PENGARUH HEDONIC DAN UTILITARIAN MOTIVE TERHADAP BRAND TRUST McDONALD’s MELALUI BRAND SATISFACTION
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.271Kata Kunci:
McDonald’s, motif hedonik, motif utilitarian, kepuasan merek, kepercayaan merekAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari motif hedonik dan utilitarian terhadap kepercayaan merek dengan dimediasi oleh kepuasan mereka pada produk merek McDonald’s. Penelitian ini dilaksanakan dengan membagikan 100 kuesioner kepada responden yang telah menkonsumsi produk McDonald’s. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode analisa jalur dengan menggunakan SEM AMOS. Dalam penelitian ini ditemukan adanya pengaruh positif dan signifikan motif hedonik dan utilitarian terhadap kepercayaan merek McDonald’s melalui kepuasan terhadap mereknya.
Unduhan
Referensi
Achmad, G.N., Syarifah Hudayah dan Zainal Ilmi. 2020. The Influence of Hedonic Value and Utilitarian Value on Brand Trust and Loyalty. Peer Reviewed – International Journal Vol.4, Issue-3.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Ballester dan Elena Delgado. 2003. Development and Validation of a Brand Trust scale. International Journal Market Research.
Blythe, Jim. 2005. Essentials of Marketing: Third edition. Essex: Pearson Education Ltd
Chaudhuri, A. dan Holbrook, M. B. 2001. The chain of effects from Brand Trust And brand affect to brand performance: The role of brand loyalty. Journal Of Marketing, Vol. 65: 81-93.
Cuong, D.T. 2020. The role of Brand Trust as a mediator in the relationship between brand satisfaction and purchase intention. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol. 24, Issue 06.
Dastan, I. dan Geçti, F. 2014. Relationships among Utilitarian and Hedonic Values, Brand Affect and Brand Trust in the Smartphone Industry. Journal of Management Research, Vol. 6 No. 2.
Durianto, Darmadi. 2001. Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset. Ekuitas dan Perilaku. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Edris, Mochamad. 2009. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus pada Detergen Merek Rinso di Kabupaten Kudus), Jurnal Manajemen Pemasaran.
Evelina, T.Y, Andriani Kusumawati, Umar Nimran dan Sunarti. 2020. The Influence of Utilitarian Value, Hedonic Value, Social Value, And Perceived Risk on Customer Satisfaction: Survey of E-Commerce Customers in Indonesia. Business: Theory and Practice, Vol. 21 Issue-2.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Forbes Media LLC: https://www.forbes.com/the-worlds-most-valuable-brands/#14073cd1119c, 2021.
Fornell, C., Johnson, M.D., Anderson, E.W., dan Cha, J. 1996. The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and Findings. Journal of Marketing, Vol. 60: 7-18.
Fusion Media Limited: https://id.investing.com/equities/mcdonalds-income-statement, 2021.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Irani, Neda, dan K.H. Hanzaee. 2011. The Effect of Variety-seeking Buying Tendency and Price Sensitivity on Utilitarian and Hedonic Value in Apparel Shopping Satisfaction. International Journal of Marketing Studies, Vol. 3 No. 3: 89-103.
Kim, H.S. 2006. Using Hedonic and Utilitarian Shopping Motivations to Profile Inner City Consumers. Journal of Shopping Center Research Vol.13 1: 57-79.
Kotler, Philip dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Lau, G.T., dan Lee, S.H. 1999. Consumers’ Trust In A Brand and The Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4:341-370.
Mehmood, K.K. dan Jalal Hanaysha. 2015. The Strategic Role of Hedonic Value and Utilitarian Value in Building Brand Loyalty: Mediating Effect of Customer Satisfaction. Pakistan Journal of Social Sciences (PJSS), Vol. 35 No. 2: 1025-1036.
Prastika, P.R. 2016. Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value terhadap Brand Trust dengan Brand satisfaction sebagai Variabel Mediasi. (Skripsi sarjana yang dipublikasikan Univ. Muhammadiyah Purworejo).
Pratiwi, A.K.A dan Suino. 2014. Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2 No.4.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk. Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana. Jakarta.
Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan. Tesis. In Media. Bandung.
Sudaryono. 2011. Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17 No. 4.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Bandung.
Tanojohardjo, G.A., Y.S. Kunto dan R.K.M.R. Brahmana. 2014. Analisa Hedonic Value dan Utilitarian Value terhadap Brand Trust Dengan Brand satisfaction sebagai Variabel Intervening Pada Produk Pewarnaan L`Oréal Professionnel. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2 No. 1: 1-11.
Utami, C.W. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Salemba Empat. Jakarta.
Walgito, Bimo. 1999. Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset. Yogyakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Gede Dimas Harikusuma, Lalu M. Furkan, Emilia Septiani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.