PEMETAAN PERSEPTUAL KONSUMEN KAIN TENUN SASAK MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

Penulis

  • Handayani Rinuastuti Universitas Mataram
  • Lalu Suparman Universitas Mataram
  • Thatok Asmony Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.159

Kata Kunci:

Persepsi, Multi Dimensional Scaling, Kain Tenun sasak

Abstrak

Kain tenun memiliki posisi yang sangat penting dalam masyarakat adat Sasak. Akan tetapi, kerajinan kain khas Lombok ini kini kian sulit bertahan di tengah produk tenun dari luar daerah yang membanjiri gerai-gerai baik yang berada di kawasan wisata maupun perdagangan. Di sisi lain, wisatawan atau konsumen yang membeli produk kain tenun seringkali tidak bisa membedakan antara tenun Sasak dengan tenun daerah lain, bahkan antara kain tenun yg di hasilkan antara desa yang satu dengan desa lainnya. Akibatnya tenun Sasak menjadi susah bersaing. Oleh karena itu tenun Sasak perlu diperkenalkan kualitas dan kekhasannya dibanding dengan tenun dari daerah lainnya, bahkan kekhasan antara tenun dari satu desa dengan desa lainnya. Karenanya diperlukan kajian dan analisis secara ilmiah, sehingga memberikan solusi yang lebih tepat yang bertujuan untuk memetakan persepsi konsumen melalaui Analisis Multi Dimensional Scaling (MDS). Penelitian ini melibatkan 103 responden yang mengetahui tentang kain tenun Sukarara, Sade dan Pringgasela. Hasil MDS menunjukan bahwa, kain  Sukarara  dinilai  sangat  berbeda  dengan  Pringgasela, sedangkan kain tenun Sade memiliki kemiripan dengan kain tenun  Sukarara dan Pringgasela. Terdapat dua attribut yang menjadi ciri kain tenun suku Sasak yaitu perawatan cukup mudah dan warna cerah, akan tetapi memiliki persepsi yang berbeda pada beberapa atribut lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

AL. Yuriansyah, Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen, Management Analysis Journal, 2013, journal.unnes.ac.id

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

LAK, Nusarika, NM., Purmain, Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi Pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar, 2015, E-Jurnal Manajemen, ojs.unud.ac.id

Marpaung, B., D, Formian, Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kain Tenun Tarutung Jenis Tumtuman di Kota Medan, 2019, repository. uhn.ac.id

Marianti, MM., Istiharini, Analisis Karakteristik dan Perilaku Konsumen tenun Songket Palembang, 2014, Research Report Humanities and Social Science, journal unpar.ac.id

NLPS.Wulandari, NW Ekawati, Peran kepercayaan Dalam memediasi Persepsi Nilai Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan, 2015, E- Jurnal Manajemen, ojs.unud.ac.id

Sariade, L., H. Harubas, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Kain Tenun Khas Button di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betaambari, 2019, ejournal.unidayan.ac.id

Saluita, Dewi, Analisis Pengembangan Produk Kerajinan Kain tenun Ikat Desa Rembitan (Studi kasus di Dusun Sade Kabupaten Lombok Tengah), 2019, ummat repository

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Suharno dan Sutarso, Yudi. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarwan, U, Simanjuntak, J., Persepsi dan Preferensi Iklan mempengaruhi Niat Beli Anak Pada Produk Makanan Ringan, 2012, ithh.journal.ipb.ac.id

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Widjaja, A., Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK, 2014, Publication. Petra.ac.id

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-23

Cara Mengutip

Rinuastuti, H., Suparman, L., & Asmony, T. (2021). PEMETAAN PERSEPTUAL KONSUMEN KAIN TENUN SASAK MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING. Jurnal Distribusi, 9(1), 99–108. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.159