OPTIMALISASI PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MENDUKUNG WISATA HALAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v5i2.29Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran bank syariah dalam mendukung wisata halal dan untuk menganalisa potensi bank syariah dalam mendukung wisata halal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kondisi bank syariah dalam mendukung wisata halal belum melakukan sosialisasi yang efektif kepada para pelaku industri wisata, akses kantor dan jaringan atm yang masih sulit ditemui serta kurangnya promosi yang dilakukan oleh perbankan syariah sementara potensi bank syariah itu sendiri dapat melakukan inovasi produk dengan memberikan kekhususan produk pembiayaan bagi para pelaku industri wisata serta melakukan event yang menarik agar dapat merubah mindset masyarakat bahwa bank syariah merupakan bank yang inklusif dan bukan eksklusif
Unduhan
Referensi
Alamsyah, H. (2012). Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: Tantangan Dalam Menyonsong MEA 2015 (pp. 1-8). Jakarta: Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI).
Alsheran, B. A. (2010). Islamic Branding: A Conceptualization of Related Terms. Journal of Brand Management, 18(1), 34-49. doi: 10.1057
Andreani. (2007). Experiental Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1-7.
Arieffiandi, R. Y., Firdaus, M., & Sasongko, H. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kolektibilitas Pembiayaan Sektor UMKM (Studi Kasus: Bank Syariah XYZ Kantor Cabang Jakarta Barat). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2(3), 291-303. doi: 10.17538/JABM.2.3.291
Ghani, A. (2012). Konasi Masyarakat Terhadap Penggunaan Arabic Terms dan Deskripsi Finance Scheme Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah (Analisa Pada Masyarakat Kota Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 2(2), 155-166.
Ismaeel, M., & Blaim, K. (2012). Toward Applied Islamic Business Ethics: Responsible Halal Business. Journal of Management Development, 31(10), 1090-1100.
Isnandar, F. R., Firdaus, M., & Maulana, A. (2016). Strategi Peningkatan Aset PT BPR Syariah Harta Insan Karimah (HIK) Ciledug. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 12-22. doi: 10.17358/JABM.2.1.12
Junaidi. (2015). Persepsi Masyarakat Untuk Memilih dan Tidak Memilih Bank Syariah. Jurnal Fokus Bisnis, 14(2), 1-13.
Kemenpar. (2015). Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata Syariah from Kementerian Pariwisata
Ma'arif, S., & Trisnawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Miles, M. B., & Hubberman, M. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Moeleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nengsih, N. (2015). Peran Perbankan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif di Indonesia. Jurnal Etikonomi, 14(2), 221-240.
Okezone, E. (2017). Market Share Perbankan di Indonesia Hanya 5,3 Persen Di Malaysia Sudah 23,8 Persen. Keuangan Syariah. Retrieved 28 November 2017, 2017
Priyanto, T., Fahmi, I., & Ismal, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil (Equity Financing) Pada Bank Syariah X. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2(3), 281-290. doi: 10.17358/JABM.2.3.281
Putra, I. N. N. A. (2015). Riba dan Pembiayaan Dalam Konsep Hindu. Jurnal Keuangan dan Perbanakn, 19(3), 488-496.
Rivai, H. A., Lukviarman, N., Syafrizal, Lukman, S., Adrianus, F., & Masrizal. (2015). Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah VS Bank Konvensional. Jurnal CBR-Univ Andalas, 1(1), 1-17.
Rusmahafi. (2015). Upaya Penigkatan Market Share Perbankan Syariah Melalui Pariwisata Syariah dalam Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jakarta: UIN Jakarta.
Setiawan, A. B. (2006). Perbankan Syariah: Challenges and Opportunity Untuk Pengembangan di Indonesia. Jurnal Kordinat, 8(1), 1-15.
Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan Terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141-147.
Thompson, C. J., Rindfleisch, A., & Arsel, Z. (2006). Emotional Branding and The Strategic Value of The Doppelganger Brand Image. Journal of Marketing, 1(1), 50-64.
Violita, E. S., & Handarbeni, G. (2017). Analisis Efektivitas dan Tinjauan Audit Syariah Dalam Pelaksanaan dan Pengawasan Kepatuhan Syariah Pada Bank Syariah. Jurnal Riset Bisnis, 1(1), 41-50.
Wahyulina, S., Darwini, S., Retnowati, W., & Oktaryani, S. (2018). Persepsi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana Penunjang Wisata Halal di Kawasan Desa Sembalun Lawang Lombok Timur. Jurnal Magister Manajemen, 7(1), 27-39.
Wibowo, R. E., & Hadiwinoto. (2015). Pemahaman Rasional Pembiayaan Syariah, Religiusitas, Primordialisme Pengusaha dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Pengusaha Dalam Memilih Pembiayaan di Bank Syariah. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 19(1), 45-52.
Yasri. (2012). Analisis Faktor Penentu Menjadi Nasabah Bank Syariah: Perbandingan Segmen BPR Syariah dan Bank Umum/Unit Usaha Syariah di Sumatera Barat). Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 1(2), 19-44
.
Yupitri, E., & Sari, R. L. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan. Jurnal EKonomi dan Keuangan, 1(1), 46-60.