PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI GOFOOD

Penulis

  • Rusminah Rusminah Universitas Mataram
  • Hilmiati Hilmiati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.158

Kata Kunci:

persepsi manfaat, persepsi kemudahan, penggunaan aplikasi GoFood.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemanfaatan dan perspsi kemudahan  penggunaan terhadap   Aplikasi GoFood   pada konsumen di kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota  Mataram  yang menggunakan  aplikasi GoFood, dengan sampel  sebanyak 100 responden . Teknik pengambilan sampel dengan teknik  Non-Probability sampling dengan metode Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan , angket dan dokumentasi. Tehnik analisia untuk menguji hipotersis adalah analisa regresi berganda.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa persepsi mamfaat dan persepsi kemudahan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi  GoFood   pada konsumen di kota Mataram, sehingga disarankan kepada pada pihak Gojek untuk lebih mengoftimalkan pelayanan  dan jaminan keaamanan serta terus melakukan pemulihan dengan meningkatkan kemudahan teknologi, agar konsumen dapat berinteraksi dengan  lebih mudah , nyaman dan aman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bhilawa, L.2010. Analisis Penerimaan Mobile Banking (m-banking) dengan pengalaman (Experience) sebagai variabel External dengan menggunakan Pendekatan Technogy Acceptance Model (TAM). Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol.13 No.5 : pp319-339.

Dastgir, M, and A. S. Morteznie. 2012. “ Factors Affeefting The End-User Computing Satisfaction”. Business Integence Journal,55(2):292:298.

Ghozali, Imam . 2012. Aplikasi Analisis Multi Variate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, Hm. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan . Yogjakarta : Andi.

Kadir, Abdul. 2003. Pengendalian Sistem Informasi Keperilakuan . Yogjakarta : Andi.

Nasution. 2004. Perceived of Use, Sistem Informasi Manajemen . Sanjaya.

Santoso, B. 2014. Pengaruh perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi ( Studi Empiris di Kabupaten Sragen).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trissantama, Lucky. (20120. Model Penerimaan Teknologi dalam Penggunaan Facebook Sebagai Media Promosi. Skripsi FISIP Universitas Lampung. Lampung.

Winayu, N.Y. (2013). Pengaruh Kepercayaan Perceived Ease of Use dan Percived Usefulness terhadap Minat Menggunakan E- Commerce Forum Jual Beli Kaskus. Skripsi UNY. Yogjakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-23

Cara Mengutip

Rusminah, R., & Hilmiati, H. (2021). PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI GOFOOD. Jurnal Distribusi, 9(1), 87–98. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.158