STIMULI PEMASARAN SEBAGAI FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BARU

Penulis

  • James Rianto Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.284

Kata Kunci:

analisis faktor, sepeda motor, stimuli pemasaran

Abstrak

Penjualan sepeda motor sangat meningkat dalam satu dekade terakhir  di Indonesia meskipun akhirnya terjadi penurunan penjualan karena pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam  proses keputusan pembelian sepeda motor baru  adalah stimuli pemasaran dalam bentuk  bauran pemasaran 4P. Tujuan penelitian adalah untuk mengelompokkan sepuluh indikator bauran pemasaran menjadi beberapa faktor. Responden dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor baru di Jakarta sebanyak 120 orang. Responden adalah pembeli sepeda motor baru pada  tahun 2020-2021 yang ditemui diberbagai tempat di Jakarta seperti mal, restoran, kafe, dan pasar swalayan. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner dilakukan mulai tanggal 15 Januari 2022 sampai dengan  30 April 2022. Metode   statistik menggunakan teknik Factor Analysis yang tersedia di perangkat lunak  SPSS 25. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  terbentuknya dua  faktor. Faktor ke-1 diberi nama faktor keunggulan yang terdiri dari 6 indikator yaitu: mesin kuat ;harga tejangkau; tempat servis banyak; nyaman dikendarai; irit bensin; layanan purna jual. Faktor ke-2 diberi nama  faktor aksesoris yang terdiri 4 indikator yaitu; promosi menarik; tampilan bagus; model mutakhir;  warna menarik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bashir, A.M., Bayat, A., Olutuase, S.O., & Abdul Latiff, Z.A. (2019). Factors affecting consumers’ intention towards purchasing halal food in South Africa: a structural equation modelling. Journal of Food Products Marketing, 25(1), 26-48.

Bayton, J. A., 1958, Motivation, Cognition, Learning-Basic Factors in Consumer Behavior. Journal of Marketing, 22(3), 282-289

Burnett, J. (2008). Core Concepts of Marketing. Zurich, Switzerland: Jacobs Foundation.

Goi, C. L. (2009). A Review of Marketing Mix: 4Ps or more?. International Journal of Marketing Studies, 1(1), 2-16.

Jalalkamali, M., & Nikbin, D. (2010). The Effects of Motivation on Purchase Decision, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business, 2(8), 234-255.

Kerby, J.K. (1980). Factor Analysis : Key Tool in Consumer Behavior Research. Journal of the Academy of Marketing Science, 7(4) , 374-390.

Khan, M.T. (2014). The Concept of ‘Marketing Mix’ and its Elements (A Conceptual Review Paper). International Journal of Information, Business and Management, 6(2), 95-107.

Kotler, P., & Armstrong G.( 2001). Principles of Marketing, Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15 Global Edition, Pearson Education Inc.

Lim, P. L., & Yazdanifard, R. (2015). What internal and external factors influence impulsive buying behavior in online shopping?.Global Journal of Management and Business Research, 15(5), 25-32.

McCarthy, E.J., & Perreault, Jr., W.D (1990). Basic Marketing: Managerial Approach, Richard Irwin.

Muala, A. A., & Qurneh, M. A. (2012). Assessing the Relationship Between Marketing Mix and Loyalty Through Tourists Satisfaction in Jordan Curative Tourism. American Academic & Scholarly Research Journal, 4(2).

Park, E. J., Kim, E. Y., Funches, V. M., & Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web browsing, and e-impulse buying on shopping websites. Journal of Business Research, 65(11), 1583-1589.

Perreault, Jr., W.D., Cannon, J. P., & McCarthy E.J. (2017). Essentials of Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach, 15th Edition. McGraw-Hill Education.

Rajan, A.K., & Nandagopal, R. (2010). Investigation of Critical Factors in Decision Making Of Two Wheelers. The Journal Contemporary Management Research. 4(1), 1-12.

Schiffman, L.G., Kanuk L.L., 1997, Consumer Behavior, Upper Saddle River, NJ, Prentice Hall

Yue, C. Y., & Abd Razak, A. Z. (2018). Impulse buying behavior among working ladies: A literature review. International Journal of Accounting, 3(13), 26-34.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-01

Cara Mengutip

Rianto, J. . (2023). STIMULI PEMASARAN SEBAGAI FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BARU. Jurnal Distribusi, 11(1), 47–56. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.284