PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA PEMPEK LALA DI PASAR 26 ILIR DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KOTA PALEMBANG

Penulis

  • Putri Salsabilla UIN RF
  • Selvia Anggraini UIN RF
  • Ahmad Fathoni Fahri UIN RF
  • Rofiansyah Almatin UIN RF

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.288

Kata Kunci:

media sosial, pempel 26 ilir, perekonomian Palembang

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Ini menggambarkan hasil studi observasional dan dokum.enter. Hal ini dilakukan
untuk mengetahui peran media sosial dalam pengembangan Pempek Lala di Pasar Ilir 26
dalam meningkatkan perekonomian Kota Palembang. Area pasar 26 tempat masyarakat ilir
menguasai mata penc.aharian sebag.ai pengusa.ha Pempek. Tujuan penelitian yang dapat
dicapai adalah mem.perjelas peran media sosial dal.am menin.gkatkan perek.onomian Kota
Palembang dari toko Pempek yang ada di pasar 26 Ilir.
Metode pelaksanaannya menggunakan media sosial Instagram. Instagram dianggap
sebagai media sosial yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini. Penggunaan
fungsionalitas Instagram diharapkan dapat mendorong konsumen khususnya di Kota
Palembang untuk mengunjungi homepage Instagram yang dibuat oleh Pempek Lala. Selain
Instagram, ada cara lain untuk berjualan di platform seperti Gojek, Grab, dan Shopee.
Penelitian ini dilakukan di Outlet pempek lala dipasar 2.6 ili.r, Tala.ng Sem.ut,
Kecam.atan B.ukit K.ecil, Kota Pa.lembang, Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 04
Oktober 2022. Metode yg dipakai pada artikel ini merupakan metode kualitatif, yaitu
kum.pulan kata-ka.ta bukan an.gka, dan tidak dapat dikategori.kan/diklasifikasikan. Metode
penelitian ini merupakan metode observasi, wawancara & dokumentasi. Salah satu yang
menjadi kekuatan eko.nomi kre.atif Palembang adalah usaha pemp.ek khususnya yang ada di
wilayah pasar 26 ilir. Jadi hasil penelitian ini akan menjelaskan bagaimana peran media sosial
Terhadap Pengemb.angan Usaha Pempek Lala Dipasar 26 Ilir Dalam Men.ingkatkan
Perekono.mian Kota Palem.bang
Kata Kunci : media sosial, pempel 26 ilir, perekonomian Palembang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Rijalus Sholihin, Wahyu Arianto, Dina Fitri Khasanah. (2018). Manfaat media sosial

dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia di era digital. Prosiding Munas ke-4 dan

Call for Documents, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Hember STIE Widya

Gama Lumajang

David, L.G. & Stanley, B.D. (2002). Pengantar Manajemen Mutu 2. Edisi Bahasa Indonesia.

Jakarta: PT Prenhalindo

livia. (2018). Meningkatkan produktivitas pemasaran UMKM Kopi Mentari dengan

menggunakan analisis SWOT dan pendekatan bauran pemasaran. [skripsi] Musi Charitas

Universitas Katolik.

Suryantoro, Darwis. 2009. "e-Marketing:definisi dan strategi"

http://suryantara.wordpress.com/2009/08/05/emarketing-definisi-dan-strategy/Access Mei

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-01

Cara Mengutip

Salsabilla, P. ., Anggraini, S. ., Fahri, A. F. ., & Almatin, R. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA PEMPEK LALA DI PASAR 26 ILIR DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KOTA PALEMBANG. Jurnal Distribusi, 11(1), 95–104. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.288