STRATEGI PROMOSI DAN WORD OF MOUTH DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TENUN
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v8i2.126Keywords:
Promotion Strategy, WOM (Word of Mouth), Purchasing DecisionsAbstract
This study aims to determine the effect of promotion strategies and WOM (word of mouth) on the purchasing decisions of woven products in Bima City. The type of research used is associative, research location in Bima City. The population in this study are all consumers who have bought a typical Bima woven fabric, the sample in this study amounted to 96 people with purposive sampling technique. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale measurement. The type of data used in this study was quantitative data with research data sources, namely primary data. Data collection techniques are observation, questionnaire and literature study. Data analysis uses multiple linear regression. The results showed that the promotion strategy influences the purchase decision of woven products, WOM (word of mouth) influences the purchasing decision of woven products and WOM (word of mouth) more dominant influence the purchase decision of woven products in Bima City.
Downloads
References
Andari Rini & Napu Maghfira Della, 2016. Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket maskapai penerbangan domestik di davina tour and travel gorontalo. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.VI No.1.2016- 1013
Ernawati Sri, Muhajirin, Ismunandar. 2018 The effect of word mouth (wom) on purchasing decision of region exclusive fabric of west nusa tenggara profince (case study on sasombo fabric in bima city). Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis Vol. 4 No 2 e-ISSN: 2477-5282 p-ISSN: 2599-3127 Page 115-119
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Joesyiana Kiki, 2018. Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta Vol. 4 No 1, April 2018 ISSN : 2502-1419 71
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2015). “Marketting an introducing”. 15th edition. Pearson Prenctice Hall. New Jersey.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). “Marketing Management, 15th Edition”. Pearson Education Limited. New Jersey.
Nugraha, A.A., Finna, Suhardyono., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen (studi kasus pada konsumen kober mie setan jalan simpang soekarno-hatta no. 1-2 malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 22 No.1.
Paputungan Rizkia .P, Soegoto S.A & Roring Ferdy, 2018. Pengaruh promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di oriflame manado the influence of promotion and word of mouth on purchasing decision In Manado Oriflame. Jurnal EMBA Vol.6 No.4 Hal. 3703 – 3712
Permana Indra Doni, 2017. 2017 Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk lantai kayu dan pintu PT.PIJI di Jawa Timur. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 1
Rangkuti, Freddy (2014). “Riset Pemasaran”. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Setiadi. 2013. “Perilaku Konsumen (edisi revisi)”. Liberty. Yogyakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sumarni (2014). “Dasar-dasar Pemasaran”. Salemba Empat. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dewi Astuti, Sri Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.