PENGUJIAN HUBUNGAN STRUKTURAL CITRA DESTINASI WISATA, KEPUASAN WISATAWAN DAN LOYALITAS WISATAWAN: KASUS PULAU LOMBOK

Penulis

  • Dwi Putra Buana Sakti Universitas Mataram
  • Siti Nurmayanti Universitas Mataram
  • Hermanto Hermanto Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.25

Kata Kunci:

citra destinasi wisata, kepuasan wistawan, loyalitas wisatawan, Pulau Lombok, Structural Equation Modeling (SEM)

Abstrak

Petumbuhan potensi wisatawan muslim yang besar selama ini belum digarap sepenuhnya oleh pelaku pariwisata Indonesia. Peluang ini telah diantisipasi oleh beberapa negara tetangga dengan mengembangkan wisata halal secara serius. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengembangkan destinasi wisata halal disamping destinasi wisata umum yang telah ada untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Potensi wisatawan muslim mancanegara yang belum dioptimalkan merupakan pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan bersama oleh stakeholders pariwisata.

Penelitian ini ditujukan untuk menguji hubungan struktural antara citra Pulau Lombok sebagai destinasi wisata halal, kepuasan wisatawan dan loyalitas wisatawan. Penelitian dilakukan di Pulau Lombok yang telah mendapatkan penghargaan sebagai destinasi wisata halal pada tahun 2015.  Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 150 orang wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok selama kurun waktu penelitian dilakukan. Temuan penelitian menunjukkan citra Pulau Lombok sebagai destinasi wisata halal memengaruhi kepuasan dan loyalitas wisatawan yang mengunjunginya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dwi Putra Buana Sakti, Universitas Mataram

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

Siti Nurmayanti, Universitas Mataram

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

Hermanto Hermanto, Universitas Mataram

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram

Referensi

Artuğer, S., et. al, (2013), The effect of destination image on destination loyalty: application in Alanya, European Journal of Business and Management, 5 (13): 124-136.

Baker, D. A. & Crompton, D. L. (2000), Quality, satisfaction and behavioural intentions, Annals of Tourism Research, 27(3), pp. 785–804.

Beerli, P. A., Martın, J. D. & Moreno, G. S. (2002), Los Agentes que Conforman la Imagen de los Destinos Turısticos. I Coloquio Predoctoral Europeo de Turismo y Ocio ESADE-IMHI

Bigne´, E. & Andreu, L. (2000), The chain of the marketing of the tourist product, in J. E. Bigne´ & D. Lo´pez (Eds)Territorial Planning and Tourist marketing, pp. 113–132 (Castellon de la Plana, Spain: Universitat Jaume I).

Bigne´, E., Sa´nchez, I. & Sanz, S. (2005), Relationships among residents’image, evaluation of the stay and post-purchase behavior, Journal of Vacation Marketing, 11(4), pp. 291–299.

Bigne´, E., Sanchez, M. I. & Sanchez, J. (2001), Tourism image, evaluation variables and after purchase behaviour: Inter-relationship, Tourism Management, 22, pp. 607–616.

Bowen, D. (2001), Antecedents of consumer satisfaction and dissatisfaction (CS/D) on long haul inclusive tours: To reality check on theoretical considerations, Tourism Management, 22(1), pp. 305–314.

Coban, Suzan (2012), The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia, European Journal of Social Sciences, 29 (2), pp. 222-232

Dye, Renee., (2000), “The Buzz on Buzz” Harvard Business Review, 78 (6).

Ghozali, Imam. (2012), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro

Joreskog, K.G. and Sorbom, D. (1982), Recent Developments in Structural Equation Modeling. Journal of Marketing Research, 19, 404-416

Kotler, P., dan K. L. Keller. (2008), Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lobato, L.H., et.al. (2006), “Tourism Destination Image, Satisfaction and Loyalty: A Study in Ixtapa-Zihuatanejo, Mexico”, Tourism Geographies, 8(4), pp.343–358

Lovelock Christopher. et al., (2010) Pemasaran Jasa, Edisi 7, Jilid 2. Erlangga: Jakarta

Pitana, I G., dan I K. S. Diarta. (2009), Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi: Yogyakarta.

Prayag, G. (2008), “Image, Satisfaction and Loyalty-The Case of Cape Town”, Anatolia: An International Journal of Tourism and Hospitality Research, 19, (2), pp. 205-224.

Silverman, George. (2001). The Secrets of Word of Mouth Marketing. How Trigger

Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. USA: American Library Association

Sobel, M. E. (1982), Asymptotic confidence intervals for indirect effect in structural equation models. In S. Leinhardt (Ed.), Sociological Methodology 1982 (pp. 290-312). Washington DC: American Sociological Association

Sun, X., et al. (2013), Developing destination loyalty: The case of Hainan Island. Annals of Tourism Research, 43: 547-577.

Tasci, A.D.A., dan Gartner, W.C. (2007), Destination image and its functional

relationships. Journal of Travel Research, volume 45, halaman 413–425.

Tjiptono, Fandy (2008), Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-12

Cara Mengutip

Buana Sakti, D. P., Nurmayanti, S., & Hermanto, H. (2018). PENGUJIAN HUBUNGAN STRUKTURAL CITRA DESTINASI WISATA, KEPUASAN WISATAWAN DAN LOYALITAS WISATAWAN: KASUS PULAU LOMBOK. Jurnal Distribusi, 6(2), 15–23. https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.25