ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v5i2.18Abstrak
Abstak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kinerja dan harapan atas pelayanan pendidikan serta mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara menggunakan kuesioner. Populasi adalah semua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang masih aktif sebanyak 3.524 orang, dipilih 150 responden sebagai sampel berdasarkan pertimbangan kemudahan (convenience sampling). Variabel pelayanan pendidikan dalam penelitian ini terdiri atas lima dimensi yaitu Reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik, yang selanjutnya dijabarkan menjadi 44 indikator.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa (67%) meyatakan bahwa pelayanan pendidikan FEB Unram sudah baik. Pelayanan pendidikan di FEB Unram memiliki skore rata-rata kinerja sebesar 3,84. Jika dihubungkan antara kinerja dan harapan pelayanan pendidikan pada FEB Unram menunjukkan bahwa tingkat pencapaian harapan pelayanan pendidikan masih di bawah 100% yaitu sebesar 84,5%. Hal ini berarti mahasiswa masih tidak puas atas pelayanan pendidikan FEB Unram. Berdasarkan Diagram Kartesius diperoleh bahwa pelayanan pendidikan FEB Unram kecendrungan berada pada kuadran 2 (dua), yang bermakna semua unsur pelayanan pendidikan harus tetap dipertahankan.Unduhan
Referensi
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, Edisi Revisi 2010
Assail, H. 2004. Consumer Behavior : A Strategic Approach. Houghton Miffin Company. USA.
Assauri, S. 1999. Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep,dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.
Asubonteng, P., K J. McCleary., dan J. E. Swan. 1996. SERVQUAL Revisited : A Critical Review Of Service Quality. The Journal Of Service Marketing. Santa Barbara. Vol. 10, Iss 6; pg. 62
Blumberg, B., D. R. Cooper., dan P. S. Schindler. 2005. Business Research Methods. McGraw-Hill, United Kingdom.
Cooper, D. R., dan P. S. Schindler. 2006. Marketing Research. Eight Edition. McGraw-Hill. New York
Cravens, D.W. 2006. Pemasaran Strategis. Terjemahan Lina Salim. Jakarta: Erlangga.
Evans, J. R., dan W. Lindsay. 2009. The management and Control Of Quality. Sixth Edition. Thomson, Singapore
Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Irawan d, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kedelapan PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi Kesembilan, Jilid 1&2. Salemba Empat : Prentice Hall.
Kotler ,Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesembilan. Indeks kelompok gramedia . Jakarta
Kotler, P., dan Amstrong. 2005. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Terjemahan Alexandor Sindoro. Jakarta: Pernhallindo.
Kotler, P. and Kervin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I & II. PT. Indeks, PT. Mancana Jaya Cemerlang, Jakarta.
Lovelock, C., dan J. Wirtz. 2007. Service Marketing : people, Technology, Strategy.Sixth Edition. Pearson Prentive Hall. USA
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Malhotra, N. K. 2007. Marketing Research : An Applied Orientation. Pearson Prentice Hall, United States Of America.
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.