ANALISIS PENGGUNAAN FASILITAS TARIK TUNAI SALDO GOPAY MELALUI ATM XXX DENGAN MEKANISME TARIK TUNAI TANPA KARTU DI JAKARTA

Penulis

  • Even Sitompul Universitas Mercu Buana
  • Sugeng Santoso Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.171

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Finansial Teknologi, Teknologi Informasi

Abstrak

Perbankan merupakan penyedia jasa layanan keuangan yang menjadi pilihan utama masyarakan dalam pemenuhan kebutuhan yang berhubungan dengan finansial. Namun dengan meningkatnya mobilitas serta kebutuhan masyarakat terhadap kemudahan transaksi finansial, maka timbul beragam inovasi berbasis teknologi yang bertujuan untuk memenuhi aktivitas masyarakat dengan aman, nyaman dan cepat. Salah satu metode layanan jasa keuangan yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia adalah financial technology (fintech). Fintech merupakan penggabungan sistem keuangan dengan teknologi dengan tujuan mempertajam, mengubah, dan mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan. Go-Pay adalah salah satu fintech di Indonesia yang merupakan layanan mobile payment yang terdapat pada platform Go-Jek. Go-Pay disediakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi proses transaksi yang dilakukan dalam Go-Jek. Agar perbankan tidak kalah bersaing dengan Fintech, maka perlu adanya penyesuaian serta kerja sama dengan tujuan saling memperkuat potensi bisnis. PT. XXX (XXX) melakukan kolaborasi bersama Go-Pay dalam mekanisme tarik tunai Go-Pay melalui mesin ATM XXX dengan mekanisme Tarik Tunai Tanpa Kartu sebagai bentuk sinergi perbankan dengan fintech agar dapat memudahkan transaksi masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat penggunaan fasilitas tersebut khususnya pada masyarakat di Jakarta

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Allen, F; Mcandrews, J; and P. Strahan. (2002). E-Finance: An Introduction. Journal of Financial Services Research, 22:1/2 5-27.

Carney, M. (2016). Enabling the Fintech Transformation: Revolution, Restoration, or Reformation. BoE Speech.

DeYoung, R. (2001). The Financial Performance of Pure Play Internet Banks. Economic Perspectives. Vol. 25(1):60-75.

DeYoung, R. (2001). The Financial Progress of Pure Play Internet Banks. BIS paper no 7

Fadila and D. Ridho. (2013). Perilaku Konsumen. Palembang: Citrabooks

Fitriana & Soetjipto, B. E. (2015). The Analysis of Factors Affecting Customer Loyalty at McDonald. IJABER 13(9), 6853-6871

Hajjat, M. M. & Hajjat, F. (2014). The Effect of Product Quality on Business Performance in Some

Arab Companies. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences 5(5), 498508.

Hudson and Evans. (2005). The Journal of Economic and Social Policy. Vol.10, Article 3

J. Peter. (2014). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Jakarta: Salemba Empat,

Meifang, Y., He, D., & Zheng Xianrong, X. X. (2018). Impact of Payment Technology Innovations on the Traditional Financial Industry: A Focus on China. Journal of Technological Forecasting and Social Change, 199-2017.

Malhotra, P. and Singh. (2009). The Impact of Internet Banking on Bank Performance and Risk: The Indian Experience” Eurasian Journal of Business and Economics. Vol 2 (4): 43-62.

Mardiyanto, Handono. (2009). Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta. Grasindo Onay, Ceylan; Ozsoz, Emrr; Helvacioglu, Ash Debiz. (2008). The Impact of Internet Banking on Banks Profitability - The Case of Turkey”. Oxford Business and Economics Program.

P. Kotler and K. L. Keller. (2015). Marketing Management. Harlow: Pearson Education

P. Ristiyanti. (2004). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, Sugeng (2020). Optimizing Access to Financial Capital of Creative Economy for Startups Towards Global Competitiveness, BECOSS (Business Economic, Communication, and Social Sciences), 2(2), 13-21. DOI: https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i2.6246.

Santoso, S.; Nurzaki, A.; Santoso, A.; Benawan, C.; Wahyudin, D. (2020). Kinerja PT. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Dengan Supply Chain Operation Reference, Jurnal Distribusi, 8(2), 255-266. DOI: 10.29303/ distribusi.v8i2.136.

Santoso, S.; Natanael, A.; Fatmawati, A.A.; Griselda, A.; Khoirunnisa, J.; Simanjuntak, M.; Bagus, A. A. R. (2021). Analisis Pengembangan Platform Ekspor Sub Sektor Kuliner Tinjauan Dari Model Sistem Inovasi, Jurnal Distribusi, 9(1), 29-38. DOI: 10.29303/distribusi.v9i1.151.

Alika, V. A.; Santoso, S.; Nurmaliki, S.; Anisa, N. (2021). Marketing Strategy Sharia Financial Institutions to Promote Sharia Fintech and Micro and Small Enterprises (MSES). Proceedings of the 1st MICOSS Mercu Buana International Conference on Social Sciences, MICOSS 2020, EAI. doi:10.4108/eai.28-9-2020.2307373.

Rahma Septi Anzelina, Sugeng Santoso, Luthfi Aulia Safari, Dimas Iskandar, Fery Erwanda. (2021). Pembiayaan Dan Manfaat Financial Technology (Fintech) Syariah Pada 212 Mart, Syi’ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 5(1), 68-92. DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v5i1.9889.

Putro, S, S; Santoso, S. (2021). Desain Konseptual Digitalisasi Manajemen Mutu Pada Industri FMCG, Jurnal Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 147-162. DOI:10.22441/mix.2021.v11i2.001.

KH Solaiman; Redata, L.; Kezia, R.; Santoso, S. (2021). Analisis Korelasi Pendampingan Komunitas Terhadap Inovasi Pelaku Ekonomi Kreatif Dan Pemenuhan Kebutuhan Konsumen: Studi Kasus Pada Komunitas Tangerang Berdaya Dan Pelaku Ekonomi Kreatif Kuliner Tangerang. Business Management Journal, 17(1), 1-19. doi:10.30813/bmj.

Yuliana, Vinsia dan Santoso, Sugeng (2021). Re-engineering and Technology Development on Reference Sample of Business Process (Case Study on Health Laboratory Service Company). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2). Page 212-222.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-14

Cara Mengutip

Sitompul, E., & Santoso, S. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN FASILITAS TARIK TUNAI SALDO GOPAY MELALUI ATM XXX DENGAN MEKANISME TARIK TUNAI TANPA KARTU DI JAKARTA. Jurnal Distribusi, 9(2), 221–236. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.171