STRATEGI PEMASARAN GALERI TENUN DESA SETANGGOR DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PENJUALAN KAIN TENUN DI PRAYA BARAT LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.410Keywords:
Desa Setanggor, Galeri Tenun, Startegi PemasaranAbstract
This research is entitled "Marketing Strategy for the Setanggor Village Weaving Gallery in Increasing the Competitiveness of Sales Woven Fabrics in the West Praya Region, Central Lombok", which aims to determine the Marketing Strategy for the Setanggor Village Weaving Gallery in increasing the competitiveness of sales Woven Fabrics in the West Praya region, Central Lombok. The method used in this research is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques are through interviews, observation and documentation. Data analysis in research uses SWOT analysis. The results of the research show that the Marketing Strategy carried out by the Setanggor Village Weaving Gallery in increasing the competitiveness of sales woven fabrics in the West Praya region of Central Lombok based on its position in Quadrant I in the SWOT Analysis is an aggressive strategy using more aggressive promotional strategies in promoting Village Songket Woven fabrics. Setanggor, so that it is better known by the public and abroad, which can be done through social media, websites, as well as variations in Setanggor Village Songket Woven cloth motifs that can adapt to current fashion.
Keywords: Weaving Gallery, Marketing Strategy, Setanggor Village.
Downloads
References
Alimin, Erina, dkk. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). NTB: Seval Literindo Kreasi.
Bismala, Lila, Susi Handayani dan Dewi Andriany. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
David, Fred R. (2013). Strategic Management. Buku 1. Edisi 2. Jakarta: Gramedia.
Fawzi, Marissa Grace Haque, dkk. (2022). Strategi Pemasaran (Konsep, Teori dan Implementasi). Jakarta: Pascal Books.
Kotler,P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. New Delhi: Pearson.
Kotler,P.,Keller,K.L. (2009). Marketing Management. Singapore: Pearson Education.
Putri, Budi Rahayu Tanama. (2017). Manajemen Pemasaran. Universitas Udayana.
Rangkuti, Fredy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cetakan keempat belas). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Sastradipoera, Komarudin. (2003). Manajemen Marketing Suatu Pendekatan Ramuan Marketing. Bandung: Kappa - Sigma.
Sedarmayanti. (2014). Bahan Ajar Manajemen Strategi Sektor Bisnis. Bandung: SuksesBandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Surianingsih Surianingsih, Dewi Rispawati, Siti Yulianah M. Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.