STIMULI PEMASARAN SEBAGAI FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BARU
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.284Kata Kunci:
analisis faktor, sepeda motor, stimuli pemasaranAbstrak
Penjualan sepeda motor sangat meningkat dalam satu dekade terakhir di Indonesia meskipun akhirnya terjadi penurunan penjualan karena pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian sepeda motor baru adalah stimuli pemasaran dalam bentuk bauran pemasaran 4P. Tujuan penelitian adalah untuk mengelompokkan sepuluh indikator bauran pemasaran menjadi beberapa faktor. Responden dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor baru di Jakarta sebanyak 120 orang. Responden adalah pembeli sepeda motor baru pada tahun 2020-2021 yang ditemui diberbagai tempat di Jakarta seperti mal, restoran, kafe, dan pasar swalayan. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner dilakukan mulai tanggal 15 Januari 2022 sampai dengan 30 April 2022. Metode statistik menggunakan teknik Factor Analysis yang tersedia di perangkat lunak SPSS 25. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terbentuknya dua faktor. Faktor ke-1 diberi nama faktor keunggulan yang terdiri dari 6 indikator yaitu: mesin kuat ;harga tejangkau; tempat servis banyak; nyaman dikendarai; irit bensin; layanan purna jual. Faktor ke-2 diberi nama faktor aksesoris yang terdiri 4 indikator yaitu; promosi menarik; tampilan bagus; model mutakhir; warna menarik.
Unduhan
Referensi
Bashir, A.M., Bayat, A., Olutuase, S.O., & Abdul Latiff, Z.A. (2019). Factors affecting consumers’ intention towards purchasing halal food in South Africa: a structural equation modelling. Journal of Food Products Marketing, 25(1), 26-48.
Bayton, J. A., 1958, Motivation, Cognition, Learning-Basic Factors in Consumer Behavior. Journal of Marketing, 22(3), 282-289
Burnett, J. (2008). Core Concepts of Marketing. Zurich, Switzerland: Jacobs Foundation.
Goi, C. L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4Ps or more?. International Journal of Marketing Studies, 1(1), 2-16.
Jalalkamali, M., & Nikbin, D. (2010). The Effects of Motivation on Purchase Decision, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business, 2(8), 234-255.
Kerby, J.K. (1980). Factor Analysis : Key Tool in Consumer Behavior Research. Journal of the Academy of Marketing Science, 7(4) , 374-390.
Khan, M.T. (2014). The Concept of ‘Marketing Mix’ and its Elements (A Conceptual Review Paper). International Journal of Information, Business and Management, 6(2), 95-107.
Kotler, P., & Armstrong G.( 2001). Principles of Marketing, Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15 Global Edition, Pearson Education Inc.
Lim, P. L., & Yazdanifard, R. (2015). What internal and external factors influence impulsive buying behavior in online shopping?.Global Journal of Management and Business Research, 15(5), 25-32.
McCarthy, E.J., & Perreault, Jr., W.D (1990). Basic Marketing: Managerial Approach, Richard Irwin.
Muala, A. A., & Qurneh, M. A. (2012). Assessing the Relationship Between Marketing Mix and Loyalty Through Tourists Satisfaction in Jordan Curative Tourism. American Academic & Scholarly Research Journal, 4(2).
Park, E. J., Kim, E. Y., Funches, V. M., & Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web browsing, and e-impulse buying on shopping websites. Journal of Business Research, 65(11), 1583-1589.
Perreault, Jr., W.D., Cannon, J. P., & McCarthy E.J. (2017). Essentials of Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach, 15th Edition. McGraw-Hill Education.
Rajan, A.K., & Nandagopal, R. (2010). Investigation of Critical Factors in Decision Making Of Two Wheelers. The Journal Contemporary Management Research. 4(1), 1-12.
Schiffman, L.G., Kanuk L.L., 1997, Consumer Behavior, Upper Saddle River, NJ, Prentice Hall
Yue, C. Y., & Abd Razak, A. Z. (2018). Impulse buying behavior among working ladies: A literature review. International Journal of Accounting, 3(13), 26-34.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 James Rianto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.