IMPLEMENTASI MATRIK DAYA TARIK INDUSTRI DAN KEKUATAN BISNIS DALAM MENENTUKAN POSISI DAN STRATEGI BISNIS CAFE DI KAWASAN WISATA SEMBALUN
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.272Kata Kunci:
Daya Tarik Industri, Kekuatan Bisnis, Strategi BisnisAbstrak
Penelitian ini memberikan gambaran kondisi bisnis cafe yang sedang “booming” di Kawasan Wisata Sembalun pada saat Pandemi Covid-19 melanda dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi posisi bisnis cafe yang ada di Kawasan Wisata Sembalun dan memberikan alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan kepada pemilik cafe dalam upaya mengembangkan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pengidentifikasian posisi bisnis setiap cafe dengan menggunakan Matrik Daya Tarik Industri (MDTI) yang melihat hubungan antara kekuatan bisnis dengan daya tarik industri. Aspek kekuatan bisnis yang dianalisis meliputi : pangsa pasar, kualitas produk, kebijakan harga, lokasi, fasilitas khusus, prmosi, sumber daya manusia, kemampuan manajerial, dan variasi produk. Sedangkan faktor daya tarik industri yang dianalisis meliputi: daya beli konsumen, kondisi ekonomi, kondisi politik, potensi pasar, struktur persaingan, perubahan selera konsumen, kemungkinan masuknya pesaing baru.
Hasil analisis menunjukkan kedua aspek tersebut berada pada level sedang, sehingga pilihan strategi yang cocok untuk bisnis cafe di kawasan tersebut adalah Strategi Pertumbuhan Melalui Segmen Pasar, Spesialisasi, dan Investasi Selektif. Untuk mewujudkan strategi umum tersebut, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan bisnis cafenya. Penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi dalam menentukan strategi tersebut sebagai sebuah alternatif yang dapat dipilih oleh pengelola cafe dalam mengembangkan bisnisnya selanjutnya.
Unduhan
Referensi
A.Aaker, David, 2013, Manajemen Pemasaran Strategis, Penerjemah dalam bahasa Indonesia David Wijaya dkk, Salemba Empat, Jakarta.
Craven, David W, 1997, Strategic Marketing, Fifth Edition, Mc.Graw-Hill Companies, Inc.USA
Fandi Tjiptono, 2016, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta
Fred R. David, 2011, Manajemen Strategis, Konsep dan Kasus, Buku 2 Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta
Hapsari Prawitasari Putri Anjani, Penentuan Strategi Bisnis dengan Menggunakan McKinsey Matrix pada PT Wahyu Kencana Abadi, Prodi Teknik Industri, Universitas Diponegoro, Semarang
Irham Fahmi, 2017, Manajemen Strategi, teori dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2011, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta
Nana Herdiana, 2015, Manajemen Strategi Pemasaran, Pustaka Setia, Bandung
Potler E. Michael, 1993,Keunggulan Bersaing, Jakarta, Erlangga.
Rangkuti Freddy, 2004,” Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”, Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Umum.
Rachmat, 2014, Manajemen Stratejik, Pustaka Setia, Bandung
Suwarsono Muhammad, 2013, Manajemen Stratejik, Konsep dan Alat Analisis, UPP STIM YKPN, Yogyakarta
Siti Nurhayatri, Rancangan Strategi Pemasaran pada Perusahaan Konvensional, Kasus PT Dian Insan Cipta, Pekalongan
Yanuar Surya Putra, 2014, Analisis Matriks Boston Consulting Gropu pada Sepeda Motor Merek Honda, STIE AMA Salatiga, Among Makarti Vol.7 No.13 Juli 2014, Salatiga
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rusdan Rusdan, Sulhaini, Rahman Dayani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.