KINERJA PT PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI JAKARTA RAYA DENGAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE

Arga Santoso, Alfi Nurzaki, Chano Benawan, Didin Wahyudin, Sugeng Santoso

Abstrak

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya terus melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan melakukan pemasangan baru sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Kecepatan pemasangan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pelayanan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan. PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melayani penyambungan listrik Tegangan Rendah (TR) dan Tegangan Menengah (TM).

Berdasarkan identifikasi yang dilakukan ditemukan adanya kendala yang dialami perusahaan sehingga menyebabkan pekerjaan penyambungan menjadi lama. Hal ini ditemukan pada layanan Tegangan Menengah pola 100 hari yang dibutuhkan diatas target 100 hari. Lamanya proses pelayanan mengalami kendala dari sisi eksternal maupun internal perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya analisa mendalam dengan metode tertentu agar perusahaan dapat mencapai target yang telah ditetapkan ditahun berikutnya. Penelitian ini meneliti atribut reliability dan responsivness menggunakan metrik Perfect Order Fullfilment (POF) dan Order Fulfilment Cycle Time (OFCT) dimana diperoleh nilai POF 97,52% dan OFCT 27,56 hari. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor perizinan dan ketidaksiapan pelanggan menjadi alasan utama keterlambatan pemasangan listrik Tegangan Menengah pola 100 hari.

Kata Kunci

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, SCOR, Layanan

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.