PENGARUH ETNOSENTRISME DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK TEMBE MEE DONGGO

Sri Ernawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan Etnosentrisme terhadap minat beli Produk Tembe Mee Donggo. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan Product Knowledge terhadap minat beli Produk Tembe Mee Donggo (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan Etnosentrisme dan Product Knowledge terhadap minat beli Produk Tembe Mee Donggo. Tujuan khusus penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pemikiran kepada penenun Tembe Mee untuk terus melestarikan produk lokal dan untuk Pemerintah Kabupaten Bima untuk mendukung secara moril maupun material untuk pengembangan produk Tembe Mee Donggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Penelitian ini di lakukan di DI Kacematan Donggo Kabupaten Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Donggo Kabupaten Bima yang pernah membeli dan menggunakan Tembe Mee Donggo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan 50 responden. Teknik  analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Etnosentrisme mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli Produk Tembe Mee Donggo, (2) Product Knowledge mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli Produk Tembe Mee Donggo, (3) Etnosentrisme dan Product Knowledge secara bersama mempunyai pengaruh  positif dan signifikan terhadap Minat beli Produk Tembe Mee Donggo

Kata Kunci

Etnosentrisme, Product Knowledge dan Minat beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amirullah.2013. Metodelogi Penelitian Manajemen, Malang:Bayu Media

Basu Swastha dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty

Dewi.I.A.M.Lakmini dan Sulistywati eka. Pengaruh gaya hidup dan sikap Ethnosentrisme terhadap niat beli konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 5.No 8 2016:5128-5154. ISSN 2302-8912.

Fadila, Dewi dan Rasyid Nirwan. 2012. Pengaruh Ethnosentrisme Konsumen Terhadap Keterlibatan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VII, Mei 2012.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair, J. F., et al. 2007. Multivariate Data Analysis. 6th Edition. New Jersey : Pearson Education Inc.

Kemendag. 2014, 8 September. Gebyar Kampanye ACI 100 Persen Aku Cinta Indonesia. Diunduh dari ttp://ditjenpdn.kemendag.go.id/id/news/2014/08/09/gebyar-kampanye-aci100-persen-aku-cinta-indonesia

Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Nugroho J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen :Konsep dan Impilikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana

Lin. N.H and Lin. B.S. 2007. The effect Of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of international management studies.

Listiana, Erna. 2012. Pengaruh Country Of Origin terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (2012), Vol.8, No.1: hal. 21–47.

McCarthy, E Jerome dan William D. Pereault Jr. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Ping Qing, Antonio Lobo, and Li Chongguang. 2012. The impact of lifestyle and ethnocentrism on consumers’ purchase intentions of fresh fruit in China. Journal of Consumer Marketing, Emerald Group Publishing Limited Vol. 29 No 1. h. 43–51

Pradesta. B. Rima. “Pengaruh Etnosentrisme, Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Jadi Impor”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.8, 2016:5128-5154 ISSN : 2302-8912

Satria. B. Ariz dan Oetomo W. Hening “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Product Knowledge dan Wom Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume. 5, Nomor. 5, Mei 2016 ISSN : 2461-0593

Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L. 2000. Consumer Behavior. Pearson Education

Shankarmahesh, N. 2006. Consumer Ethnocentrism : An Integrative Review Of Its Antecedents And Consequences. International Marketing Review, Vol 23, No 2, pp 146-172

Sharma, S., Shimp, T.A. and Shin, J. 1995, Consumer ethnocentrism: a test of antecedents and moderators, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 23, No. 1, pp. 26-37.

Shimp. T. A., Sharma. S. 1987. Consumer ethnocentrism:construction and validation of the CETSCALE. Journal of marketing research. 24, (3), pp 280 – 289

Sugiyono. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tifany dan Moningka Clara “Hubungan Konsumen Etnosentrisme Dengan Perceived Quality Terhadap Produk Lokal Pada Usia Dewasa Muda Di Jakarta”. PSIBERNETIKA Vol. 8 No. 2 Oktober 2015

Tjiptono. F., Chandra. Y., Diana. A. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Andi

Umar, Husein. 2002. Metode riset bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wang CL, Chen ZX. 2004. Consumer Ethnocentrism and Willingness to Buy Domestic Products in Developing Country Setting Testing Moderating Effects. Journal of Consumer Marketing.Volume 21 No. 6. Page 391-400

Wang, Yai, H., Tsai, Cing, F. 2014. The Relationship between brand image and purchase intention: evidence from award winning mutual funds. The International. Journal of Business and Finance Research, 8 (2), 27-40.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.