PERAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN HYPERMART DIKOTA PEKANBARU: A Gender Perspective
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.230Kata Kunci:
Gender, Protokol kesehatan, Retail dan keputusan pembelianAbstrak
Salah satu dampak pandemi covid 19 di Indonesia adalah berubahnya perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini ingin melihat perubahan yang terjadi menurut Gender antara laki-laki dan perempuan dalam melakukan keputusan pembelian setelah adanya aturan penerapan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan oleh perusahaan menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih tempat mereka berbelanja. Penelitian ini dilakukan pada Hypermart di Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari protokol kesehatan terhadap keputusan pembelian pelanggan yang dilihat dari perspektif gender. Penelitian ini mengambil Sampel sebanyak 400 pelanggan aktiv. Penelitian ini mengggunakan metode purposive sampling dan Analisis SEM (Structural Equation Modelling) merupakan analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen dengan jenis kelamin perempuan lebih setuju dengan diterapkan nya protokol kesehatan dan memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada konsumen laki-laki. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkan nya protokol kesehatan yang baik terhadap keputusan pembelian konsumen. Penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh hypermart secara konsisten dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Perusahaan harus memandang protokol kesehatan ini sebagai kebutuhan bagi konsumen disaat pendemi covid 19 walaupun biaya yang dimunculkan cendrung mahal.
Unduhan
Referensi
Afrianti, N., & Rahmiati, C. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 113–124.
Indonesia, B. (2021). Pertumbuhan Retail. Bank Indonesia.
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Dirección de marketing (Decimocuarta ed.). Naucalpan de Juárez: Pearson Education.
Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdown Untuk Mengatasi Wabah Covid-19 (Efforts to Defend the Country Through Social Distancing and Lockdown to Overcome the COVID-19 Plague). Available at SSRN 3576405.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhalida Zia Ibhar,S.Pd.,M.Ed, Frinov Feldiko Ibhar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.