PENGUJIAN HUBUNGAN STRUKTURAL CITRA DESTINASI WISATA, KEPUASAN WISATAWAN DAN LOYALITAS WISATAWAN: KASUS PULAU LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.25Kata Kunci:
citra destinasi wisata, kepuasan wistawan, loyalitas wisatawan, Pulau Lombok, Structural Equation Modeling (SEM)Abstrak
Petumbuhan potensi wisatawan muslim yang besar selama ini belum digarap sepenuhnya oleh pelaku pariwisata Indonesia. Peluang ini telah diantisipasi oleh beberapa negara tetangga dengan mengembangkan wisata halal secara serius. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengembangkan destinasi wisata halal disamping destinasi wisata umum yang telah ada untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Potensi wisatawan muslim mancanegara yang belum dioptimalkan merupakan pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan bersama oleh stakeholders pariwisata.
Penelitian ini ditujukan untuk menguji hubungan struktural antara citra Pulau Lombok sebagai destinasi wisata halal, kepuasan wisatawan dan loyalitas wisatawan. Penelitian dilakukan di Pulau Lombok yang telah mendapatkan penghargaan sebagai destinasi wisata halal pada tahun 2015. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 150 orang wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok selama kurun waktu penelitian dilakukan. Temuan penelitian menunjukkan citra Pulau Lombok sebagai destinasi wisata halal memengaruhi kepuasan dan loyalitas wisatawan yang mengunjunginya.
Unduhan
Referensi
Artuğer, S., et. al, (2013), The effect of destination image on destination loyalty: application in Alanya, European Journal of Business and Management, 5 (13): 124-136.
Baker, D. A. & Crompton, D. L. (2000), Quality, satisfaction and behavioural intentions, Annals of Tourism Research, 27(3), pp. 785–804.
Beerli, P. A., Martın, J. D. & Moreno, G. S. (2002), Los Agentes que Conforman la Imagen de los Destinos Turısticos. I Coloquio Predoctoral Europeo de Turismo y Ocio ESADE-IMHI
Bigne´, E. & Andreu, L. (2000), The chain of the marketing of the tourist product, in J. E. Bigne´ & D. Lo´pez (Eds)Territorial Planning and Tourist marketing, pp. 113–132 (Castellon de la Plana, Spain: Universitat Jaume I).
Bigne´, E., Sa´nchez, I. & Sanz, S. (2005), Relationships among residents’image, evaluation of the stay and post-purchase behavior, Journal of Vacation Marketing, 11(4), pp. 291–299.
Bigne´, E., Sanchez, M. I. & Sanchez, J. (2001), Tourism image, evaluation variables and after purchase behaviour: Inter-relationship, Tourism Management, 22, pp. 607–616.
Bowen, D. (2001), Antecedents of consumer satisfaction and dissatisfaction (CS/D) on long haul inclusive tours: To reality check on theoretical considerations, Tourism Management, 22(1), pp. 305–314.
Coban, Suzan (2012), The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia, European Journal of Social Sciences, 29 (2), pp. 222-232
Dye, Renee., (2000), “The Buzz on Buzz” Harvard Business Review, 78 (6).
Ghozali, Imam. (2012), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro
Joreskog, K.G. and Sorbom, D. (1982), Recent Developments in Structural Equation Modeling. Journal of Marketing Research, 19, 404-416
Kotler, P., dan K. L. Keller. (2008), Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Lobato, L.H., et.al. (2006), “Tourism Destination Image, Satisfaction and Loyalty: A Study in Ixtapa-Zihuatanejo, Mexico”, Tourism Geographies, 8(4), pp.343–358
Lovelock Christopher. et al., (2010) Pemasaran Jasa, Edisi 7, Jilid 2. Erlangga: Jakarta
Pitana, I G., dan I K. S. Diarta. (2009), Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi: Yogyakarta.
Prayag, G. (2008), “Image, Satisfaction and Loyalty-The Case of Cape Town”, Anatolia: An International Journal of Tourism and Hospitality Research, 19, (2), pp. 205-224.
Silverman, George. (2001). The Secrets of Word of Mouth Marketing. How Trigger
Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. USA: American Library Association
Sobel, M. E. (1982), Asymptotic confidence intervals for indirect effect in structural equation models. In S. Leinhardt (Ed.), Sociological Methodology 1982 (pp. 290-312). Washington DC: American Sociological Association
Sun, X., et al. (2013), Developing destination loyalty: The case of Hainan Island. Annals of Tourism Research, 43: 547-577.
Tasci, A.D.A., dan Gartner, W.C. (2007), Destination image and its functional
relationships. Journal of Travel Research, volume 45, halaman 413–425.
Tjiptono, Fandy (2008), Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Dwi Putra Buana Sakti, Siti Nurmayanti, Hermanto Hermanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.