FAKTOR YANG MEMOTIVASI PEREMPUAN DALAM BERWIRAUSAHA PADA UMKM KROPUK SANGNGNGAR DI KECAMATAN KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i2.104Kata Kunci:
Motivation, Woman Entrepreneur, Kropuk Sangngar.Abstrak
Penelitian dilakukan untuk mengetahui Faktor yang memotivasi perempuan dalam berwirausaha pada UMKM Kropuk Sangngar di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Populasi pada penelitian adalah wirausaha perempuan pada UMKM kropuk sanggar. Pendekatan yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara kepada 45 wirausaha perempuan. Ada 3 faktor yang memotivasi perempuan berwirausaha yaitu 1). Faktor Keluarga (Confidence Modalities), 2). Faktor yang Disengaja (Emotion Modalies), 3).. Faktor Pemaksa (Tension Modalities). Berdasarkan hasil penelitian ternyata Faktor Keluarga (Confidence Modalities) merupakan faktor yang memotivasi perempuan dalam berwirausaha, sedangkan faktor keluarga yang dimaksud yaitu keturunan mempunyai kekuatan internal dalam mendukung dan memotivasi perempuan dalam berwirausaha. Kondisi ini didukung oleh lingkungan keluarga yang sangat kental jiwa wirausahanya sehingga memudahkan dan mensukseskan mereka dalam melakukan usahanya.
Unduhan
Referensi
Alwisol 2009, Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi Malang :UMM Press
Ali, Abdel Hafiez & Ali Yassin Sheikh Ali. (2013). Motivational Factors Of Somali Women Entrepreneurs in
Benadir Region. Social Sciences and Humaities, Vol.4 No.1, 59-72 Ismail, Hasni Che., Faridahwati Mohd. Shamsudin & Mohammed S. Chowdhury. (2012). An Exploratory Study of Motivational Factors on Women Entrepreneurship Venturing in Malaysia. Business an d Economic Research, Vol.2 No.1, 1-13. Retrieved from Macrothink Institute.
Beck, T., Demirguc- Kunt, A., and V. Maksimovic.2005 “Financial and Legal Constraints to Firm Growth: Does Firm Size Matter?”, Journal of Finance, 2005, pp: 137-177
Bygrave, W.D. 1994. The Portable MBA in Entrepreneurship. Singapore: John Wiley & Son, Inc.
Gurbuz, G. & Aykol, S. 2008, Entrepreneurial Intentions of Young Educated Public in Turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.
Herdiman, F.S. 2008.“Wirausahawan Muda Mulai dari Lingkungan keluarga”. http://jurnal nasional.com/media, diunduh pada tanggal 12 Maret 2011.
Lieli Suharti dan Hani Sirine ,September 2011” Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) “Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.13,No.2 http://puslit2.petra.ac.id/gudangpaper/files/2050.pdf
Sari,My(2013) analisis pemahaman kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa menjadi young entrepreuner (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Tidak diterbitkan.
Rosmiati et al. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. JMK. 17(1), 21-30.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Endang, N. P. (2012). Analisis Faktor-Faktor Motivasi Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Pengusaha UKM (Studi Pada UKM Kota 179 Malang). Jurnal Profit, 6(1), 63-68. Retrieved from Database E-Journal Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Saiman, L. (2014). Kewirausahaan-Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
Yunal, V. O. dan Indriyani, R. (2013). Analisis Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Inovasi Produk TerhadapPertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah di Lombok Barat.
Segal, Gery., Dan Borgia & Jerry Schoenfeld.(2005). The Motivation to Become an Entrepreneur. InternationalJournal of Entrepeneurial Behavior & Research, Vol.11 No.1, 42-57. Retrieved from Emerald Group Publishing Company.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 anugrahini irawati, Bambang Sudarsono
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.