ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/distribusi.v5i2.18Abstract
Abstak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kinerja dan harapan atas pelayanan pendidikan serta mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara menggunakan kuesioner. Populasi adalah semua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang masih aktif sebanyak 3.524 orang, dipilih 150 responden sebagai sampel berdasarkan pertimbangan kemudahan (convenience sampling). Variabel pelayanan pendidikan dalam penelitian ini terdiri atas lima dimensi yaitu Reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik, yang selanjutnya dijabarkan menjadi 44 indikator.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa (67%) meyatakan bahwa pelayanan pendidikan FEB Unram sudah baik. Pelayanan pendidikan di FEB Unram memiliki skore rata-rata kinerja sebesar 3,84. Jika dihubungkan antara kinerja dan harapan pelayanan pendidikan pada FEB Unram menunjukkan bahwa tingkat pencapaian harapan pelayanan pendidikan masih di bawah 100% yaitu sebesar 84,5%. Hal ini berarti mahasiswa masih tidak puas atas pelayanan pendidikan FEB Unram. Berdasarkan Diagram Kartesius diperoleh bahwa pelayanan pendidikan FEB Unram kecendrungan berada pada kuadran 2 (dua), yang bermakna semua unsur pelayanan pendidikan harus tetap dipertahankan.Downloads
References
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, Edisi Revisi 2010
Assail, H. 2004. Consumer Behavior : A Strategic Approach. Houghton Miffin Company. USA.
Assauri, S. 1999. Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep,dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.
Asubonteng, P., K J. McCleary., dan J. E. Swan. 1996. SERVQUAL Revisited : A Critical Review Of Service Quality. The Journal Of Service Marketing. Santa Barbara. Vol. 10, Iss 6; pg. 62
Blumberg, B., D. R. Cooper., dan P. S. Schindler. 2005. Business Research Methods. McGraw-Hill, United Kingdom.
Cooper, D. R., dan P. S. Schindler. 2006. Marketing Research. Eight Edition. McGraw-Hill. New York
Cravens, D.W. 2006. Pemasaran Strategis. Terjemahan Lina Salim. Jakarta: Erlangga.
Evans, J. R., dan W. Lindsay. 2009. The management and Control Of Quality. Sixth Edition. Thomson, Singapore
Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Irawan d, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kedelapan PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi Kesembilan, Jilid 1&2. Salemba Empat : Prentice Hall.
Kotler ,Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi kesembilan. Indeks kelompok gramedia . Jakarta
Kotler, P., dan Amstrong. 2005. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. Terjemahan Alexandor Sindoro. Jakarta: Pernhallindo.
Kotler, P. and Kervin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I & II. PT. Indeks, PT. Mancana Jaya Cemerlang, Jakarta.
Lovelock, C., dan J. Wirtz. 2007. Service Marketing : people, Technology, Strategy.Sixth Edition. Pearson Prentive Hall. USA
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Malhotra, N. K. 2007. Marketing Research : An Applied Orientation. Pearson Prentice Hall, United States Of America.
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal DISTRIBUSI ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal DISTRIBUSI berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.