IMPLEMENTASI STRATEGI PERTUMBUHAN PASCAGEMPA BUMI DALAM BISNIS PENGINAPAN DI KAWASAN WISATA SEMBALUN PULAU LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.154Kata Kunci:
Strategi pertumbuhan, Penginapan, Pasca gempa bumiAbstrak
Penelitian ini berusaha mengeksplorasi kondisi bisnis penginapan milik masyarakat Sembalun pasca gempa bumi besar beruntun dan dalam durasi waktu cukup lama yang melanda Pulau Lombok pada tahun 2018. Bencana alam tersebut telah meluluhlantakkan Pulau Lombok bagian Utara termasuk Kawasan Wisata Sembalun. Ketiadaan wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut menyebabkan bisnis penginapan di Sembalun ikut terpuruk. Banyak diantara bangunan penginapan yang rusak berat (hancur) dan hingga sekarang belum mampu diperbaiki, sehingga saat ini masih ada penginapan yang belum beroperasi sebagai dampak gempa bumi tersebut. Penginapan yang telah beroperasi kembali telah mulai menikmati pendapatan dari bisnis penginapannya meskipun belum pulih seperti sediakala sebelum gempa bumi.
Dibutuhkan strategi pertumbuhan yang tepat untuk mengembangkan bisnis penginapannya kembali agar tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan dan tidak salah menentukan langkah berikutnya. Penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi dalam menentukan strategi pertumbuhan tersebut sebagai sebuah alternatif yang dapat dipilih oleh pengelola penginapan dalam mengembangkan bisnisnya selanjutnya.
Unduhan
Referensi
Anonim, 2019, Kecamatan Sembalun Dalam Angka 2019, BPS Kabupaten Lombok Timur
Adrian Payne, 2001, Essensi Pemasaran Jasa, Alih Bahasa oleh Fandy Tjiptono, Penerbit Andi, Yogyakarata.
A.Aaker, David, 2013, Manajemen Pemasaran Strategis, Penerjemah dalam bahasa Indonesia David Wijaya dkk, Salemba Empat, Jakarta.
Craven, David W, 1997, Strategic Marketing, Fifth Edition, Mc.Graw-Hill Companies, Inc.USA
Kotler, Philip, 2010, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Kotler, Phillip and Keller, Kavin Lane, 2013, Marketing Management, 14th Edition, London, Reansum Global Edition
Lilik, Agung Am, 1997, Strategi Bisnis Marketing dan Manajemen, penerbit Andi, Yogyakarta.
Stanton, William J., 2012, Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa: Yohanes Lamarto, Erlangga, Jakarta
Soekadijo, R.G. 1997. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sistim Linkage, Jakarta, Gramedia
Walker, Boyd, Larreche, 1999, Marketing Strategy Planning and Implementation,, Third Edition, McGraw-Hill, Boston
Yoeti, Oka A.1997. Perencanaan dan Pembangunan. Jakarta. PT. Pradya Paramita
https://insidelombok.id/berita-utama/ini-jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-ugg-rinjani/
https://kumparan.com/kumparantravel/sembalun-sepetak-surga-di-lereng-rinjani-1sMWcaNdKGm/full
https://marioandi.blogspot.com/2017/11/strategi-pertumbuhan_13.html
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rusdan Rusdan, Sulhaini Sulhaini, Rahman Dayani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.