NILAI PO SAPO ESEMPAY (KESETIAKAWANAN) DAN SOKKLA (KEAGAMAAN) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL ROTI DAN KUE DI MADURA: SEBUAH STUDI FENOMADUROLOGI

Authors

  • Rusmiati Ningsih
  • Robiatul Robiatul Auliyah
  • Achdiar Redy Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i1.34

Keywords:

Selling Price, Phenomadurology, Po Sapo Esempay (Solidarity), Sokkla (Religiousity)

Abstract

This research seeks to uncover the practice of selling bread and cakes in Madura. This research using qualitative methods in the process of discovery the answers, and also phenomadurological approach in the process of analysis the extending about awareness of "Aku" with Madura culture. The approach is chosen because researchers need the depth methods to reveal the reality behind the phenomenon. The research is also need the informants, there are two main informants is home business owners amounted to 2 people, as well as supporting informants that the customer amounted to 4 people. This research site was conducted at the place of home business in Jl. K Lemah Duwur Bangkalan. The results showed that the practice of determining the price of bread and cookies that occur based on the calculation of raw material costs and factory overhead costs. In addition, there are costs which made bythe invisible mark up. After exploring the cost and the markup, there is a determination of the values contained in the selling price. The values contained namely Po Sapo Esempay (Solidarity) realized with a sense of mutual help, family/ friend as an advantage over the matter, an expression of care, sharing the happiness, trust to others and also to give an attention to the situation around us. Another value that is contained is Sokkla (Religiousity), which materialized with their interests for the charity, belief in God's justice, charity as savings in the Hereafter, and surrender to God.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rusmiati Ningsih

Universitas Trunojoyo Madura

Robiatul Robiatul Auliyah

Universitas Trunojoyo Madura

Achdiar Redy Setiawan

Universitas Trunojoyo Madura

References

Ahmad, Kamaruddin. 2013. Akuntansi Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Alimuddin. 2011. Konsep Harga Jual Islami. Jurnal Penelitian Universitas Hasanuddin

Amaliah, Tri Handayani. 2016. Nilai Nilai Budaya Tri Hita Karana dalam Penetapan Harga Jual. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Gorontalo

Amaliah, Tri Handayani. 2014. Konsep Harga Jual Berbasis Nilai- Nilai Budaya Komunitas Papalele Masyarakat Maluku. Disertasi Universitas Negeri Gorontalo

Daljono. 2011. Akuntansi Biaya. Edisi ketiga. Cetakan satu. Semarang: Bp Undip

Efferin, Sujoko. 2016. Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Spritualitas. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh

E Paper Koran Madura. Membaca Peluang Bisnis Roti. https://issuu.com/koranmadura/docs/full_version_mad¬_270114/31. Diunduh pada tanggal 9 Maret 2017

Halim, Abdul, Bambang Supomo, Muhammad Syam Kusufi. 2014. Akuntansi Manajemen. Edisi kedua. Cetakan keempat. Yogyakarta: BPFE

Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 2001. Manajemen Biaya. Buku 2. Jakarta: Penerbit Selemba Empat

Kamayanti, Ari. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh

Kamus Besar. https://www.kamusbesar.com/dadar-gulung. Diunduh pada tanggal 18 April 2017

Lestari, Arum Budi. 2014. Evaluasi Penetapan Harga Pokok Produk Roti pada UKM Roti Saudara di Banyumik. Jurnal Penelitian Universitas Dian Nuswanto Semarang

Maleong, Lexy, J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moray, Jessica Claudia. 2014. Penetapan Harga Jual dengan Cost Plus Pricing menggunakan Pendekatan Full Costing pada UD. Gladys Bakery. Jurnal Penlitian Universita Sam Ratulangi Manado

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Cetakan sebelas. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Nurpeni. 2010. Analisis Tentang Kendala Ibu Rumah Tangga Enggan Berwirausaha di Kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Universitas Lancang Kuning Pekanbaru

Peluangusaharumahan.info (2017). Usaha Produksi Kue Rumahan Sangat Menjanjikan. www.peluangusaharumahan.info/usaha-produksi-kue-rumahan-sangat-menjanjikan. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

Rifai, Mien Ahmad. 2007. Manusia Madura. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pilar Media

Royani, Syarifah. (2016, 10 Oktober). SDM Kreatif dan Berkualitas untuk Mengurangi Pengangguran. www.kompasania.com/indanaeka/sdm-kreatif-dan-berkualitas-untuk-mengurangi-pengangguran. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

Sodikin, Slamet Sugiri. 2015. Akuntansi Manajemen. Edisi kelima. Yogyakarta; UPP STIM YKPN

Soei, Christanti Natalia. 2014. Penentuan Harga Jual dengan menggunakan Metode Cost Plus Pricing pada UD. Sinar Sakti. Jurnal Penelitian Universitas Sam Ratulangi Manado

Sulpa, Nadylah. 2014. Proses Penentuan Harga Jual pada Rumah Makan Citra Minang di Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar

www.jurnalasia.id. (2016, 6 Juni). Membaca Peluang Usaha Rumahan Bermodal Kecil. www.jurnalasia.com/ragam/membaca-peluang-usaha-rumahan-bermodal-kecil. Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

Zalshabila, Shavira. 2012. Javanese Price Setting: Refleksi Fenomenologis Harga Pokok Produksi Pedagang Bakso di Kota Malang. Jurnal Penelitian Universitas Brawijaya Malang

Published

2018-04-11

How to Cite

Ningsih, R., Robiatul Auliyah, R., & Redy Setiawan, A. (2018). NILAI PO SAPO ESEMPAY (KESETIAKAWANAN) DAN SOKKLA (KEAGAMAAN) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL ROTI DAN KUE DI MADURA: SEBUAH STUDI FENOMADUROLOGI. Distribusi - Journal of Management and Business, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i1.34