PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE, DAN FINANCIAL SELF EFFICACY TERHADAP SAVING BEHAVIOR PADA PENGGUNA E-COMMERCE GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.228Kata Kunci:
Saving Behavior, Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Self EfficacyAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah financial knowledge, financial attitude, dan financial self-efficacy berpengaruh terhadap saving behavior. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei atau pembagian kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah partial least squere (PLS). Dari hasil analisis diketahui bahwa variabel financial knowledge dan financial attitude memiliki pengaruh signifikan positif, sedangkan financial self-efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap saving behavior pada pengguna e-commerce generasi Z.
Unduhan
Referensi
Adityandani, W., & Haryono, N. A. (2019). Pengaruh demografi, financial attitude, financial knowledge, dan suku bunga terhadap perilaku menabung masyarakat kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 316–326.
Ahmad, N. W., Yunus, M. M., Baharudin, N. A., Johari, N., & Ripain, N. (2015). Determinant of saving behavior among staff in international islamic university college Selangor. 239–245. https://doi.org/10.2991/iceb-15.2015.35
Azzahra, H. (2020, November 29). Dampak virus corona terhadap sifat konsumtif masyarakat. kumparan. Diakses pada 22 Oktober 2021, dari https://kumparan.com/halizaazzahra01/dampak-virus-corona-terhadap-sifat-konsumtif-masyarakat-1ugJpjvXnee
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Hasil sensus penduduk 2020. Diakses pada 27 Desember 2021, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Fitri, A. N. (2020, October 16). Ada pandemi, kebiasaan berbelanja masyarakat kombinasi antara online dan offline. kontan.co.id. Diakses pada 22 Oktober 2021, dari https://industri.kontan.co.id/news/ada-pandemi-kebiasaan-berbelanja-masyarakat-kombinasi-antara-online-dan-offline
Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling, metode alternatif dengan partial least square (PLS) (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gin, G. (2020, November 5). Dampak online shop di masyarakat dalam masa pandemi covid-19. sukabumiupdate.com. Diakses pada 22 Oktober 2021, dari https://sukabumiupdate.com/posts/78021/dampak-online-shop-di-masyarakat-dalam-masa-pandemi-covid19
Ismail, S., Koe, W.-L., Mahphoth, M. H., Karim, R. A., Yusof, N., & Ismail, S. (2020). Saving behavior determinants in Malaysia: An empirical investigation. 2020, 731–743. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6639
Kholilah, N. A., & Iramani, Rr. (2013). Studi financial management behavior pada masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 69–80. http://dx.doi.org/10.14414/jbb.v3i1.255
Lidwina, A. (2021, June 9). Gaji generasi z dan milenial banyak dibelanjakan di e-commerce. katadata.co.id. Diakses pada 22 Oktober 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/gaji-generasi-z-dan-milenial-banyak-dibelanjakan-di-e-commerce
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Mahdzan, N. S., & Tabiani, S. (2013). The impact of financial literacy on individual saving: An exploratory study in the Malaysian context. Transformations in Business & Economics, 12(1), 41–55.
Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). Self-control sebagai moderasi antara pengetahuan keuangan, financial attitude, dan uang saku terhadap perilaku menabung. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 83–98. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.11872
Patinews. (2020, November 19). Perilaku konsumtif, ancaman baru di tengah pandemi covid-19. patinews.com. Diakses pada 22 Oktober 2021, dari https://www.patinews.com/perilaku-konsumtif-ancaman-baru-di-tengah-pandemi-covid-19/
Rahmawati, D., & Asandimitra, N. (2018). The influence of demography, social environment and financial self-efficacy toward saving behaviour. The 2nd Social Sciences, Humanities and Education, 222, 102–106. https://doi.org/10.2991/soshec-18.2018.22
Rakhmah, D. N. (2021, February). Gen z dominan, apa maknanya bagi pendidikan kita? Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendeidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses pada 22 Oktober 2022, dari https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita
Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, uang saku terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan financial self-efficacy sebagai variabel intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70.
Sekarwati, M. A. & Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa perguruan tinggi negeri Surabaya. INOVASI, 16(2), 268–275. https://doi.org/10.29264/jinv.v16i2.7720
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Sukarno, P. A. (2021, April 19). Ada pandemi, jumlah transaksi dan pelaku UMKM di e-commerce melesat. bisnis.com. Diakses pada 22 Oktober 2021, dari https://m.bisnis.com/amp/read/20210429/12/1388059/ada-pandemi-jumlah-transaksi-dan-pelaku-umkm-di-e-commerce-melesat
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Raynaldi Leroy Tendean, Bernadicta Thasia Charista, Mariana Ing Malelak
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.