IMPLEMENTASI STRATEGI PERTUMBUHAN PASCAGEMPA BUMI DALAM BISNIS PENGINAPAN DI KAWASAN WISATA SEMBALUN PULAU LOMBOK

Penulis

  • Rusdan Rusdan Universitas Mataram
  • Sulhaini Sulhaini Universitas Mataram
  • Rahman Dayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.154

Kata Kunci:

Strategi pertumbuhan, Penginapan, Pasca gempa bumi

Abstrak

Penelitian ini berusaha mengeksplorasi kondisi bisnis penginapan milik masyarakat Sembalun pasca gempa bumi besar beruntun dan dalam durasi waktu cukup lama yang melanda Pulau Lombok  pada tahun 2018. Bencana alam tersebut telah meluluhlantakkan Pulau Lombok bagian Utara termasuk Kawasan Wisata Sembalun. Ketiadaan wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut menyebabkan bisnis penginapan di Sembalun ikut terpuruk. Banyak diantara bangunan penginapan yang rusak berat (hancur) dan hingga sekarang belum mampu diperbaiki, sehingga saat ini masih ada penginapan yang belum beroperasi sebagai dampak gempa bumi tersebut. Penginapan yang telah beroperasi kembali telah mulai menikmati pendapatan dari bisnis penginapannya meskipun belum pulih seperti sediakala sebelum gempa bumi.

Dibutuhkan strategi pertumbuhan yang tepat untuk mengembangkan bisnis penginapannya kembali agar tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan dan tidak salah menentukan langkah berikutnya. Penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi dalam menentukan strategi pertumbuhan tersebut sebagai sebuah alternatif yang dapat dipilih oleh pengelola penginapan dalam mengembangkan bisnisnya selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rusdan Rusdan, Universitas Mataram

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Anonim, 2019, Kecamatan Sembalun Dalam Angka 2019, BPS Kabupaten Lombok Timur

Adrian Payne, 2001, Essensi Pemasaran Jasa, Alih Bahasa oleh Fandy Tjiptono, Penerbit Andi, Yogyakarata.

A.Aaker, David, 2013, Manajemen Pemasaran Strategis, Penerjemah dalam bahasa Indonesia David Wijaya dkk, Salemba Empat, Jakarta.

Craven, David W, 1997, Strategic Marketing, Fifth Edition, Mc.Graw-Hill Companies, Inc.USA

Kotler, Philip, 2010, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

Kotler, Phillip and Keller, Kavin Lane, 2013, Marketing Management, 14th Edition, London, Reansum Global Edition

Lilik, Agung Am, 1997, Strategi Bisnis Marketing dan Manajemen, penerbit Andi, Yogyakarta.

Stanton, William J., 2012, Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa: Yohanes Lamarto, Erlangga, Jakarta

Soekadijo, R.G. 1997. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sistim Linkage, Jakarta, Gramedia

Walker, Boyd, Larreche, 1999, Marketing Strategy Planning and Implementation,, Third Edition, McGraw-Hill, Boston

Yoeti, Oka A.1997. Perencanaan dan Pembangunan. Jakarta. PT. Pradya Paramita

http://www.scribd.com

https://insidelombok.id/berita-utama/ini-jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-ugg-rinjani/

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/8385/menangkan-whta-world-halal-tourism-award-untuk-pariwisata-indonesia-di-mata-dunia/0/artikel_gpr

https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g12955895-Activities-Sembalun_Lawang_Lombok_West_Nusa_Tenggara.html

https://kumparan.com/kumparantravel/sembalun-sepetak-surga-di-lereng-rinjani-1sMWcaNdKGm/full

https://regional.kompas.com/read/2018/09/23/11321551/melihat-kembali-gempa-lombok-2018-dan-sejarah-kegempaannya?page=all

https://marioandi.blogspot.com/2017/11/strategi-pertumbuhan_13.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-23

Cara Mengutip

Rusdan, R., Sulhaini, S., & Dayani, R. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI PERTUMBUHAN PASCAGEMPA BUMI DALAM BISNIS PENGINAPAN DI KAWASAN WISATA SEMBALUN PULAU LOMBOK. Jurnal Distribusi, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.154