PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DIKAWASAN WISATA KULINER PANTAI KOLO

Penulis

  • Sri Ernawati zunaidin sekolah tinggi ilmu ekonomi bima
  • Harry Nurdin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Sulhaini Sulhaini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.169

Kata Kunci:

Kelompok Referensi, Keputusan Berkunjung, Wisata Kuliner

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap terhadap Keputusan Berkunjung dikawasan wisata kuliner pantai Kolo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu asosiatif, lokasi penelitian di Kota Bima. Populasi dalam penelitian inin adalah semua konsumen yang pernah berkunjung dikawasan wisata kuliner pantai Kolo, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan quesioner dengan pengukuran skala likert Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data penelitian yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket/koesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Referensi berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung dikawasan wisata kuliner pantai Kolo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggriani Melia, Fitriani & Sanjaya F Vicky, (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomak Vol. 6 No. 3, Hal 1-8

Anoraga Jalasena Bintang, Iriani Setyi Sri, (2014). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Bintang Jalasena Anoraga, Sri Setyo Iriani. Bisma ( Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 6 No. 2. Hal. 139-147

Faadhilah, F, Novia. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 133–142.

Fitria Sarah, Artanti Yessy, (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Volume 8, Nomor 1, Hal 37-47. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/bisnis/index DOI : 10.21043/bisnis.v8i1.6732

Ghozali, Imam.(2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Harnoto, T., Budi, Y., & Silintowe, R. (2018). Keputusan Pembelian Smartphone Oleh Mahasiswa : Kelompok Acuan Atau Gaya Hidup. Journal Ilmu Komunikasi, 30(2), 181–197. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/download/1708/1188

Hoonsopon, D., & Puriwat, W. (2016). The effect of reference groups on purchase intention: Evidence in distinct types of shoppers and product involvement. Australasian Marketing Journal, 24(2), 157–164. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2016.05.001

Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nellyaningsih, Hidayat Rahmat, (2019). Analisis Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi. Jurnal AKRAB JUARA Vol. 4 No. 4, Hal 144-155

Oetoro, S., Parengkuan, E. (2012). Smart Eating. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Oktavianingsih Isnaeni & Setyawati Abrilia Hariri, (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap keputusan Pembelian Helm Merek INK. JIMMBA ( Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen, bisnis dan akuntasi). Vol. 2 No. 4, Hal 619-630

Peter, J Paul and Jerry C Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Terjemahan oleh Diah Tantri Dwiandani Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santosa Deana Allicia & Chayaningtya Dwi Indyra, (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen. Vol 6 No. 2, Hal 67-73. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Sianturi evanina, Erida, Nifita Titi Ade. (2012). Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menggunakan BlackBerry. Vol 1 N0. 2. ISSN: 2302-4682.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wilna Elsa, Lubis Nawazirul Prabawani Bulan, ( 2015). Pengaruh Promosi dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Tabungan Simpedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Brigjen Sudiarto Semarang. JIAB( Jurnal Administrasi Bisnis),Vol. 4 No. 2. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/index

Wibowo, A. F., & Riyadi, E. S. hendro. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Prestise Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-14

Cara Mengutip

zunaidin, S. E., Nurdin, H., & Sulhaini, S. (2021). PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DIKAWASAN WISATA KULINER PANTAI KOLO. Jurnal Distribusi, 9(2), 161–170. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.169