ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT UMUM TERHADAP PRODUK INVESTASI SYARIAH DAN KEPUTUSAN UNTUK BERINVESTASI
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i1.21Kata Kunci:
Persepsi masyarakat, produk investasi syariah, keputusan berinvestasiAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat umum Kota Mataram dalam hal produk dan lembaga keuangan yang menyediakan produk investasi syariah serta keputusan masyarakat dalam berinvestasi produk syariah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeks persepsi masyarakat dan pengambilan keputusan berdasarkan jawaban “Ya” atau “Tidak” dari responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat umum Kota Mataram terhadap produk investasi syariah adalah baik. Namun masyarakat masih memiliki keragu-raguan terhadap prinsip syariah yang digunakan oleh lembaga keuangan syariah, baik lembaga keuangan bank maupun bukan bank. Dari 100 orang responden penelitian, 58 orang memutuskan untuk berinvestasi produk syariah.
Unduhan
Referensi
Agustianto. (2001). Konsep dan Sistem Perbankan Syariah. Medan: FKEBI – SU.
Andreany, Dita. (2011). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil dan Non-Performing Financing Terhadap Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Aceh: Simposium Nasional Akuntans XIV; Aceh, 21-22 Juli 20111.
Antonio, Muhammad Syafi’i. (2001). Bank Syariah Bagi Banker dan Praktisi Keuangan. Jakarta: Tazkia Institute.
. (2001). Bank Syariah dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.
Ariani, Dian. (2007). Persepsi Masyarakat Umum Terhadap Bank Syariah di Medan. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Bank Indonesia. (2002). Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia.
Bank Indonesia. (2007). Kebijakan Akselerasi Pengembangan Perbankan Syatriah Indonesia 2007-2008. Jakarta: Direktorat Perbankan Syariah.
Bank Indonesia. (2007). Kodifikasi Produk Perbankan Syariah. Jakarta: Bank Indonesia.
Bitta, Albert J. Della & David L. Loudon. (1993). Consumer behaviour (4th). New Jersey: Prentice Hall.
Departemen Keuangan Republik Indonesia. (2009). Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel Seri SR 001. Jakarta: Deaprtemen Keuangan Republik Indonesia.
Dharmmesta, Basu Swastha. (1998). Theory of Planned Behaviour dalam Penelitian Sikap, Nilai dan Perilaku Konsumen, KELOLA; No. 18/VII/1998.
Dini, Aprilia Wahyu. (2007). Analisis Preferensi Nasabah Bank Syaria Di Kota Surakarta. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Dixon, Rob. (1992). Islamic Banking, The International Journal of Bank Marketing Vol.10 Iss.6; p.32-37.
Hamidi, M. Luthfi. (2003). Jejak-Jejak Ekonomi Syariah. Jakarta: Senayan Abadi Publishing.
Handoko, Luqman Hakim. (2017). Potret Industri Keuangan Syariah, Berita IAIN Surakarta. Rujukan: http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/16/03/28/o4qo3q12-potret-industri-keuangan-syariah
Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Howard, J.A and Shay, R.P. (1988). Measuring The Effect of Marketing Information on Buying Intention, The Journal of Service Marketing; Vol.2, Iss.4 Fall; p.27-36.
Kasmir. (2007). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Keenam. Jakarta: Rajawali Pers.
Khan, M and Mirakhor, A. (1989). The Financial System and Monetary Policy in an Islamic Economy, JKAU: Islamic Economics; 1 (1); p.39-57.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasarn Edisi 12 Jilid I, Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: P.T. Indeks.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Ajen. (2009). Analisis Persepsi Petani Terhadap Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus di Kecamatan Dramega Kabupaten Bogor). Skripsi Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.
Rusdan, dkk. (2014). Persepsi dan Sikap Masyarakat Lingkar Gunung Rinjani Terhadap Industri Pariwisata (Suatu Upaya Menyongsong Rinjani sebagai Geopark Dunia), Laporan Penelitian. Magister Manajemen, Universitas Mataram.
Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media.
Stanton, William J. (2003). Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Emilia Septiani, Budi Santoso, Mulyadi Mulyadi, Muhdin Muhdin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.