PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVES DAN PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE

Penulis

  • Marista Yoana Putri Institut Teknologi dan Bisnis Asia
  • Fathorrahman Fathorrahman Institut Teknologi dan Bisnis Asia

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.212

Kata Kunci:

Patronage Buying Motives, Promosi Gratis Ongkos Kirim, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh patronage buying motives dan promosi gratis pengiriman pada proses keputusan pembelian di Shopee. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Seratus sampel telah dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data kuantitatif dianalisa menggunakan SPSS ver. 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa patronage buying motives dan promosi gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee dengan persentase sebesar 85,9%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Arifin, Faisol; Asiyah, Siti; Mustapita, A. F. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E - Commerce Shopee (Studi Kasus Pada FEB Angkatan 2017 Unisma). Jurnal Riset Manajemen, 106–116.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada.

Auli, S., Basamalah, M. R., & Milannintyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol. 10 , 218-230.

Google. (2020). e-Conomy Sea 2020. Google.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia Retrieved from databoks.katadata.co.id: Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. (2021, November 20).

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2021). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen Vol. 12 No. 2, 288-298.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 11. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Mahapsari, Nunky Rizka; Taman, A. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, II.

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Jurnal Inovasi Bisnis Vol. 7 No. 2.

Neter, J. W., W, & Kutner, M. (1997). Model Linear Terapan Buku 1 Analisis Regresi Linier Sederhana. Bogor.

Philip, K., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Ramadhan, R. S., & Dra. Neni Pancawati, M. (2018). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Sitinjak, T. J., & Sugiarto. (2006). LISREL . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wearesocial & Hootsuite. (2021). Digital 2021 Indonesia. Hootsuite.

Stanton, W. J., Etzel, M., & Walker, B. J. (1997). Fundamentals of Marketing. 10th Edition. USA: McGraw-Hill International.

Statista. (2021). E-commerce in Indonesia. Statista.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi 2 . Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Winardi. (2010). Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: CV Mandar Maju.

Wong, J. (2010). Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-29

Cara Mengutip

Yoana Putri, M. ., & Fathorrahman, F. (2022). PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVES DAN PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE. Jurnal Distribusi, 10(1), 105–116. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.212