IMPLEMENTASI MATRIK DAYA TARIK INDUSTRI DAN KEKUATAN BISNIS DALAM MENENTUKAN POSISI DAN STRATEGI BISNIS CAFE DI KAWASAN WISATA SEMBALUN

Penulis

  • Rusdan Rusdan Universitas Mataram
  • Sulhaini Sulhaini Universitas Mataram
  • Rahman Dayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.272

Kata Kunci:

Daya Tarik Industri, Kekuatan Bisnis, Strategi Bisnis

Abstrak

Penelitian ini memberikan gambaran kondisi bisnis cafe yang sedang “booming” di Kawasan Wisata Sembalun pada saat Pandemi Covid-19 melanda dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi posisi bisnis cafe yang ada di Kawasan Wisata Sembalun dan memberikan alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan kepada pemilik cafe dalam upaya mengembangkan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pengidentifikasian posisi bisnis setiap cafe dengan menggunakan Matrik Daya Tarik Industri (MDTI) yang melihat hubungan antara kekuatan bisnis dengan daya tarik industri. Aspek kekuatan bisnis yang dianalisis meliputi : pangsa pasar, kualitas produk, kebijakan harga, lokasi, fasilitas khusus, prmosi, sumber daya manusia, kemampuan manajerial, dan variasi produk. Sedangkan faktor daya tarik industri yang dianalisis meliputi: daya beli konsumen, kondisi ekonomi, kondisi politik, potensi pasar, struktur persaingan, perubahan selera konsumen, kemungkinan masuknya pesaing baru.

Hasil analisis menunjukkan kedua aspek tersebut berada pada level sedang, sehingga pilihan strategi yang cocok untuk bisnis cafe di kawasan tersebut adalah Strategi Pertumbuhan Melalui Segmen Pasar, Spesialisasi, dan Investasi Selektif. Untuk mewujudkan strategi umum tersebut, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan bisnis cafenya. Penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi dalam menentukan strategi tersebut sebagai sebuah alternatif yang dapat dipilih oleh pengelola cafe dalam mengembangkan bisnisnya selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rusdan Rusdan, Universitas Mataram

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

A.Aaker, David, 2013, Manajemen Pemasaran Strategis, Penerjemah dalam bahasa Indonesia David Wijaya dkk, Salemba Empat, Jakarta.

Craven, David W, 1997, Strategic Marketing, Fifth Edition, Mc.Graw-Hill Companies, Inc.USA

Fandi Tjiptono, 2016, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta

Fred R. David, 2011, Manajemen Strategis, Konsep dan Kasus, Buku 2 Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta

Hapsari Prawitasari Putri Anjani, Penentuan Strategi Bisnis dengan Menggunakan McKinsey Matrix pada PT Wahyu Kencana Abadi, Prodi Teknik Industri, Universitas Diponegoro, Semarang

Irham Fahmi, 2017, Manajemen Strategi, teori dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2011, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta

Nana Herdiana, 2015, Manajemen Strategi Pemasaran, Pustaka Setia, Bandung

Potler E. Michael, 1993,Keunggulan Bersaing, Jakarta, Erlangga.

Rangkuti Freddy, 2004,” Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”, Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Umum.

Rachmat, 2014, Manajemen Stratejik, Pustaka Setia, Bandung

Suwarsono Muhammad, 2013, Manajemen Stratejik, Konsep dan Alat Analisis, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Siti Nurhayatri, Rancangan Strategi Pemasaran pada Perusahaan Konvensional, Kasus PT Dian Insan Cipta, Pekalongan

Yanuar Surya Putra, 2014, Analisis Matriks Boston Consulting Gropu pada Sepeda Motor Merek Honda, STIE AMA Salatiga, Among Makarti Vol.7 No.13 Juli 2014, Salatiga

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-29

Cara Mengutip

Rusdan, R., Sulhaini, S., & Dayani, R. . (2022). IMPLEMENTASI MATRIK DAYA TARIK INDUSTRI DAN KEKUATAN BISNIS DALAM MENENTUKAN POSISI DAN STRATEGI BISNIS CAFE DI KAWASAN WISATA SEMBALUN. Jurnal Distribusi, 10(2), 201–208. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.272