ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN ATAS DIKEMBANGKANNYA KAWASAN THE MANDALIKA
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.300Keywords:
Persepsi, wisatawan, The MandalikaAbstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menanalisi persepsi dan sikap wisatawan atas pengembangan kawasan The Mandalika Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah sample survey dengan teknik sampling menggunakan accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Alat analisis dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan mennggunakan indeks persepsi dan sikap wistawan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wisatawan domestik memiliki persepsi baik atas dikembangkannya kawasan The Mandalika dari aspek daya tarik wisata, aspek fasilitas di lokasi wisata dan aspek aksesibilitas. Persepsi yang baik dari wisatawan juga diikuti dengan sikap positif dari para wisatawan yang berkunjung ke kawasan The Mandalika dan melihat secara langsung bukti pengembangan yang telah dilakukan.
Downloads
References
Anggela, M. M., Made, N., Karini, O., & Wijaya, S. (2018). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 5(2), 76–91. https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.V05.I02.P01
Damanik, J., & Weber, H. (2006). Perencanaan Ekowisata, Dari Teori ke Aplikasi. C.V. Andi Offset.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Liberty.
Engel, J. F. M., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku Konsumen (6th ed.). Binarupa Aksara.
Estriani, H. N. (2019). Kawasan Ekonomi Khusus (Kek) Mandalika Dalam Implementasi Konsep Pariwisata Berbasis Ecotourism: Peluang Dan Tantangan. Mandala: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 2(1), 64–79. https://doi.org/10.33822/MJIHI.V2I1.995
Inskeep, E. (1991). Tourism Planning and Sustainable Development Approach. Van Nostrand Reinblod.
Ishak, I., & Tanjung, H. (2004). Manajemen Motivasi. P.T. Grasindo.
Ismayanti, I. (2010). Pengantar Pariwisata. P.T. Grasindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I dan II. P.T. Indeks.
Kusmayadi, K., & Sugiarto, E. (2000). Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. P.T. Gramedia Pustaka Utama.
Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. P.T. Grasindo.
Mathieson, A., & Wall, G. (1982). Tourism: Economic, Physical and Social Impact. Longman.
Nora, A. Y. (2018). Analisis Sikap Masyarakat Terhadap Kunjungan Wisatawan Asing Ke Pantai Parangtritis Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(1). https://doi.org/10.36594/JTEC.V1I1.21
Nursusanti, B. K. (2005). Identifikasi Persespsi dan Preferensi Wisatawan Terhadap Objek Wisata dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Cianjur.
Pendit, N. S. (1999). Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Paradnya Paraamita.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Pub. L. No. 10 (2009).
Robins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Prenada Media.
Soekadijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwiasata, Memahami Pariwisata sebagai Systematic Linkage. Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, J. W. (2003). Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga.
Suharso, S. (2009). Perencanaan Objek Wisata dan Kawasan Pariwisata. PPSUB.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. EGC.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, kepemimpinan, Dan Mahasiswa. Guepedia.
Thoha, M. (2003). Kepemimpinan Dalam Manajemen. P.T. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2013). Kepemimpinan Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. P.T. Raja Grafindo Pustaka.
Yoeti, O. A. (2010). Dasar – Dasar Pengertian Hospitaliti dan Pariwisata. P.T. Alumni Bandung.
Yulianto, E., Uziadanisah, I., Firmansyah, F., & Priyandoko, Z. (2008). Identifikasi Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Dan Pengusaha Di Kawasan Wisata Terpadu Bojongsari-Kabupaten Indramayu. http://teknik.unpas.ac.id
Zanuar, Z. A., Sendra, I. M., & Mananda, I. GPB. S. (2017). Preferensi Wisatawan Berpasangan Mancanegara Terhadap Produk Wisata Di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 5(1), 44–52. https://doi.org/10.24843/IPTA.2017.V05.I01.P10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Emilia Septiani, Junaidi Sagir, Sarifudin, Putu Laksmita Dewi Rahmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.