ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN ATAS DIKEMBANGKANNYA KAWASAN THE MANDALIKA
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.300Kata Kunci:
PersepsiAbstrak
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menanalisi persepsi dan sikap wisatawan atas pengembangan kawasan The Mandalika Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sample survey dengan teknik sampling menggunakan accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Alat analisis dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan mennggunakan indeks persepsi dan sikap wistawan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wisatawan domestik memiliki persepsi baik atas dikembangkannya kawasan The Mandalika dari aspek daya tarik wisata, aspek fasilitas di lokasi wisata dan aspek aksesibilitas. Persepsi yang baik dari wisatawan juga diikuti dengan sikap positif dari para wisatawan yang berkunjung ke kawasan The Mandalika dan melihat secara langsung bukti pengembangan yang telah dilakukan.
Unduhan
Referensi
Anggela, M. M., Made, N., Karini, O., & Wijaya, S. (2018). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 5(2), 76–91. https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.V05.I02.P01
Damanik, J., & Weber, H. (2006). Perencanaan Ekowisata, Dari Teori ke Aplikasi. C.V. Andi Offset.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Liberty.
Engel, J. F. M., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen (6th ed.). Binarupa Aksara.
Estriani, H. N. (2019). Kawasan Ekonomi Khusus (Kek) Mandalika Dalam Implementasi Konsep Pariwisata Berbasis Ecotourism: Peluang Dan Tantangan. Mandala: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 2(1), 64–79. https://doi.org/10.33822/MJIHI.V2I1.995
Inskeep, E. (1991). Tourism Planning and Sustainable Development Approach. Van Nostrand Reinblod.
Ishak, I., & Tanjung, H. (2004). Manajemen Motivasi. P.T. Grasindo.
Ismayanti, I. (2010). Pengantar Pariwisata. P.T. Grasindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I dan II. P.T. Indeks.
Kusmayadi, K., & Sugiarto, E. (2000). Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. P.T. Gramedia Pustaka Utama.
Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. P.T. Grasindo.
Mathieson, A., & Wall, G. (1982). Tourism: Economic, Physical and Social Impact. Longman.
Nora, A. Y. (2018). Analisis Sikap Masyarakat Terhadap Kunjungan Wisatawan Asing Ke Pantai Parangtritis Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(1). https://doi.org/10.36594/JTEC.V1I1.21
Nursusanti, B. K. (2005). Identifikasi Persespsi dan Preferensi Wisatawan Terhadap Objek Wisata dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Cianjur.
Pendit, N. S. (1999). Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Paradnya Paraamita.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Pub. L. No. 10 (2009).
Robins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Prenada Media.
Soekadijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwiasata, Memahami Pariwisata sebagai Systematic Linkage. Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, J. W. (2003). Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga.
Suharso, S. (2009). Perencanaan Objek Wisata dan Kawasan Pariwisata. PPSUB.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. EGC.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, kepemimpinan, Dan Mahasiswa. Guepedia.
Thoha, M. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. P.T. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2013). Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. P.T. Raja Grafindo Pustaka.
Yoeti, O. A. (2010). Dasar – Dasar Pengertian Hospitaliti dan Pariwisata. P.T. Alumni Bandung.
Yulianto, E., Uziadanisah, I., Firmansyah, F., & Priyandoko, Z. (2008). Identifikasi Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Dan Pengusaha Di Kawasan Wisata Terpadu Bojongsari-Kabupaten Indramayu. http://teknik.unpas.ac.id
Zanuar, Z. A., Sendra, I. M., & Mananda, I. GPB. S. (2017). Preferensi Wisatawan Berpasangan Mancanegara Terhadap Produk Wisata Di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 5(1), 44–52. https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.V05.I01.P10
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Emilia Septiani, Junaidi Sagir, Sarifudin, Putu Laksmita Dewi Rahmayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.