PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU MEMILIH BANK SYARIAH MELALUI KEPERCAYAAN MEREK (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.20Kata Kunci:
Religiusitas, Kepercayaan Merek, Keputusan KonsumenAbstrak
Konstruk dan fenomena budaya telah menjadi kajian yang sangat penting dalam konsep perilaku konsumen. Selama ini belum banyak kajian yang menyertakan peranan agama sebagai unsur kebudayaan terkait perilaku konsumen, terutama dalam menggunakan religiusitas sebagai pengukurnya serta keterkaitannya dengan kepercayaan merek. Perkembangan perbankan syariah menjadi hal yang menarik untuk dikaji, terutama terkait dengan merek yang menunjukkan kekhasannya dan menggambarkan dasar kegiatan yang berbasis syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat religiusitas individu terhadap perilaku dalam memilih bank syariah, baik secara langsung atau dimediasi oleh variabel kepercayaan merek. Penelitian dilakukan di Kota Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan pada 100 responden. Data diolah dengan Analisis Jalur menggunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel religiusitas terhadap perilaku nasabah dalam memutuskan memilih perbankan, serta kepercayaan merek terbukti memediasi pengaruh tersebut. Hasil ini memperkuat teori atau temuan empiris sebelumnya bahwa religiusitas menjadi prediktor penting bagi perilaku konsumen.
Unduhan
Referensi
Abhimantara, Maulanan, Agustianingsih, 2013, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) memilih Menabung Pada Bank Syariah, Proceeding PESAT, 5 Oktober, 2013, ISSN 1858-2559
Bank Indonesia.2014.Statistik Perbankan syariah.www.bi.go.id.
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: the Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 65(April), 81-93.
Delener, N. (1994). Religious Contrast in Consumer Decision Behavior Patterns: Their Dimension and Marketing Implications. European Journal of Marketing, 28, 36-53.
Departemen Keuangan. 2014. Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia.www.perpustakaan.depkeu.go.id.
Ferdinand Augusty,(2011), Metode Penelitian Mananajemen, Pedoman untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, Seri Pustaka Kunci 10/2011, BP Undip, ISBN 979-704-254-5
Haque, A., Rahman, S., & Haque, M. (2011). Religiousity, Ethnocentrism and Corporate Image Towards the Perception of Young Muslim Consumers: Structural Equation Modelling Approach. European Journal of Social Sciences, 23(1), 98-108.
Hawkins, D. I., Best, R. J., & Coney, K. A. (2004). Consumer Behavior - Building Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill.
Heri, H. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Studi Pada PDAM Provinsi Riau). Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya.
Karim, Adiwarman. 2011. Bank islam: Analisis Fiqih dan Keungan. Jakarta: Rajawali Press.
Khraim, H. (2010, November). Measuring Religiousity in Consumer Research from Islamic Perspective. International Journal of Marketing Studies, 2(2), 166-179.
Kim, S., David, S., & Zafer, B. (2004). The Influence of Religion on Attitudes Towards the Advertising of Controversial Products. European Journal of Marketing, 38(5/6), 537-555.
Kotler, Phillip, (2003), Marketing Management, Eleventh Edition, International Edition, Prentice Hall
Lestari, Alfi Mulikhah, 2015, Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan terhadap Preferensi menabung pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya
McCort, D., & Malhotra, N. (1993). Culture and Consumer Behavior: Toward and Understanding of Cross-Cultural Consumer Behavior in International Marketing. Journal of International Consumer Marketing, 6(2), 91-127.
Mokhlis, S. (2007). Consumer Religiosity and Shopping Behavior in Kuala Lumpur. Malaysian Management Journal, 11(1), 87- 101.
Mokhlis, S. (2009, July). Relevancy and Measurement of Religiosity in Consumer Behavior Research. International Business Research, 2(3), 75-84.
Rivai, Lukviarman, Syafrizal, Lukman, Andrianis, Masrizal, 2013, Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah vs Bank Konvensional
Saeed, M., Ahmed, Z., & Mukhtar, S.-M. (2001). International Marketing Ethics from an Islamic Perspective: A Value-Maximization Approach. Journal of Business Ethics, 32, 127-142.
Santoso, Sinarasri, 2013, Analisis Religiusitas, Pemahaman Produk, dan Sistem Pembiayaan Syariah Dengan Sikap Pengusaha
Schiffman, Leon, Kanuk, (2007), Consumer Bahavior,7thEd, Kasip, Zoelkifli (penerjemah), Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Indeks, Jakarta
Lau, G. T., & Lee. (1999). Customer's Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, IV,341-370. http://dx.doi.org/10.1023/A:1009886520142
Wilson, J. A., & Liu, J. (2011). The Challenges of Islamic Branding: Navigating Emotions and Halal. Journal of Islamic Marketing, 2(1), 28-42. http://dx.doi.org/10.1108/17590831111115222
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Baiq Handayani Rinuastuti, Sri Darwini, Eka Agustiani, Imanuella Romaputri Andilolo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.