PERAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN HYPERMART DIKOTA PEKANBARU: A Gender Perspective

Penulis

  • Muhalida Zia Ibhar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Frinov Feldiko Ibhar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.230

Kata Kunci:

Gender, Protokol kesehatan, Retail dan keputusan pembelian

Abstrak

Salah satu dampak pandemi covid 19 di Indonesia adalah berubahnya perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini ingin melihat perubahan yang terjadi menurut Gender antara laki-laki dan perempuan dalam melakukan keputusan pembelian setelah adanya aturan penerapan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan oleh perusahaan menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih tempat mereka berbelanja. Penelitian ini dilakukan pada Hypermart di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari protokol kesehatan terhadap keputusan pembelian pelanggan yang dilihat dari perspektif gender. Penelitian ini mengambil Sampel sebanyak 400 pelanggan aktiv. Penelitian ini mengggunakan metode purposive sampling dan Analisis SEM (Structural Equation Modelling) merupakan analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen dengan jenis kelamin perempuan lebih setuju dengan diterapkan nya protokol kesehatan dan memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada konsumen laki-laki. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkan nya protokol kesehatan yang baik terhadap keputusan pembelian konsumen. Penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh hypermart secara konsisten dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Perusahaan harus memandang protokol kesehatan ini sebagai kebutuhan bagi konsumen disaat pendemi covid 19 walaupun biaya yang dimunculkan cendrung mahal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrianti, N., & Rahmiati, C. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 113–124.

Indonesia, B. (2021). Pertumbuhan Retail. Bank Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Dirección de marketing (Decimocuarta ed.). Naucalpan de Juárez: Pearson Education.

Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdown Untuk Mengatasi Wabah Covid-19 (Efforts to Defend the Country Through Social Distancing and Lockdown to Overcome the COVID-19 Plague). Available at SSRN 3576405.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-29

Cara Mengutip

Ibhar, M. Z., & Feldiko Ibhar, F. (2022). PERAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN HYPERMART DIKOTA PEKANBARU: A Gender Perspective. Jurnal Distribusi, 10(1), 75–80. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.230