KETERTARIKAN KONSUMEN PADA BRAND AMBASSADOR DAN CITRA MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i2.140Kata Kunci:
Brand Ambassador, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap citra merek dan keputusan pembelian sepatu merek Nike di kota Mataram. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asosiatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel pada penelitian ini adalah brand ambassador, citra merek, dan keputusan pembelian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sampel survey. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat kota Mataram yang berusia >18 tahun yang pernah membeli produk sepatu olahraga merek Nike minimal satu kali, dan memutuskan sendiri membeli produk sepatu Nike. Teknik pegambilan sampel purposive sampling, dengan jumlah sampel sebesar 100. Penyebaran angket secara langsung ke lokasi tempat dilakukannya penelitian. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Multivariat Regression dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dan dibantu dengan alat pengolah data smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap citra merek. (2) brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Unduhan
Referensi
Akbar, Adam. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.
Ananda, Kiki Dwi Putri. 2018. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembelian Handphone Merek Oppo Di Kota Mataram”. Skripsi. Mataram : Universitas Mataram
Evita, Nurul. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Pembelian (Studi Kasus Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung)”. Skripsi. Bandung : Universitas Telkom
Fatlahah, Aniek. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum”. Jurnal
Fernidand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Universitas Diponegoro
Fristiana, Dessy Amelia. 2012. “Pengaruh Citra Merek Dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang”. Jurnal
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetak Keempat Semarang: Badan Penerbit Universittas Diponegoro
Hartanti, Aprita. 2018. “Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Maudy Ayunda Terhadap Brand Image Quipper Video”. Skripsi. Jakarta : Universitas Bakrie
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid I. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Miharman, Sastia Pandu. 2019. “Peran Customer Relationship Marketing Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui kepuasan Konsumen : Studi Pada Maskapai Penerbangan Garuda”. Skripsi. Mataram : Universitas Mataram.
Mardiyah, Nihayatul. 2010. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Sabun Lux (Studi di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nuraini, Alfiah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Nurdiansyah, Dedi. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas Di Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Oktaviary, Husna Dwi. 2018. “Pengaruh Motivasi, Suasana Toko, Dan Kelengkapan Barang Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Guardian Lombok Epicentrum Mall Mataram”. Skripsi. Mataram : Universitas Mataram
Prasetyo, Panji Eka. 2016. “Brand Ambassador Dan PengaruhnyaTerhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek ( Studi Kasus Pada XL Axiata Di Pelajar Dan Mahasiswa Yogyakarta )”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Putra, Muhammad Ikhsan. 2014. “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia)”. Skripsi
Ramadhani, Aditya. 2011.Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.
Rahma, Eva Sheilla. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di KotaSemarang). Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro.
Rizan, Mohammad,. Basrah Saidani &Yusiyana Sari. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro (Survei Konsumen Teh Botol Sosro di Food Court ITC Cempaka Mas, Jakarta timur).Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.
Romadhoni, Muhammad. 2015. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sagala, Mohammad Habib dan Hendrati Mulyaningsih. “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image OPPO Smarthphone Di Kota Bandung”. Jurnal
Santoso, Tri Iman. 2013. Pengaruh Asosiasi Merek, Citra Merek, dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek (Studi Kasus Pada CV. ALKA Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
________. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Shiffman, Leon G dan Kanuk, Lesli Lazar . 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Utomo, Gigih Wahyu dan Bulan Prabawani. 2016. “Brand Ambassador dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Type Nex”. Jurnal
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Rozalia Rozalia, Handayani Rinuastuti, Rusminah Hs
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.