PENGARUH HARGA DAN KREDIBILITAS SERTA BRAND PERSONALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARNIER MEN FACIAL WASH
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.258Kata Kunci:
Harga, kredibilitas, brand personality, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kredibilitas dan brand personality terhadap keputusan pembelian garnier men facial wash di kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumennya dan disebar melalui google form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pria di Kota Samarinda. Sampel yang digunakan adalah pria dengan usia 24-29 tahun di Kota Samarinda, dan diambil sebanyak 150 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu Teknik pemilihan sampel dimana seorang individu memilih sampel berdasarkan penilaian pribadi mengenai beberapa karakteristik yang sesuai dengan anggota sampel.
Hasil penelitian regresi berganda berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga, kredibilitas dan brand personality secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian garnier men facial wash. Dan dari hasil penelitian uji t diketahui variable harga, kredibilitas dan brand personality secara parsial memiliki pengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian garnier men facial wash. Untuk brand Garnien men, agar dapat mempertahankan harga yang sudah sesuai dengan manfaat yang dirasakan konsumen, mempertahankan kredibilitas yang telah dibangun agar konsumen tidak merasa kecewa dan juga lebih memperkuat brand personality agar para konsumen lebih tertarik dan tidak berpindah brand dari Garnier Men.
Unduhan
Referensi
Adlina, A. 2019. Ini 10 Brand Skincare Untuk Pria Yang Bisa Dicoba Agar Kulit Mulus. Bukalapak [online] (diupdate pada 24 Mei) . Tersedia di: https://review.bukalapak.com/mens-grooming/skincare-untuk-pria-108211 [Diakses Pada 28 September 2019].
Amalia, R. 2017. Pengaruh Kepribadian, Gaya Hidup, dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Makassar. UIN Alauddin
Aaker, D. A. 1997. Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: Free Press
Baek, Tae Hyun dan King, Karen Whitehill. 2011. Exploring the consequences of brand credibility in services. Journal of Services Marketing, Vol. 25 No. 4, hal. 260-272
Dewi, N.R.K. 2019. Pengaruh Persepsi Atas Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, dan Distribusi Pada Keputusan Pembelian Produk Skincare Garnier. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Dhevy, A.T. 2015. Pengaruh Kepribadian Merek, Perceived Value, dan Word Pf Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli. Universitas Negeri Yogyakarta
Erdem, T. dan Swait, J. 1998, Brand Equity as a signaling Phenomenon, Journal of Psychology 7 (2), 131-157
Euromonitor International. 2007. Ubersexual man the next big thing. London: Euromomitor Internatonal Online Databases.
Faisal, A 2015. Pengaruh Band Credibility Terhadap Information Efficiency dan Risk Reduction, serta Dampaknya Atas Repurchase Intention. Jurnal manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 8 No. 1, hal. 3
Gallon, V. 2012. "Male grooming: market grows at rapid pace but brands need to adapt". Premiumbeautynews, 4 september. Diakses Pada 28 September 2019. http://www.premiumbeautynews.com/en/male-grooming-market-grows- at,4457
Hurriyati, R. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung Alfabeta
Kotler, P dan Amstrong G. 2011. Marketing an Introduction. Indonesia : Perason
Kotler, Philip dan Armstrong, G. 2015. Principles of Marketing. London : Pearson Education.
Kotler, P dan Keller. 2009, Manajemen Pemasaran Jilid 1. Diterjemahan BobSabran, MM. Jakarta : Penerbit Erlangga
Kotler, P dan Armstrong, G. 2014. Principle Of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Mazunda, D. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Vearst Jeans Bandung. Universitas Pasundan
McShane, S. L dan Von Glinow, M. A. 2010. Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for The Real World. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
Nugraha, Y.A. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecenderungan Pembelian Implusif Pada Remaja Perempuan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Octavia, M. 2019. Pengaruh Reference Group dan Brand Personality Terhadap Keputusan Pembelian
Pusposari, A. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Busana Melalui Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.Institut. Agama Islam Negeri Surakarta
Qauliyah, F. 2018. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kredibilitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderesasi Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Makassar
Rahmat, I. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat
Sari, D. P dan Nuvriasari, A. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger. Universitas Mercu Buana
Shanthi, R. dan Desti Kannaniah. 2015. Consumers’ Perception on Online Shopping. Journal of Marketing and Consumer Research An International Peer-reviewed Journal, 13
Shen, C.S. 2014. An Exploratory Study Of Men’s Facial Care Products : Malaysian Gen Y Males. Universitas Tunku Abdul Rahman
Sudjatmika, F. V. 2017. Pengaruh Harga, Ulasan Peoduk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Aplikasi Tokopedia.com. Universitas Kristen Petra
Sugiarto. 2017. Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. W. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sumaryati, S. 2014. Survei Nielsen: Produk Perawatan Pria Semakin Menjadi Kebutuhan. [online] (diupdate 25 April). Tersedia di: https://swa.co.id/swa/trends/business-research/survei-nielsen-produk-perawatan-pria-semakin-menjadi-kebutuhan [Diakses Pada 28 September 2019].
Tersiana, A. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Yuliani, T. 2018. Pengaruh Brand Personality Pada Kepercayaan, Keterikatan, dan Komitmen Pengguna Merek Perguruan Tinggi Teknokrat. Universitas Lampung
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rosi Alvia Nurvi Fahlevie, Muhammad Fikry
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.