STRATEGI DIGITAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID- 19: STUDI UMKM DI KOTA METRO

Penulis

  • Gustarina Andini UIN Raden Intan Lampung
  • Moh. Bahrudin UIN Raden Intan Lampung
  • Ruslan Abdul Ghofur UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.199

Kata Kunci:

Strategi, Digital Marketing, UMKM, Pandemi Covid-19

Abstrak

Beberapa pelaku UMKM Kuliner di Kota Metro dimasa Covid-19, mengalami penurunan penjualan. Salah satunya Kripik Pisang Tunas. Hal ini menyebabkan pelaku usaha mengalami kerugian yang cukup signifikan. Oleh karena itu, perlu strategi yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang terjadi misalnya dengan melakukan strategi penggunaan digital marketing. Penelitian ini menjelaskan efektifitas penggunaan digital marketing dalam meningkatkan penjualan pelaku usaha kuliner, khususnya Kripik Pisang Tunas Metro di masa pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Sebelum adanya pandemi covid-19 penjualan Kripik Pisang Tunas mengalami peningkatan tetapi tidak signifikan. Setelah adanya pandemi covid-19 dengan merubah pemasaran yang sebelumnya offline menjadi digital marketing maka penjualan mengalami peningkatan secara signifikan karena jangkauan pemasaran yang semakin luas. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM yang memanfaatkan digital marketing mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

WHO (2020).WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020.

Data Dinas Koperasi, UMK, Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro 2020 Worldometers (2021).

Halim, Abdul. 2020. “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan 1(2):157–72.

Hui, David S., Esam I Azhar, Tariq A. Madani, Francine Ntoumi, Richard Kock, Osman Dar, Giuseppe Ippolito, Timothy D. Mchugh, Ziad A. Memish, Christian Drosten, Alimuddin Zumla, and Eskild Petersen. 2020. “The Continuing 2019-NCoV Epidemic Threat of Novel Coronaviruses to Global Health — The Latest 2019 Novel Coronavirus Outbreak in Wuhan, China.” International Journal of Infectious Diseases 91:264–66. doi: 10.1016/j.ijid.2020.01.009.

International Labour Organization. 2020. “Survei Usaha Terdampak COVID-19: Ketahanan Hidup Perusahaan Hampir Habis, Pekerjaan Semakin Terancam.” Risalah ILO 1–6.

Murtiadi, Murtiadi. 2019. “Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Mission X Transtv.” J-Ika 6(1):11–23. doi: 10.31294/kom.v6i1.5197.

Saifuddin, Muchammad. 2021. “Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Bisnis Terapan 5(1):115–24. doi: 10.24123/jbt.v5i1.3028.

Sarmigi, Elex. 2020. “Analisis Pengaruh Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM Di Kabupaten Kerinci.” Al-Dzahab 1(1):1–17.

Sugiyono. 2017. “Download Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan r & d Sugiyono Pdf Click Here to Get File.” 380.

Ulya, Husna Ni’matul. 2020. “Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan.” El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 3(1):80–109. doi: 10.21154/elbarka.v3i1.2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Andini, G. ., Bahrudin, M. ., & Abdul Ghofur, R. (2022). STRATEGI DIGITAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID- 19: STUDI UMKM DI KOTA METRO. Jurnal Distribusi, 10(2), 209–216. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.199