PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA PEMPEK LALA DI PASAR 26 ILIR DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.288Kata Kunci:
media sosial, pempel 26 ilir, perekonomian PalembangAbstrak
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Ini menggambarkan hasil studi observasional dan dokum.enter. Hal ini dilakukan
untuk mengetahui peran media sosial dalam pengembangan Pempek Lala di Pasar Ilir 26
dalam meningkatkan perekonomian Kota Palembang. Area pasar 26 tempat masyarakat ilir
menguasai mata penc.aharian sebag.ai pengusa.ha Pempek. Tujuan penelitian yang dapat
dicapai adalah mem.perjelas peran media sosial dal.am menin.gkatkan perek.onomian Kota
Palembang dari toko Pempek yang ada di pasar 26 Ilir.
Metode pelaksanaannya menggunakan media sosial Instagram. Instagram dianggap
sebagai media sosial yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini. Penggunaan
fungsionalitas Instagram diharapkan dapat mendorong konsumen khususnya di Kota
Palembang untuk mengunjungi homepage Instagram yang dibuat oleh Pempek Lala. Selain
Instagram, ada cara lain untuk berjualan di platform seperti Gojek, Grab, dan Shopee.
Penelitian ini dilakukan di Outlet pempek lala dipasar 2.6 ili.r, Tala.ng Sem.ut,
Kecam.atan B.ukit K.ecil, Kota Pa.lembang, Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 04
Oktober 2022. Metode yg dipakai pada artikel ini merupakan metode kualitatif, yaitu
kum.pulan kata-ka.ta bukan an.gka, dan tidak dapat dikategori.kan/diklasifikasikan. Metode
penelitian ini merupakan metode observasi, wawancara & dokumentasi. Salah satu yang
menjadi kekuatan eko.nomi kre.atif Palembang adalah usaha pemp.ek khususnya yang ada di
wilayah pasar 26 ilir. Jadi hasil penelitian ini akan menjelaskan bagaimana peran media sosial
Terhadap Pengemb.angan Usaha Pempek Lala Dipasar 26 Ilir Dalam Men.ingkatkan
Perekono.mian Kota Palem.bang
Kata Kunci : media sosial, pempel 26 ilir, perekonomian Palembang
Unduhan
Referensi
M. Rijalus Sholihin, Wahyu Arianto, Dina Fitri Khasanah. (2018). Manfaat media sosial
dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia di era digital. Prosiding Munas ke-4 dan
Call for Documents, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Hember STIE Widya
Gama Lumajang
David, L.G. & Stanley, B.D. (2002). Pengantar Manajemen Mutu 2. Edisi Bahasa Indonesia.
Jakarta: PT Prenhalindo
livia. (2018). Meningkatkan produktivitas pemasaran UMKM Kopi Mentari dengan
menggunakan analisis SWOT dan pendekatan bauran pemasaran. [skripsi] Musi Charitas
Universitas Katolik.
Suryantoro, Darwis. 2009. "e-Marketing:definisi dan strategi"
http://suryantara.wordpress.com/2009/08/05/emarketing-definisi-dan-strategy/Access Mei
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putri Salsabilla, Selvia Anggraini, Ahmad Fathoni Fahri, Rofiansyah Almatin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.