ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.176Kata Kunci:
kualitas layanan, kepuasan mahasiswa, analisis kinerja dan kepentinganAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengukuran kepuasan dibandingkan dengan kinerja terhadap layanan pendidikan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, dengan model servqual dari Parasuraman et.al. yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Responden terdiri 135 orang mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling dari 3 jurusan yang terbagi merata masing-masing 45 orang mahasiswa setiap jurusan. Data dianalisis dengan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) atau Indek Kepuasan mahasiswa (IKM) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari Analisis tersebut ditemukan bahwa: rata-rata tingkat kepuasan layanan pendidikan mendapatkan skor 15,5 dengan IKM=72,48% yang berada pada level “Memuaskan” dengan kualitas layanan berkategori “Baik”. Tidak terdapat kesenjangan yang lebar antara tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan (harapan) pada ketiga jurusan yang diteliti. Untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa, pimpinan perlu memperhatikan dimensi yang mendapatkan kepuasan terendah seperti pada dimensi tangible antara lain terdiri dari toilet, sarana ibadah, sarana oleh raga, penyediaan kantin, dan sarana pelengkap lainnya. Disamping itu perlu meningkatkan kepekaan dosen dan pegawai untuk memperlancar urusan mahasiswa terutama dalam proses pembimbingan skripsi.
Unduhan
Referensi
Al-Alak, Basher A and Ahmad Salih Mheidi Alnaser, 2012. Assessing the Relationship Between Higher Education Service Quality Dimensions and Student Satisfaction, Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(1): 156-164,
Arikunto, suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan raktek Jakarta: PT Renika Cipta
Arikonto Suharsimi,. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assail, H. 2004. Consumer Behavior: A Strategic Approach. Houghton Mifflin Company. USA.
Assauri, S. 1999. Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.
Cooper, D. R., dan P. S. Schindler. 2006. Marketing Research. Eight Edition. McGraw-Hill. New York
Cravens, D.W. 2006. Pemasaran Strategis, Jakarta: Erlangga.
Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Irawan d, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kedelapan PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2016: Marketing Management, 12th Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi Kesembilan, Jilid 1&2. Salemba Empat: Prentice Hall.
Kotler ,Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesembilan. Indeks kelompok gramedia. Jakarta
Kotler, P., dan Amstrong. 2005. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Terjemahan Alexandor Sindoro. Jakarta: Pernhallindo.
Kotler, P. and Kervin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I & II. PT. Indeks, PT. Mancana Jaya Cemerlang, Jakarta.
Lele, Milliand M & Sheth, Jagdish N, 1991: The customer is key: gaining an unbeatable advantage through customer satisfaction, John Wiley & Sons
Lovelock, C., dan J. Wirtz. 2007. Service Marketing: people, Technology, Strategy.Sixth Edition. Pearson Prentive Hall. USA
Malhotra, N. K. 2007. Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson Prentice Hall, United States of America.
Manzoor, Hasnain (2013): Measuring Student Satisfaction in Public and Private University in Pakistan, Global Journal Of management And Business Research Interdiciplinary.
Motefakker, Niloofar (2016) : The study of the level of satisfaction of the students of faculty of social sciences with Wefare Services of Imam Khomeini International University of Qazvin, Procedia of Economics and Finance.
Rambat, Lupiyoadi, & Ikhsan, Ridho Bramulya, 2015: Praktikum Metode Riset Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Rambat, Lupiyoadi, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Startup, Richard, 2015: Student Satisfaction with academic services, Educational Research, Swansea.
Sigit, Soehardi, 1999 : Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis, Manajemen.
Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016 Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widodo, Sanusi Mulyo dan Sutopo, Joko, 2018, Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer, Jurnal Informatika Upgris Vol 4 No.1 2018.
Yola, Melva dan Duwi Budianto: Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vo. 12 No. 12 April 2013.
Yousapronpaiboon, Khancitpol 2014, SERVQUAL: Measuring higher education service quality in Thailand, Procedia Social and Behavioral Sciences.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Junaidi Sagir, Alamsyah Abubakar, Emilia Septiani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.