ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DALAM DI BKP KELAS I MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i1.102Kata Kunci:
Pengembangan organisasi, Pengembangan Non Aparatur, Pengembangan Aparatur, Pendidikan Aparatur, Pelatihan Aparatur, BKP Kelas I MataramAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk Analisis Kebutuhan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai dalam Implementasi SMM ISO 9001:2015 di BKP Kelas I Mataram. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Kriteria informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah seseorang yang memiliki kewenangan dalam mengatur, mengawasi, mengaudit serta pelaksana yang terkait langsung dengan keberlangsungan implementasi SMM ISO 9001 : 2015 di BKP Mataram. Analisa data kualitatif terdiri dari tiga alur kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa BKP Kelas I Mataram telah melakukan pengembangan SDM dan menerapkan SMM ISO 9001:2015 untuk meningkakan kinerja pegawai dan organisasi, upaya peningkatan kinerja yang dilakukan mulai : 1). pengembangan organisasi (OD) berupa penerapan system kerja melalui implementasi Standart Manajemen Mutu melaui ISO 9001:2015, SNI ISO 17025 akreditasi llaboratorium dan ISO 37001 tentang sistem manajemen anti penyuapan; 2) Pengembangan Non Aparatur (N-ED) melalui Sosialisasi karantina; 3) Pengembangan Aparatur (ED) melaui peningkatan jenjang pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; 4) Pendidikan Aparatur (E-Ed) melalui pelatihan dasar karantina dan Training Centre; 5) Pelatihan Aparatur (ET) berupa kegiatan magang pe, inhouse training, workshop dan pembinaan mental pegawai.Unduhan
Referensi
Abdul Basit, Filsafat Dakwah, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta
Alwi, H, dkk. (2013). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Cetakan IX). Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).
Amirudin. Evaluasi Penerapan ISO 9001:2008 Di Lingkungan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Etikonomi Vol. 13 No. 1 April 2014. Diakses pada tanggal 13/02/2019 di file:///D:/194813-ID-evaluasi-penerapan-iso-90012008-di-lingk.pdf
Armstrong, Gary. 2010. Prinsip-prinsip Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga, Jakarta.
Antariksa,F.W. 2014. Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi terhadap Kinerja Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Universitas Brawijaya). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 12.No.3.
Akhyadi, Ade Sadikin, 2015, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Alfabeta.
Becker, BE, Huselid, ME & Ulrich, D. 2001. HR Scorecard: Menghubungkan orang, strategi, dan kinerja. Boston: Harvard Business School Press.
Bernadin, H. J. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Sebuah Pendekatan Eksponensial. Ed-4. NewYork: McGraw-Hill Irwin, 253-277.
Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu. Penerbit Prenada Media Grup. Jakarta
Cresswell, J.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Edisi-3. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Bungin, 2009.Peneitian Kualitatif.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Gomez-Mejia, LR, Balkin, DB & Cardy, RL 1998. Mengelola Sumber Daya Manusia. Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.
Grant, robbert & Craig James. 2002. Strategi manajemen. Cetakan ke-3. P telex media Komputindo. Jakarta
Hasibuan Malayu S.P, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan Kedelapan PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Husnan, L. H. 2006. Strategy Formulation Capabilities For Small And Medium Enterprises In West Nusa Tenggara Province Indonesia. Unpublished Thesis Doctor of Business Administration, Australia. Southern Cross University
International Organization for Standardization. 2014. Sistem Manajemen Mutu- Persyaratan (ISO 9001:2008, IDT). Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.
ISO 9001:2015, Quality Management System - Requirement, BSI Standards Limited, London, 2015
John Soeprihanto. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan (Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2001), 88.
Juana, N.P.P., dkk (2016). Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 terhadap Kinerja Pegawai dengan Mediasi Kepuasan Kerja pada UPTP Balai Latihan Transmigrasi Denpasar. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol. 21 No.1. Universitas Udayana.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), hlm. 6
Ludfia Dipang. 2013. Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 1080-1088. ISSN 2303-1174.
Mangkunegara Anwar Prabu, 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama, Bandung.
Marihot. Manullang. Manajemen Personalia (Yogyakarta : Gajah Mada University Press, 2001), 56.
Marihot Tua Effendi,Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta (Grasindo, 2002) h. 231
Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. SAGE Publication. New York
Moenir, A. S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mondy R. Wayne, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh, jilid 1, Penerbit : Erlangga, Jakarta.
Muturi, D., Ochieng, J., Njihia S. 2015.Impact of ISO 9001 Implementation on Organizational Performance in Kenya.Kenya Institute of Management
Malayu S.P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Moertopo, Ali.1984. Strategi Politik Nasional. Jakarta : Centre For Strategic And
International Studies (CSIS).
Myers, M.D. 2009, Qualitative Research in Bussiness and Management. Sage Publication, Los Angeles
Nawawi, U. 2013.Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Edisi Pertama.PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Nitisemito, S. 1997. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Balai Pustaka.
Okibo,B.W., Kimani, A.W. 2013. Effectiveness of ISO 9001:2008 on Service Delivery of Public University in Kenya.Europian Journal of Bussiness and Management. Vol.5, No. 13., pp. 232-242.
Patilima, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. UMM Press. Malang
Patrick, J. 2000. ‟Pelatihan‟. Dalam N. Chmiel (Ed.) Pengantar Kerja dan Psikologi Organisasi (100-125). Oxford, Inggris: Blackwell.
Psomas,E.L, et al. 2013. The Impact of ISO 9001:2008 Effectiveness on the Performance of Service Companies. Journal of Service Theory and Practice.
Ridwan, 2004 “Metode dan Tehnik Menyusun Tesis”. Jakarta : CV. Alfabert
Rivai Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan dari teori ke praktik. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Roosje Kalangi. 2015. Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Kinerja
Aparat Sipil Negara Di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum Volume 2 Nomor 1 Tahun 2015
Sahlan, A. 2012. Desain pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta
Sarosa., S. 2012. Penelitian Kualitatif. Penerbit Indeks. Jakarta Barat
Siagian, S. P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Siagian, Sondang., P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi
Pertama). Jakarta: Binapura Aksara.
Sofyandi Herman, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit : Graha Ilmu, Jakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta
Sutoyo.2012.Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Brantas Abipraya Wilayah I Medan).Majalah Ilmiah Unimus Vol. 2.No.6
Sutrisno Hadi. 1994. Metodologi research. Yogyakarta: LP3ES
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rothery, B. 2000. ISO 9000 & ISO 14000 untuk industri jasa. Diterjemahkan oleh: Faisal Mustafa. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Thoha, M. 2007. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tukiran, M. (2016). Membangun Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2015.Yogyakarta: Leutikaprio Nauvaliter.
Winardi, L. 2000. Kepemimpinan Hearts Manajemen. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.
Wright, P., Gardner, T., Moynihan, L. & Allen, M. 2005. Hubungan antara Praktek SDM dan Kinerja Perusahaan: Memeriksa Urutan Kausal. Personil Psikologi, 58, 409-410
Yang, C. & Lin, C. 2009. ‟Apakah Modal Intelektual Memediasi Hubungan antara HRM dan Kinerja Organisasi? Perspektif dari Industri Kesehatan di Taiwan‟. Internasional Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 20 (9), 1965-1984
Veithza, Rizal 2008. Manajemen Sumebr Daya Manusia untuk Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Agussaleh Agussaleh, Agusdin Agusdin, Hermanto Hermanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami dan menyetujui bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik Distribusi. Hak cipta (copyright) meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Distribusi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di Distribusi adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.