ANALISIS KEPERCAYAAN GENERASI MILENIAL TERHADAP LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Penulis

  • Emilia Septiani
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Mataram
  • Sarifudin Serip Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.163

Kata Kunci:

kepercayaan, generasi milenial, lembaga keuangan syariah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepercayaan generasi milenial terhadap lembaga keuangan syariah. Kepercayaan generasi milenial mengacu pada prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang terdiri dari keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi, kewajaran dan shariah compliance. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sampel survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 150 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan generasi milenial terhadap lembaga keuangan syariah tinggi. Hal ini membuktikan bahwa para generasi milenial yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada dasarnya sudah memiliki kepercayaan yang baik terhadap operasionalisasi lembaga keuangan syariah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atmojo, A. R. D. 2012. Persepsi Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Museum Mulawarman Tenggarong. Jurnal Penelitian Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda. Diakses tanggal 22 Januari 2018. Dari http://www.karyailmiah.polnes.ac.id.

Agustianto. 2001. Konsep dan Sistem Perbankan Syariah. Medan: FKEBI – SU.

Bank Indonesia. 2009. Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/33/PBI/2009. Jakarta: Bank Indonesia.

Barnes, James G. 2003. Secret of Customer Relationship Management. New York: McGraw-Hill.

Billah, Zahida I’tisoma. 2019. Pengenalan Investasi Akhirat Melalui Gerakan Nabung Wakaf Untuk Generasi Milenial. Prosiding Annual Conference for Muslim Scholar UIN Sunan Ampel Surabaya, hal. 129 – 136.

Cordington, Graeme and Sue Grant-Marshal. Update Edition 2011 (originally: 2004): Understanding Different Generations: Own Your Past, Know Your Generation, Choose Your Future ISBN: 978-0143528418 ASIN: B009TRAAAA.

Cooper, Rich. 2012. The Milenial Generation: Research Review. Washington D.C.: National Chamber Foundation (U.S Chamber of Commerce).

Das, S. C. (2017). Financial Literacy among Indian Millennial Generation and their Reflections on Financial Behaviour and Attitude : .... (September).

de Bassa Scheresberg, C. (2013). Financial literacy and financial behavior among young adults: Evidence and implications. Numeracy, 6(2), 1–21.

DSN MUI. 2003. Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional Edisi 2. Jakarta: DSN-MUI dan Bank Indonesia.

Friedline, T., & West, S. (2016). Financial education is not enough: Millennials may need financial capability to demonstrate healthier financial behaviors. Journal of Family and Economic Issues, 37(4), 649–671.

Junusi, Rahman El. Implementasi Syariah Governance Serta Implikasinya Terhadapa Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Jurnal Al-Tahrir, Vol.12, No.1, hal. 91 – 115.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasarn Edisi 12 Jilid I, Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: P.T. Indeks.

Larasati, Niken Febria. 2019. Analisis Perilaku Generasi Milenial Terhadap Niat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Thesis Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lestari. 2015. Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan terhadap Preferensi Menabung pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 3 (No 1).

Maski, Ghozali. 2010. Analisis keputusan nasabah menabung: Pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1).

Morgan, Robert M. and Shelby D. Hunt. 1994. The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, 58 (3): 20-38.

Mottola, G. R. 2014. The Financial Capability of Young Adults — A Generational View. FINRA Foundation Financial Capability Insights, March(March), 1–12. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3800.5281

Ningtyas, Mega Noerman. 2019. Literasi Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Vol 13, No. 1. Hal. 20 – 27.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 2018. Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Tahun 2018. Jakarta: OJK.

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Septiani, Emilia dkk. 2018. Analisis Persepsi Masyarakat Umum Terhadap Produk Investasi Syariah dan Keputusan Untuk Berinvestasi. Jurnal Distribusi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol.6 No.1; hal 55-68.

Simbolon, Permadi. 2019. Teori Generasi dan Pembentukan Karakter Anak. Artikel diakses melalui https://www.indonesiana.id/read/112536/teori-generasi-dan-pembentukan-karakter-anak pada 27 Januari 2020, Pukul 20.05 WITA.

Strauss, W. and Howe, N. 1991. Generasi: Sejarah Amerika Masa Depan, 1594 ke 2069. New York: William Morrow & Co.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardayati, Siti Maria. 2011. Implikasi Shariah Governance Terhadap Keputusan dan Kepercayaan Bank Syariah. Jurnal Walisongo, Vol.19, No.1; hal 1 – 24.

Yanuar, Surya Putra. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti, Vol.19, No.18.

https://ntb.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/2019 (Diakses Pada 27 Januari 2020, Pukul 20.43 WITA).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-14

Cara Mengutip

Septiani, E., Mulyadi, M., & Serip, S. (2021). ANALISIS KEPERCAYAAN GENERASI MILENIAL TERHADAP LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Jurnal Distribusi, 9(2), 147–160. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.163