PENGARUH INSTAGRAM MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI KINARA SUNSET TANJUNG BIAS BEACH
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.270Kata Kunci:
Instagram, Electronic Word Of Mouth, Minat BerkunjungAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh instagram marketing dan electronic word of mouth terhadap minat berkunjung di Kinara Sunset Tanjung Bias Beach. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Kota Mataram dan Lombok Barat yang mengetahui Kinara Sunset tapi belum pernah mengunjunginya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sample survey dengan data yang diperoleh melalui kuisioner berbentuk google form dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis uji regresi linier berganda. Analisis data menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Instagram Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung pada Kinara Sunset. Begitupula dengan elektronik word of mounth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung pada Kinara Sunset.
Unduhan
Referensi
Alfian, S. 2017. Pengaruh Ewom di Istagram terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Pengunjung(Survei Pada Hawai Water Park Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 45 No.1 April 2017|, 96.
Amelia, J. R. 2020. Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Kunjung Wisatawan (Studi Akun Instagram @museum_bi dan Electronic Word of Mouth terhadap Pengikut Instagram Museum Bank Indonesia). Skripsi Universitas Pertamina .
Andriani, D. 2019. engaruh Media Sosial,Celebriti Endorser dan Elelctroik Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Burger KIng di Lombok Epicentrum Mall. Skripsi Universitas Mataram.
Anggitasari, A. M. 2016. Pengaruh Ewom Terhadap Brand Image dan Brand Trust,Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Sartphone Iphone (Studi Pada Masyarakat di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.
Aprilia, F. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunung Tempat Wisata " Jawa Timur Park 2" Kota Batu . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 24 No. 1 Juli 2015.
Ayuningtyas, Athika Sri., Achmad Fauzi Dh., & Inggang Perwangsa Nuralam. (2019). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung DenganCitra DestinasiSebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 68 No. 1. Melalui administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Еffеndy, Onong Uchjana.2003. Ilmu, Tеori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Rеmaja Rosdakarya.
Gandira, B. Z. 2017. Analisis Penerapan Electronik Word Of Mouth Pada Brand Hunblezing Melalui Media Sosial Instagram . e-Proceeding of Applied : Vol.3,No.2 Agustus 2017, 270.
Ghozali, Imam 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
(Edisi Ke-7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba 4.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara.(2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi.Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.
Konten Instgram (https://starngage.com/7-jenis-konten-untuk-ide-posting-di-instagram/),(15 Desember 2020).
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan A.B. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia:
Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Ladya, Riska. 2016. Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. Semarang: Universitas Diponegoro.
Latief, N. 2019. Pengaruh Sosial Media Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone pada DP Store Makassar. Skripsi Universiats Negri Makassar.
Lisfiyati, A. F. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Berkunjung Di Pantai Glagah Indah Yogyakarta . Skripsi STIE Pariwisata Api.
Mafiroh, F. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Akun @tamanwisatagenilangit Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Taman Wisata Geni Langit. Skripsi IAIN Ponorogo.
Nugroho, A. 2019. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram
Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kabupaten Magelang . Institut Agama Islam Negri Salatiga.
Nugroho, G. D. 2017. Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Kepuasan Tenant Mall (Studi Kuantitatif Eksplanatif di TP Mall Kota Solo Tahun 2016). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Qadri, N. A. 2017. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. skripsi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.
Sanusi. Anwar..2011..Metode Penelitian Bisnis..Salemba Empat.Jakarta.
Sari, L. I. 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Jakarta Aquarium dan Brand Image terhadap Minat Kunjung Jakarta Aquarium. Universitas Multimedia Nusantara.
Santosa, A. t. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere. Dan Ewom Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Zenbu -House Of Mozaru Paris Van java Bandung). Jurnal Manajemen Maranata,Vol. 18 Nomor 2, mei (2019).
Sugiyono. 2011. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cetakan Ke-23. ALFABETA
Wicaksono, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. JOM FISIP vol.4.2-Oktober.
Willem, T. 2020. Analisis Efektivitas Marketing Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pelanggan D'Brothers Laundry . Jurnal EMBA Vol.8 No.1 Januari 2020 , 156-165
Yoeti, O.A 2006. Tour and Travel Marketing . jakarta : PT.Pradnya Pranita.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Marisa Saopi Yanti, Rusminah HS, Emilia Septiani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.