PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI GOFOOD
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.158Kata Kunci:
persepsi manfaat, persepsi kemudahan, penggunaan aplikasi GoFood.Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemanfaatan dan perspsi kemudahan penggunaan terhadap Aplikasi GoFood pada konsumen di kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Mataram yang menggunakan aplikasi GoFood, dengan sampel sebanyak 100 responden . Teknik pengambilan sampel dengan teknik Non-Probability sampling dengan metode Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan , angket dan dokumentasi. Tehnik analisia untuk menguji hipotersis adalah analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mamfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi GoFood pada konsumen di kota Mataram, sehingga disarankan kepada pada pihak Gojek untuk lebih mengoftimalkan pelayanan dan jaminan keaamanan serta terus melakukan pemulihan dengan meningkatkan kemudahan teknologi, agar konsumen dapat berinteraksi dengan lebih mudah , nyaman dan aman.
Unduhan
Referensi
Bhilawa, L.2010. Analisis Penerimaan Mobile Banking (m-banking) dengan pengalaman (Experience) sebagai variabel External dengan menggunakan Pendekatan Technogy Acceptance Model (TAM). Skripsi Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol.13 No.5 : pp319-339.
Dastgir, M, and A. S. Morteznie. 2012. “ Factors Affeefting The End-User Computing Satisfaction”. Business Integence Journal,55(2):292:298.
Ghozali, Imam . 2012. Aplikasi Analisis Multi Variate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto, Hm. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan . Yogjakarta : Andi.
Kadir, Abdul. 2003. Pengendalian Sistem Informasi Keperilakuan . Yogjakarta : Andi.
Nasution. 2004. Perceived of Use, Sistem Informasi Manajemen . Sanjaya.
Santoso, B. 2014. Pengaruh perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi ( Studi Empiris di Kabupaten Sragen).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trissantama, Lucky. (20120. Model Penerimaan Teknologi dalam Penggunaan Facebook Sebagai Media Promosi. Skripsi FISIP Universitas Lampung. Lampung.
Winayu, N.Y. (2013). Pengaruh Kepercayaan Perceived Ease of Use dan Percived Usefulness terhadap Minat Menggunakan E- Commerce Forum Jual Beli Kaskus. Skripsi UNY. Yogjakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rusminah Rusminah, Hilmiati Hilmiati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.