ANALISIS STRATEGI TOKO/RITAIL TRADISONAL DALAM PENGHADAPI MINIMARKET /RITAIL MODERN DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.156Kata Kunci:
Manajemen Strategi, Toko tradisional, minimarket.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi toko/ritail tradisional dalam menghadapi minimarket/ritail modern modern, disamping itu untuk mengetahui alternatf strategi yang tepat dari toko/ritail tradisional dalam menghadapi minimarket/riteil modern. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif terapan. Jumlah populasi dalam penelitian ini pengusaha, pengelola toko tradisional, masyarakat/konsumen sekitar toko/minimarket, metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode sample survey. dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Probability Sampling. Jenis data adalah data kualitatif dan kualitatif. Prosedur analisis yang digunakan adalah analisis lima kekuatan Porter, analisa SWOT, analisis Faktor Internal & Analisis Faktor Eksternal dan analisis Matriks SPACE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Berlian Porter, pasar tradisional (toko kelontong) memiliki keunggulan yang didukung oleh kondisi faktor, kondisi permintaan, industri terkait dan pendukung, peran pemerintah dan kesempatan. Strategi yang dapat direkomendasikan adalah 1) Strategi S-O: membangun konsep onestop shopping dan tetap menggunakan sitem tradisional, tidak swalayan. 2) Strategi S-T: menjaga dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, pertahankan imege toko dan membuat standarisasi pelayanan. 3) Strategi W-O memanfaatkan bantuan KUR dan laba penjualan untuk memperbaiki kekurangan toko serta memperluas jaringan dan mencari pasokan barang di tempat yang murah. 4) Strategi W-T: meningkatkan kualitas pelayanan sebagai upaya dalam mempertahankan pelanggan, dan membuat standarisasi pelayanan. Sedangkan berdasarkan analisis IFAS, EFAS, dan matriks Space di temukan bahwa took/retail tradional harus menggunakan strategi yang agresif dalam menghadapi toko/retail modern.
Unduhan
Referensi
________, 2008, Pengelolaan Barang Dagangan dalam Bisnis Ritel, Penerbit Bayu Media No. ISBN 978-979-3323-93-0
________, 2010, Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi ke 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. No. ISBN 978-9799061-127-6
________, 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2 Penerbit Bayu Media No. ISBN 978-602-9136-00-5
________, 2008, Pemenang Hibah Penulisan Buku Teks Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
________, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.
________, Peraturan Menteri Kementerian Perdagangan Nomor 70/M-Dag/Per/12/2013 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.
Adiyana, Setiawan. 2015. Analisis Tingkat Efektivitas Dan Daya Saing Program Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin.E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 4.04, Issn: 2337-3067, pp. 265-281.
Arianty Nel, 01 April 2013. Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 13 No. Issn 1693-7619.
Bakhri Syaeful. Maret 2017.Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Keberadaan Pasar Modern Di Kabupaten Cirebon “Eko-Regional, Vol.12, No.1.
Didik, Pudjo Musmedi, Ika, Barokah S, 2012, Strategi Pemasaran Ritel Tradisional di Wilayah Perkotaan Jember (tahap II), Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing 2012; L28, Unej,
Dwiyananda, O.M Dan Mawardi, I. September 2015. Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Promosi Ritel Modern Terhadap Keberlangsungan Usaha Ritel Tradisional di Gresik.Jestt Vol. 2 No. 9, 761-762.
Fita Nurhadiyanti Januari-Maret 2012. Gurita Neoliberalisme pasar Modern Dan Pasar Tradisional Di Kota Surabaya, Jurnal Politik Muda, Vol 2 No.1
Fred R. David. 1996. Strategic Management. Edisi ke Enam.Prentice Hall lnternatianal, Inc., Francis Marian University.
Kusnadi Dedek. Januari-Juni 2013.Implementasi Kebijakan Penataan Ritel Tradisional dan Modern di Kota Jambi. Jejaring Administrasi Publik. Th V. Nomor 1
Martini, Budhiasa, dan Soares. may 2017. Anticipated Effort in Modern Growth Of Traditional Market Development Strategy in Bali Indonesia. International Journal of Social Science and Economics Invention (IJESSI), ISSN - 2455-6289, volume 03 issue 02.
Nurmalasari Devi. 2007. AnalisisFaktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Saing dan Preferensi Masyarakat dalam Berbelanja di Pasar Tradisional. Skripsi.Institut Pertanian Bogor.
Priyono, MM, (Jan. - Feb. 2013). Analysis Of Traditional Market Development Strategy in The District Sidoarjo” IOSR Journal of Businessand Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X.Volume 8, Issue 1, PP38-45
Rangkuti, Freddy. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti, F.,2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama, 2004, h18-19.
Rahadi, Prabowo, dan Hapsariniaty.2015. Synthesis of Traditional Marketplace Studies in Indonesia. International Academic ResearchJournal of Business and Technology. 1(2) Page 8-15.
Raharjo, R, H. 2015. Analisis Pengaruh Keberadaan Minimarket Modern Terhadap Kelangsungan Usaha Toko Kelontong Di Sekitarnya (Studi Kasus Kawasan Semarang Barat, Banyumanik, Pedurungan Kota Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro: Semarang.
Susilowati, (Nov-Dec 2014). The Impacts o f Modern Market to Traditional Traders (A Case in Malang City - Indonesia). International Journal of Art &
Sunanto Sandra, 2012, Modern Retail Impact on Store Preference and Traditional Retailers in West Java.Asian Journal of Business Research, ISSN 1178-8933, Volume 2 Number 2.
Terano, Yahya, Mohamed, et all. June 2015. Factor Influencing Consumer Choice between Modern and Traditional Retailers in Malaysia. InternationalJournal of Social Science and Humanity, Vol. 5, No. 6.
Tjiptono, Fandy. 1998. Strategi Pemasaran, Edisi Ke-3, Andi Offset, Yogyakarta.
Tambunan, Tulus TH, dkk., 2004. Kajian Persaingan dalam Industri Retail. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).
Tri Joko Utomo Persaingan Bisnis Ritel: Tradisional Vs Modern. (The Competition of Retail Business: Traditional vs Modern), Strategi Pemasaran Ritel, Fokus Ekonomi.Vol. 6 No. 1 Juni 2011: 122 - 133
Utami, Christina Whidya, 2006, Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Pada Ritel Modern, Penerbit Salembampat. Jakarta. No. ISBN 979-691-370-4
Utami, Christina Whidya, 2006. Strategi Manajemen Pemasaran Ritel, Penerbit INDEKS Jakarta. No. ISBN 979-683-957-1
Widiandra, Sasana H. 2013. Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Keuntungan Usaha Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Diponegoro JournalOf Economics, Volume 2, Nomor 1, Halaman 1-6.
https://databoks.katadata.co.id/searchdiakses pada 5 oktober 2017 pukul 20.00 WIB.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/03/benarkah-daya-beli-masyarakat-turundiakses pada 5 oktober 2017 pukul 20.30 WIB.
Humanity Science (Ijahs) E-Issn: 2349-5235,Www.Ijahs.comVolume1 Special Issue 2, Pp. 38-44.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Alamsyah Abubakar, Junaidi Sagir, Lalu Hamdani Husnan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.