ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM

Penulis

  • Junaidi Sagir Universitas Mataram
  • Alamsyah Abubakar Universitas Mataram
  • Emilia Septiani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.176

Kata Kunci:

kualitas layanan, kepuasan mahasiswa, analisis kinerja dan kepentingan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengukuran kepuasan dibandingkan dengan kinerja terhadap layanan pendidikan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, dengan model servqual dari Parasuraman et.al. yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Responden terdiri 135 orang mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling dari 3 jurusan yang terbagi merata masing-masing 45 orang mahasiswa setiap jurusan. Data dianalisis dengan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) atau Indek Kepuasan mahasiswa (IKM) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari Analisis tersebut ditemukan bahwa: rata-rata tingkat kepuasan layanan pendidikan mendapatkan skor 15,5 dengan IKM=72,48% yang berada pada level “Memuaskan” dengan kualitas layanan berkategori “Baik”. Tidak terdapat kesenjangan yang lebar antara tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan (harapan) pada ketiga jurusan yang diteliti. Untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa, pimpinan perlu memperhatikan dimensi yang mendapatkan kepuasan terendah seperti pada dimensi tangible antara lain terdiri dari toilet, sarana ibadah, sarana oleh raga, penyediaan kantin, dan sarana pelengkap lainnya. Disamping itu perlu meningkatkan kepekaan dosen dan pegawai untuk memperlancar urusan mahasiswa terutama dalam proses pembimbingan skripsi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Alak, Basher A and Ahmad Salih Mheidi Alnaser, 2012. Assessing the Relationship Between Higher Education Service Quality Dimensions and Student Satisfaction, Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(1): 156-164,

Arikunto, suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan raktek Jakarta: PT Renika Cipta

Arikonto Suharsimi,. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assail, H. 2004. Consumer Behavior: A Strategic Approach. Houghton Mifflin Company. USA.

Assauri, S. 1999. Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.

Cooper, D. R., dan P. S. Schindler. 2006. Marketing Research. Eight Edition. McGraw-Hill. New York

Cravens, D.W. 2006. Pemasaran Strategis, Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Irawan d, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kedelapan PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2016: Marketing Management, 12th Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi Kesembilan, Jilid 1&2. Salemba Empat: Prentice Hall.

Kotler ,Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesembilan. Indeks kelompok gramedia. Jakarta

Kotler, P., dan Amstrong. 2005. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Terjemahan Alexandor Sindoro. Jakarta: Pernhallindo.

Kotler, P. and Kervin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I & II. PT. Indeks, PT. Mancana Jaya Cemerlang, Jakarta.

Lele, Milliand M & Sheth, Jagdish N, 1991: The customer is key: gaining an unbeatable advantage through customer satisfaction, John Wiley & Sons

Lovelock, C., dan J. Wirtz. 2007. Service Marketing: people, Technology, Strategy.Sixth Edition. Pearson Prentive Hall. USA

Malhotra, N. K. 2007. Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson Prentice Hall, United States of America.

Manzoor, Hasnain (2013): Measuring Student Satisfaction in Public and Private University in Pakistan, Global Journal Of management And Business Research Interdiciplinary.

Motefakker, Niloofar (2016) : The study of the level of satisfaction of the students of faculty of social sciences with Wefare Services of Imam Khomeini International University of Qazvin, Procedia of Economics and Finance.

Rambat, Lupiyoadi, & Ikhsan, Ridho Bramulya, 2015: Praktikum Metode Riset Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Rambat, Lupiyoadi, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Startup, Richard, 2015: Student Satisfaction with academic services, Educational Research, Swansea.

Sigit, Soehardi, 1999 : Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis, Manajemen.

Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016 Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widodo, Sanusi Mulyo dan Sutopo, Joko, 2018, Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer, Jurnal Informatika Upgris Vol 4 No.1 2018.

Yola, Melva dan Duwi Budianto: Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vo. 12 No. 12 April 2013.

Yousapronpaiboon, Khancitpol 2014, SERVQUAL: Measuring higher education service quality in Thailand, Procedia Social and Behavioral Sciences.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-14

Cara Mengutip

Sagir, J. ., Abubakar, A., & Septiani, E. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM. Jurnal Distribusi, 9(2), 237–256. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.176