangkannya kawasan The Mandalika dari aspek daya tarik wisata, aspek fasilitas di lokasi wisata dan aspek aksesibilitas. Persepsi yang baik dari wisatawan juga diikuti dengan sikap positif dari para wisatawan yang berkunjung ke kawasan The Mandalika dan melihat secara langsung bukti pengembangan yang telah dilakukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggela, M. M., Made, N., Karini, O., & Wijaya, S. (2018). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 5(2), 76–91. https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.V05.I02.P01

Damanik, J., & Weber, H. (2006). Perencanaan Ekowisata, Dari Teori ke Aplikasi. C.V. Andi Offset.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Liberty.

Engel, J. F. M., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen (6th ed.). Binarupa Aksara.

Estriani, H. N. (2019). Kawasan Ekonomi Khusus (Kek) Mandalika Dalam Implementasi Konsep Pariwisata Berbasis Ecotourism: Peluang Dan Tantangan. Mandala: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 2(1), 64–79. https://doi.org/10.33822/MJIHI.V2I1.995

Inskeep, E. (1991). Tourism Planning and Sustainable Development Approach. Van Nostrand Reinblod.

Ishak, I., & Tanjung, H. (2004). Manajemen Motivasi. P.T. Grasindo.

Ismayanti, I. (2010). Pengantar Pariwisata. P.T. Grasindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I dan II. P.T. Indeks.

Kusmayadi, K., & Sugiarto, E. (2000). Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. P.T. Gramedia Pustaka Utama.

Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. P.T. Grasindo.

Mathieson, A., & Wall, G. (1982). Tourism: Economic, Physical and Social Impact. Longman.

Nora, A. Y. (2018). Analisis Sikap Masyarakat Terhadap Kunjungan Wisatawan Asing Ke Pantai Parangtritis Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(1). https://doi.org/10.36594/JTEC.V1I1.21

Nursusanti, B. K. (2005). Identifikasi Persespsi dan Preferensi Wisatawan Terhadap Objek Wisata dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Cianjur.

Pendit, N. S. (1999). Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Paradnya Paraamita.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Pub. L. No. 10 (2009).

Robins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Prenada Media.

Soekadijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwiasata, Memahami Pariwisata sebagai Systematic Linkage. Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, J. W. (2003). Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga.

Suharso, S. (2009). Perencanaan Objek Wisata dan Kawasan Pariwisata. PPSUB.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. EGC.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, kepemimpinan, Dan Mahasiswa. Guepedia.

Thoha, M. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. P.T. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2013). Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. P.T. Raja Grafindo Pustaka.

Yoeti, O. A. (2010). Dasar – Dasar Pengertian Hospitaliti dan Pariwisata. P.T. Alumni Bandung.

Yulianto, E., Uziadanisah, I., Firmansyah, F., & Priyandoko, Z. (2008). Identifikasi Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Dan Pengusaha Di Kawasan Wisata Terpadu Bojongsari-Kabupaten Indramayu. http://teknik.unpas.ac.id

Zanuar, Z. A., Sendra, I. M., & Mananda, I. GPB. S. (2017). Preferensi Wisatawan Berpasangan Mancanegara Terhadap Produk Wisata Di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 5(1), 44–52. https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.V05.I01.P10

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-01

Cara Mengutip

Septiani, E., Sagir, J., Serip, S., & Rahmayanti, P. L. D. . (2023). ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN ATAS DIKEMBANGKANNYA KAWASAN THE MANDALIKA. Jurnal Distribusi, 11(1), 81–94. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.300