PENGARUH INSTAGRAM MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI KINARA SUNSET TANJUNG BIAS BEACH

Authors

  • Marisa Saopi Yanti Universitas Mataram
  • Rusminah HS Universitas Mataram
  • Emilia Septiani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.270

Keywords:

Instagram Marketing, Electronic Word Of Mouth, Minat Berkung

Abstract

This study aims to determine the effect of Instagram marketing and electronic word of mouth on the interest to visit Kinara Sunset Tanjung Bias beach, the method of the research used is associative. Population in this study are people who live in Mataram and West Lombok and have been knows Kinara Sunset but never visited.The method used is asumple survey method with data proscribed a google form quisioner and sample of this study were 100 respondents and the sampling technique used non-probability sampling methods. The analysis used multiple linear regression analysis. Data analysis technique using the SPSS version 25 program.

The results of the analysis for the Instagram Marketing variable a positive and significant effect on Interest to Visit Kinara Sunset, while the Electronic Word Of Mouth is so that it has a positive significant effect on Interest to Visit Kinara Sunset. The coefficient of has positive and significant effect on Interest to Visit Kinara Sunset.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, S. 2017. Pengaruh Ewom di Istagram terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Pengunjung(Survei Pada Hawai Water Park Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 45 No.1 April 2017|, 96.

Amelia, J. R. 2020. Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Kunjung Wisatawan (Studi Akun Instagram @museum_bi dan Electronic Word of Mouth terhadap Pengikut Instagram Museum Bank Indonesia). Skripsi Universitas Pertamina .

Andriani, D. 2019. engaruh Media Sosial,Celebriti Endorser dan Elelctroik Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Burger KIng di Lombok Epicentrum Mall. Skripsi Universitas Mataram.

Anggitasari, A. M. 2016. Pengaruh Ewom Terhadap Brand Image dan Brand Trust,Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Sartphone Iphone (Studi Pada Masyarakat di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Aprilia, F. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunung Tempat Wisata " Jawa Timur Park 2" Kota Batu . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 24 No. 1 Juli 2015.

Ayuningtyas, Athika Sri., Achmad Fauzi Dh., & Inggang Perwangsa Nuralam. (2019). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung DenganCitra DestinasiSebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 68 No. 1. Melalui administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Еffеndy, Onong Uchjana.2003. Ilmu, Tеori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Rеmaja Rosdakarya.

Gandira, B. Z. 2017. Analisis Penerapan Electronik Word Of Mouth Pada Brand Hunblezing Melalui Media Sosial Instagram . e-Proceeding of Applied : Vol.3,No.2 Agustus 2017, 270.

Ghozali, Imam 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

(Edisi Ke-7). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Delapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba 4.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara.(2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi.Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Konten Instgram (https://starngage.com/7-jenis-konten-untuk-ide-posting-di-instagram/),(15 Desember 2020).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan A.B. Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia:

Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Ladya, Riska. 2016. Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. Semarang: Universitas Diponegoro.

Latief, N. 2019. Pengaruh Sosial Media Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone pada DP Store Makassar. Skripsi Universiats Negri Makassar.

Lisfiyati, A. F. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Berkunjung Di Pantai Glagah Indah Yogyakarta . Skripsi STIE Pariwisata Api.

Mafiroh, F. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Akun @tamanwisatagenilangit Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Taman Wisata Geni Langit. Skripsi IAIN Ponorogo.

Nugroho, A. 2019. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram

Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kabupaten Magelang . Institut Agama Islam Negri Salatiga.

Nugroho, G. D. 2017. Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Kepuasan Tenant Mall (Studi Kuantitatif Eksplanatif di TP Mall Kota Solo Tahun 2016). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Qadri, N. A. 2017. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. skripsi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.

Sanusi. Anwar..2011..Metode Penelitian Bisnis..Salemba Empat.Jakarta.

Sari, L. I. 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Jakarta Aquarium dan Brand Image terhadap Minat Kunjung Jakarta Aquarium. Universitas Multimedia Nusantara.

Santosa, A. t. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere. Dan Ewom Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Zenbu -House Of Mozaru Paris Van java Bandung). Jurnal Manajemen Maranata,Vol. 18 Nomor 2, mei (2019).

Sugiyono. 2011. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cetakan Ke-23. ALFABETA

Wicaksono, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. JOM FISIP vol.4.2-Oktober.

Willem, T. 2020. Analisis Efektivitas Marketing Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pelanggan D'Brothers Laundry . Jurnal EMBA Vol.8 No.1 Januari 2020 , 156-165

Yoeti, O.A 2006. Tour and Travel Marketing . jakarta : PT.Pradnya Pranita.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Yanti, M. S., HS, R., & Septiani, E. . (2022). PENGARUH INSTAGRAM MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI KINARA SUNSET TANJUNG BIAS BEACH. Distribusi - Journal of Management and Business, 10(2), 177–186. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.270